Pengaruh Waktu Tunggu Pelayanan Resep Nonracikan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan
DOI:
https://doi.org/10.32583/far.v14i1.3431Keywords:
kepuasan pasien, pasien rawat jalan, pelayanan resep, waktu tungguAbstract
Permasalahan umum dalam praktik perawatan kesehatan adalah lamanya waktu pasien harus menunggu untuk mendapatkan layanan. Ini adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien. Salah satu faktor utama dalam menilai kualitas layanan pusat kesehatan, khususnya layanan resep, adalah lamanya waktu pasien harus menunggu untuk diperiksa. Adapun tujuan utama studi potong lintang deskriptif kuantitatif ini adalah untuk mengetahui berapa lama seseorang atau pasien harus menunggu untuk mendapatkan layanan resep non-kompleks mereka dan seberapa puas mereka dengan pengalaman rawat jalan mereka di Pusat Kesehatan XYZ di Kota Pekanbaru. Pengambilan sampel secara purposive digunakan. Kuesioner, daftar periksa dan perkiraan waktu yang dihabiskan untuk mengamati semuanya merupakan bagian dari perangkat penelitian. Data dianalisis menggunakan metode univariat dan bivariat, dengan hipotesis penelitian diuji menggunakan tabel silang uji Chi-Square. Menurut penelitian ini, Pusat Kesehatan XYZ di Kota Pekanbaru memiliki waktu tunggu kurang dari 30 menit untuk layanan resep non-kompleks. Sangat puas paling menggambarkan tingkat kepuasan. Di antara lima kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi mutu layanan, kriteria yang berkaitan dengan bukti fisik, daya tanggap, jaminan, dan empati semuanya mendapat skor sangat tinggi. Dengan nilai p sebesar 0,040, terdapat korelasi antara jumlah kepuasan pasien rawat jalan dengan waktu tunggu layanan resep non-kompleks di Puskesmas XYZ Kota Pekanbaru. Pelanggan lebih puas dengan layanan yang diberikan kepada mereka sebagai pasien rawat jalan ketika waktu tunggu layanan resep lebih singkat, dan begitu pula sebaliknya.
References
Al Bariq, S. (2022). Tingkat kepuasan pasien terhadap waktu tunggu pelayanan resep di puskesmas ketanggungan periode 2021 Universitas Islam Indonesia].
Amalia, T., & Ramadhan, D. K. (2021). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Berdasarkan PMK Nomor 129 Tahun 2008 Di Rumah Sakit X. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS,
Amaliany, A., Hidana, R., & Maryati, H. (2018). Gambaran waktu tunggu pelayanan obat instalasi farmasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor tahun 2018. PROMOTOR, 1(1).
Amiruddin, E. E., & Alfreda, V. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Puskesmas Betoambari. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(2), 144-150.
Arini, H. D., & Suwastini, A. (2020). Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Depo Farmasi RS X. Lombok Journal of Science, 2(2), 40-46.
Dewi, U. A., Astuti, R., & Werdani, K. E. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasaan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Ekadipta, E., Zuhriyanto, M., & Nurahayu, S. (2022). Evaluasi Waktu Tunggu Resep Obat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Assyifa Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi Klinik, 19(1), 40-45.
Fadhilah, H., Indriyani, D. N., & Andriati, R. (2019). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan Tahun 2018. Edu Masda Journal, 3(1), 41-48.
Faramita, N. I., & Wiyanto, S. (2016). Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(3), 245-251.
Fatkhiya, M. F., & Rahmawati, H. (2023). Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 409-414.
Haifa, A. I., & Resni, N. (2022). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X. Jurnal Inkofar, 6(2).
Hakim, L., & Irbantoro, D. (2015). Penurunan waktu tunggu pelayanan obat rawat jalan instalasi farmasi rumah sakit baptis batu. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(2), 163-168.
Holo, R. N., Ariastuti, R., & Khusna, K. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta Universitas Sahid Surakarta].
Ihsan, M., Illahi, R. K., & Pramestutie, H. R. (2018). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS Terhadap Pelayanan Resep (Penelitian Dilakukan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Muhammadiyah Malang). Pharmaceutical Journal of Indonesia, 3(2), 59-64.
Karuniawati, H., Hapsari, I. G., Arum, M., Aurora, A. T., & Wahyono, N. A. (2016). Evaluasi pelaksanan standar pelayanan minimal (SPM) farmasi kategori lama waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di RSUD Kota Salatiga. Kartika: Jurnal Ilmiah Farmasi, 4(1), 20-25.
Maftuhah, A., & Susilo, R. (2016). Waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan di depo farmasi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon Tahun 2016. Medical Sains: Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 1(1), 39-44.
Mare, E. B., Citraningtyas, G., & Jayanto, I. (2021). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rsud Tagulandang. PHARMACON, 10(4), 1115-1120.
Maulana, D., Tamrin, R., Alim, A., & Imran, A. (2019). Analisis hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Maccini Sombala. Jurnal kesehatan, 12(2), 99-111.
Mawikere, J. M., Pareta, D. N., Mongi, J., Rumagit, H. M., & Montolalu, F. M. (2024). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Jadi Pasien Rawat Jalan Di Rsup Prof. DR. RD Kandou. Biofarmasetikal Tropis (The Tropical Journal of Biopharmaceutical), 7(1), 13-17.
Meila, O., Pontoan, J., & Illian, D. N. (2020). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS X. Sainstech Farma: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 13(1), 37-39.
Nur, L. F., & Virginia, D. M. (2023). Pengaruh Interaksi Obat dan ADR Antiretroviral dengan Tingkat Kepatuhan Minum Obat Pasien HIV. Jurnal Farmasetis, 13(2), 87-98. https://doi.org/10.32583/far.v13i2.2255
Nurjanah, I. (2016). Hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien di apotek pelengkap kimia farma BLU Prof. Dr. RD Kandou Manado. PHARMACON, 5(1).
Prabasiwi, A., Prabandari, S., Dewi, A. K., & Nihlatuzzahroh, O. (2019). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Di Dua Puskesmas Kabupaten Tegal. Parapemikir: Jurnal Ilmiah Farmasi, 8(1), 41.
Prihartini, N., Yuniar, Y., Susyanty, A. L., & Raharni, R. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit dan Puskesmas di 11 Provinsi di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 42-49.
Purwandari, N. K., Suryoputro, A., & Arso, S. P. (2017). Analisis waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di Depo Farmasi Gedung MCEB RS Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), 103-110.
Putri, V. I., Huda, M. N., & Yusmanisari, E. (2023). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI Masyithoh Bangil Kabupaten Pasuruan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 266-279.
Roselina, E., Nurfikri, A., Aulia, O., Vokasi, P., & Indonesia, U. (2021). Evaluasi Layanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi: Waktu Tunggu Dan Kendala. Jurnal Vokasi Indonesia, 9(2), 56-63.
Rusdianah, E. (2017). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. J Kesehat [Internet], 7(1), 45-51.
Sari, E. D. M., Wahyuni, K. I., & Anindita, P. R. (2021). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Anwar Medika. Journal of Pharmacy Science and Technology, 1-8.
SHOLEHAH, J. B. (2023). ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS CAWAS 2 Universitas Muhammadiyah Klaten].
Sulo, H. R. (2020). Hubungan Pemberian Informasi Obat dan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Samarinda. Sainstech Farma: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 13(2), 73-79.
Suryana, D. (2018). Upaya Menurunkan Waktu Tunggu Obat Pasien Rawat Jalan dengan Analisis Lean Hospital di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Atma Jaya. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(2).
Toreh, E. E., Lolo, W. A., & Datu, O. S. (2020). Evaluasi pelaksanaan standar pelayanan minimal (SPM) farmasi kategori lama waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di rumah sakit Advent Manado. PHARMACON, 9(2), 318-324.
Winarno, N., Marchaban, M., & Yuniarti, E. (2022). Penggunaan Lean Hospital Untuk Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Resep Rawat Jalan RSU PKU Muhammadiyah Delanggu. Majalah Farmaseutik, 18(2), 113-121.
Wulandari, I. (2023). HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT WIYUNG SEJAHTERA SURABAYA STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya].
Yuliana, D., Bayani, F., Bimmaharyanto, D. E., Tusshaleha, L. A., Rahmat, S., Pomeistia, M., & Umboro, R. O. (2021). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Racikan dan Non Racikan pada Pasien Rawat Jalan di Apotek. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 659-665.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rickha Octavia, Tiara Tri Agustini, Benni Iskandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.