Evaluasi Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Swamedikasi

Authors

  • Sutia Sutia Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Eka Wuri Handayani Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Tri Cahyani Widiastuti Universitas Muhammadiyah Gombong

DOI:

https://doi.org/10.32583/far.v12i4.1633

Keywords:

apotek, swamedikasi, tingkat kepuasan

Abstract

Swamedikasi merupakan suatu upaya seseorang dalam mencari pengobatan terhadap penyakit yang dideritanya yang harapannya akan mengatasi keluhan, tanpa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Efek samping penggunaan obat tanpa resep dokter perlu mendapatkan perhatian khusus yang mana dapat menyebabkan medication error. Pembelian obat dapat dilakukan di apotek, melihat hal ini maka apoteker dan tenaga teknis kefarmasian memiliki tugas untuk memberikan informasi tentang pengonsumsian obat. Informasi yang berkualitas dapat meningkatkan kepuasan. Melihat hal ini maka pengukuran kepuasan terhadap pelayanan swamedikasi perlu dilakukan di apotek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap pelayanan swamedikasi di Apotek Rowokele dan Apotek Galenica dengan melihat lima dimensi kepuasan yaitu kehandalan, ketanggapan,  jaminan, bukti langsung, dan empati. Metode: Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan didapatkan 100 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji dengan hasil valid dan reliabel. Hasil: Penelitian ini menunjukan hasil kepuasan secara keseluruhan pada 5 dimensi yaitu diperoleh Apotek Rowokele 77,90% dan Apotek Galenica 79,72% dengan kategori puas. Diskusi: Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan analisis yang berbeda seperti Customer Satisfiaction Indeks (CSI), Importance Performance Analysis (IPA).

References

BPS. (2022). Kabupaten Kebumen dalam Angka 2022 (p. 292). https://kebumenkab.bps.go.id/publication/2022/02/25/45f0e04080752d19b94a4884/kabupaten-kebumen-dalam-angka-2022.html

Hilda suherman, D. F. (2018). Pengaruh faktor usia, jenis kelamin, dan Pengetahuan terhadap swamedikasi obat. Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia, 94–108. https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/VM/article/download/449/396/

Kamalia, H. (2018). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Swamedikasi (Obat tanpa resep) dengan Tingkat Kepuasan Konsumen di Beberapa Apotek Kota Malang. In SKRIPSI. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/167391/1/Hijratul%20Kamalia%20%282%29.pdf

Kemenkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek (pp. 390–392). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kemenkes RI. (2021). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 34 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Klinik. 101, Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Khusnul, D., Rinaldhi, T. M., & Mega, D. C. A. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pengunjung terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Palopo. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6, 1401–1411. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/4064/3715

Mizanni, M. septi; fina aryani; maysharah. (2015). Gambaran Tenaga Kefarmasian dalam Memberikan Informasi Kepada Pelaku Swamedikasi. Jurnal Sains & Farmasi Klinis 2(1), 47–53. http://jsfk.ffarmasi.unand.ac.id/index.php/jsfk/article/view/46

Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik (Vol. 4, Issue 1). Bandung: Unpad Press

Nisa’, Z., Sugihantoro, H., Syahrir, A., & Wijaya, D. (2021). Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. Journal of Islamic Pharmacy, 6(1), 52–65. https://doi.org/10.18860/jip.v6i1.11273

Putra, O. N., Kresnamurti, A., & Yunita, A. (2020). Tingkat kepuasan pasien swamedikasi terhadap pelayanan informasi obat di apotek Pesisir Surabaya Timur. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia, 18(2), 143–149. http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/download/727/535

Restiyono, A. (2016). Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Swamedikasi Antibiotik pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Kajen Kebupaten Pekalongan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 11(1), 14–27. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jpki/article/view/18982

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Sutia, S., Handayani, E. W. ., & Widiastuti, T. C. . (2023). Evaluasi Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Swamedikasi . Jurnal Farmasetis, 12(4), 425–430. https://doi.org/10.32583/far.v12i4.1633

Most read articles by the same author(s)