Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Swasta
Keywords:
kepuasan pasien, kualitas pelayanan, program jaminan kesehatanAbstract
Faktor yang perlu diperhatikan oleh sarana pelayanan kesehatan adalah menjaga kualitas pelayanan terutama dengan adanya program jaminan kesehatan. Pelayanan yang bermutu dapat dilihat dari kepuasan pasien terhadap pelayanan yang telah diberikan. Kepuasan pasien adalah perasaan senang dalam diri pasien setelah mendapat pelayanan. Tangitable, reliability, responsiveness, assurance dan empathy merupakan indikator yang dapat digunakan untuk menilai kepuasan pasien terhadap pelayanan di instalasi farmasi rawat jalan. Penelitian ini merupakan analisis observasional melalui pendekatan cross-sectional, dengan metode pengambilan data secara prospektif, mengisi kuesioner model SERVQUAL dengan tidak melibatkan harapan dengan kenyataan pasien. Pada penelitian ini menunjukkan kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan farmasi rawat jalan RS swasta Karawang pada dimensi Tangible 63,9% pada bulan April, 75,0% pada bulan Mei dan 61,1% pada bulan Juni. Hasil dimensi Reliability 75,0% pada bulan April, 80,6% pada bulan Mei dan 63,9% pada bulan Juni. Pada dimensi Responsiveness 75,0% pada bulan April, 80,6% pada bulan Mei dan 64,9% pada bulan Juni. Pada dimensi Assurance 77,8% pada bulan April, 75,0% pada bulan Mei dan 72,2% pada bulan Juni. Pada dimensi Empathy 97,7% pada bulan April, 88,9% pada bulan Mei dan 83,3% pada bulan Juni.
References
Aditya, A., Wagiono, C., & Budiman, B. (2016). Gambaran Kepuasan Pelayanan Farmasi BPJS kepada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Peserta BPJS di Rumah Sakit Al Ihsan Bandung Tahun 2016. Prosiding Pendidikan Dokter, 0(0), 93–100. https://doi.org/10.29313/KEDOKTERAN.V0I0.4212
Akbar, D. O., Handayani, G. D., & Putri, A. N. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSD Idaman Banjarbaru Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 5(1), 108–116. https://doi.org/10.36387/JIIS.V5I1.396
Harto, B. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan. Jurnal TEKNOIF, 3(1), 20-3-.
Mardiana, D. (2016). Tinjauan Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Petugas Tempat Pendaftaran Rawat Jalan di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2016 [Akademi Perekam Medik dan Informatika Kesehatan Imelda]. https://docplayer.info/32317728-Tinjauan-kepuasan-pasien-bpjs-terhadap-pelayanan-petugas-tempat-pendaftaran-rawat-jalan-di-rsu-imelda-pekerja-indonesia-medan-tahun-2016.html
Megawati, F., & Antari, N. P. U. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Medicamento, 3(2), 115–119. https://doi.org/10.36733/MEDICAMENTO.V3I2.1035
Menteri Kesehatan, R. I. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan.
Pristiyantoro, Pritiyantoro; Dinar, K. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kimia Farma Akses UI Kota Depok. Jurnal Kefarmasian, 8(1), 18–31.
Suharmiati; Budijanto, D. (2007). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Responden Pengguna Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 10(2).
Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami (1st ed.). Pustaka Baru Press.
Supriyanto, Supriyanto; Ernawaty, E. (2010). Prinsip Prinsip Quality Service. Pemasaran Industri Kesehatan Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Prinsip-prinsip Quality Service. Pemasaran Industri Kesehatan Yogyakarta: Andi.
Yudanisa, P., Rachmi, A., Yunus, A., Romadhona, N., & Susanti, Y. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial terhadap Mutu Pelayanan Farmasi di Instalasi Rawat Jalan. Jurnal Integrasi Kesehatan Dan Sains, 1(2), 174–178. https://doi.org/10.29313/JIKS.V1I2.4350.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maya Arfania, Tri Wahyunityas Pardede, Maulana Yusuf Alkandahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.