Kredensial terhadap Peningkatan Mutu Layanan Keperawatan: An Integrative Review

Authors

  • Muhammad Idhan Universitas Hasanuddin Makassar
  • Kadek Erika Universitas Hasanuddin Makassar
  • Takdir Tahir Universitas Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.526

Keywords:

kredensial, perawat, rumah sakit

Abstract

Kredensial merupakan cerminan terhadap penetapan persyaratan dan evaluasi dari individu maupun organisasi atas perkembangan profesionalitas, pelatihan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam bentuk sertifikat. Untuk mengetahui kredensial dalam penigkatan mutu layanan keperawatan. Pendekatan integrative review. Data base yang digunakan dalam pencarian litertatur berasal dari publikasi ilmiah  yang dilakukan penelusuran pada 4 database  yaitu PubMed, ScineDirect,Proquest dan  Google Scholar dengan rentang tahun 2011-2021. Berdasarkan hasil pencarian di PubMed berjumlah 1 artikel, Science Direct 1 artikel, Proquest 1 artikel, dan Google Scoolar 2 artikel sehingga jumalah artikel yang memenuhi syarat dalam penulisan integrative review totalnya adalah 5. Perspektif tentang evaluasi kredensial tentang tren masa depan peraturan implikasi yaitu komponen evaluasi yang perlu dipersiapkan meliputi pendidikan keperawatan, akreditasi, bukti registrasi praktik, dan kemahiran berbahasa Inggris. Adapun pemetaan karir perawat tentang studi kasus kualitatif dari rumah sakit menghasilkan 7 tema yang secara bersama-sama menggambarkan keseluruhan proses pemetaan karir. Kemudian terdapat pengaruh pelatihan kredensial perawat terhadap peningkatan pengetahuan, sikap perilaku dan deskripsikan partisipan terindikasi empat tema yaitu: 1) penetapan penatalaksanaan proses kredensial keperawatan secara manual, 2) penetapan menggunakan teknologi informasi berbasis web dalam pelaksanaan kredensial keperawatan, 3) harapan penggunaan teknologi informasi berbasis web dalam pelaksanaan proses kredensial keperawatan, dan 4) penerapan kewenangan klinis belum sesuai dengan SPKK dan SKKK.

References

Abu-El-Noor, N. I., Abu-El-Noor, M. K., Abuowda, Y. Z., Alfaqawi, M., & Böttcher, B. (2019). Patient safety culture among nurses working in Palestinian governmental hospital: a pathway to a new policy. BMC Health Services Research, 19(1), 550. https://doi.org/10.1186/s12913-019-4374-9

Afroni, R. (2018). Literatre Review: Transformational Leadership Dalam Pelaksanaan Kredensial Oleh Komite Keperawatan. Jurnal Kesehatan, 9(2), 148–151.

Asnawi, A., Kamil, H., Martthoenis, M., Marlina, M., & Rahayuningsih, E. M. (2021). Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Perawat Melalui Pelatihan Kredensial Profesi Keperawatan. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 470–477. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2756

Cass, M. (2016). Negligent Credentialing: Will Our Systems Save Us From Ourselves? Journal of Radiology Nursing, 35(4), 300–304. https://doi.org/10.1016/j.jradnu.2016.10.006

Harkutanto, H., & Susilo, A. P. (2009). Hambatan dan Harapan Sistem Kredensial Dokter: Studi Kualitatif di Empat Rumah Sakit Indonesia. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 12(1), 140–147.

Ismaniar, H. (2019). Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Johansen, L. T., Braut, G. S., Acharya, G., Andresen, J. F., & Øian, P. (2021). Adverse events reporting by obstetric units in Norway as part of their quality assurance and patient safety work: an analysis of practice. BMC Health Services Research, 21(1), 931. https://doi.org/10.1186/s12913-021-06956-6

Makary, M. A., & Daniel, M. (2016). Medical error—the third leading cause of death in the US. BMJ, i2139. https://doi.org/10.1136/bmj.i2139

Molina-Mula, J., & Gallo-Estrada, J. (2020). Impact of Nurse-Patient Relationship on Quality of Care and Patient Autonomy in Decision-Making. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(3), 835. https://doi.org/10.3390/ijerph17030835

Moore, J., Bismark, M., & Mello, M. M. (2017). Patients’ Experiences With Communication-and-Resolution Programs After Medical Injury. JAMA Internal Medicine, 177(11), 1595. https://doi.org/10.1001/jamainternmed.2017.4002

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (4th ed.). Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Panagioti, M., Khan, K., Keers, R. N., Abuzour, A., Phipps, D., Kontopantelis, E., … Ashcroft, D. M. (2019). Prevalence, severity, and nature of preventable patient harm across medical care settings: systematic review and meta-analysis. BMJ, l4185. https://doi.org/10.1136/bmj.l4185

Pertiwi, E., & Alfianur, A. (2018). Peran Komite Keperawatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Dunia Keperawatan, 6(1), 57–62.

Poortaghi, S., Ebadi, A., Salsali, M., Raiesifar, A., & Davoudi, N. (2020). Significant influencing factors and practical solutions in improvement of clinical nursing services : a Delphi study. BMC Health Services Research, 20(3), 1–10. https://doi.org/doi.org/10.1186/s12913-019-4781-y

Sandehang, P. M., Tutik, R., Hariyati, S., & Rachmawati, I. N. (2019). Nurse career mapping : a qualitative case study of a new hospital. BMC Nursing, 18(31), 1–10. https://doi.org/doi.org/10.1186/s129-019-0353-z

Setyono, K., Inayah, I., & Setiawati, S. (2021). Pengaruh Rancangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web Terhadap Kompetensi Perawat Dalam Proses Kredensial Keperawatan. Jurnal Olmiah Obsgin, 13(1), 71–84.

Shaffer, F. A., & Dutka, J. Y. T. (2012). Perspectives on Credential Evaluation: Future Trends and Regulatory Implications. Journal of Nursing Regulation, 3(1), 26–31.

Sousa, P., Uva, A. S., Serranheira, F., Nunes, C., & Leite, E. S. (2014). Estimating the incidence of adverse events in Portuguese hospitals: a contribution to improving quality and patient safety. BMC Health Services Research, 14(1), 311. https://doi.org/10.1186/1472-6963-14-311

Sutoto, S., Atmodjo, D., S, M. A., Nefro, N. A. L. K., Luwinarsih, L., Darmadjaja, D., … Sekartina, N. (2018). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1.

West-smith, L., Ph, D., Sogg, S., & Ph, D. (2010). Membuat kredensial untuk profesional kesehatan perilaku bariatrik : manfaat potensial , perangkap , dan pendapat penyedia, 6, 695–701. https://doi.org/10.1016/j.soard.2010.03.289

Wilson, E., Hanson, L. C., Tori, K. E., & Perrin, B. M. (2021). Nurse practitioner led model of after-hours emergency care in an Australian rural urgent care Centre: health service stakeholder perceptions. BMC Health Services Research, 21(1), 819. https://doi.org/10.1186/s12913-021-06864-9

Yasmi, Y., & Thabrany, H. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Karya Bhakti Pratiwi Bogor Tahun 2015. Jurnal ARSI, 4(2), 98–109.

Downloads

Published

11/26/2022

How to Cite

Idhan, M. ., Erika, K., & Tahir, T. (2022). Kredensial terhadap Peningkatan Mutu Layanan Keperawatan: An Integrative Review. Jurnal Keperawatan, 14(4), 1165–1174. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.526

Most read articles by the same author(s)