Efektivitas Penggunaan Aplikasi Head to Toe (HETTO) Terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melakukan Pemeriksaan Fisik
Keywords:
aplikasi HETTO, IPK, kemampuan mahasiswa, pemeriksaan fisikAbstract
Pemeriksaan fisik adalah langkah penting dari proses keperawatan untuk menentukan status kesehatan klien. Menganalisis efektifitas penggunaan Aplikasi Head To Toe (HETTO) terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa melakukan pemeriksaan fisik. Menggunakan Quasi Experiment pretest dan posttest design with control group. Jumlah sampel 86 responden dengan menggunakan purposive sampling dan dibagi 2 kelompok yaitu 44 orang kelompok Intervensi dan 42 orang kelompok kontrol. Alat pengumpul data adalah lembar observasi pemeriksaan fisik yang berasal dari buku Fundamental of Nursing Potter & Perry. Evaluasi dilakukan pada hari pertama dan ke sepuluh. Uji statistik yang digunakan Chi Square, Mannwhitney Test dan Regresi Logistic Nominal. Menunjukkan kemampuan mahasiswa melakukan pemeriksaan fisik menggunakan HETTO rerata meningkat sebesar 35,6%, sedangkan pada kelompok kontrol mengalami rerata penurunan sebesar 0,1%, perbedaan tersebut secara statistic bermakna (p < 0,05). Pengaruh Aplikasi HETTO terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam melakukan pemeriksaan fisik bermakna secara statistic (p < 0,05). Mahasiswa yang menggunakan aplikasi HETTO memiliki peningkatan kemampuan sebesar 82 kali dalam melakukan pemeriksaan fisik dibandingkan dengan mahasiswa kelompok kontrol. Aplikasi HETTO dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa melakukan pemeriksaan fisik.
References
Afifaturrohma, E., & Purnasari, G. (2020). Pengaruh Media Video terhadap Tingkat Pengetahuan Pelajar mengenai Jajanan Sehat di SDN Pancakarya 01 Jember. Jurnal Gizi Kerja Dan Produktivitas, 1(2), 34-45. doi:10.52742/jgkp.v1i2.9403
Alligood, M. R. (2017). Nursing Theorists And Their Work (Vol. 9): Elsevier.
Aulia, U., & Jatmika, S. E. D. (2009). 1 Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene Menstruasi Pada Santri Di Pondok Pesantren Al Muna 2 Bantu.
Beck, D. F. P. C. T. (2014). Essentials of Nursing Research: Appraising Evidence for Nursing Practice.
Debora, O. (2017). Proses Keperawatan dan Pemeriksaan Fisik. Jakarta: Salemba Medika.
Fajar Maulana, M. (2009). Efektifitas Audiovisual Sebagai Media Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Tatalaksana Balita Dengan Diare Di Dua Rumah Sakit Kota Malang. Institut Tehnologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang, 1 No 1.
Giddens, J. F. (2007). Journal Of Nursing Education, 83-87.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomesand Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11 No 7, 664-674.
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.
Hsiang Tu, M., Chang, P., & Lee, Y. L. (2018). Experiences in Designing a Mobile Support System for Complicated Documentation at Long Term Care Facilities. Feature Article, 501-506.
HSU, L. L., HSIANG, H. C., TSENG, Y. H., Huang, S. Y., & HSIEH, S. I. (2019). Nusring students' experiences of using a smart phone application for physical assesment course : a qulitative study. Japan Journal of Nursing Science, 115-124.
Jusmiyati, M., & Jumaini. (2018). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Kemampuan Ibu Merawat Bayi Baru Lahir. The Division of Labor in Society, 4 331-387. doi:10.1038/s41563-018-0180-8
Kang, S. R., Shin, H., Lee, J. M., & Kim, S. J. (2019). Effects of smartphone application education combined with hands on practice in breast - self examination on junior nursing students in South Korea. Japan Academy Of Nursing Science, 1-13.
Kozier, Barbara, & Erb. (2010). Fundamental of nursing 8th edition. United States: Pearson Education.
Kumboyono. (2011). Efekifitas Media Audio Visual Dalam Menigkatkan Pengetahuan Pemeriksaan Fisik Pada Mahasiswa Keperawatan. Soedirman Journal of Nursing.
Kurniasih, I. E., Soedarsono, S., Hidayati, L., & Murtadho, M. A. (2020). The Effect of Audiovisual Health-Based Education on Medication compliance among Tuberculosis Patients. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 3(1), 101-106. doi:10.35654/ijnhs.v3i1.191
Lao, C. F., Villanueva, I. C., Castilo, N. G., Morar, E. C., Rodrigues, L. D., & Morales, M. A. (2016). The effectiveness of a mobile application for the development of palpation and ultrasound imaging skill to supplement the traditional learning of physiotherapy students. BMC Medical Education.
Locsin, R. C. (2006). Technological competency as caring and the practice of knowing persons as whole.
Loscin, R. (2016). Technological Competency as Caring in Nursing. Silliman University Press.
Lwanga, S. K., Lemeshow, S., & Organization, W. H. (1991). Sample size determination in health studies: a practical manual: World Health Organization.
M. Sopiyudin Dahlan, d. M. E. (2011). Statistik untuk Kedokteran Dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Madhuri.J, N. (2013). Research Journal of English Language and Literature ( RJELAL ) A Peer Reviewed International Journal. Research Journal of English Language and Literature (RJELAL), 1, 127-133.
Marshburn, D. M., Engelke, M. K., & Swanson, M. S. (2009). Relationships of new nurses' perceptions and measured performance-based clinical competence. Journal of Continuing education in nursing, 426 - 632.
Mubarak, S. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Short Message Guided Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Ikatan Kimia Siswa Kelas X Semester Ganjil Sman 3 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Mataram.
Munawaroh, S., & Pohan, V. Y. (2019). Efektifitas Media Audio Visual (Video) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Pemeriksaan Fisik Pada Mahasiswa S1 Keperawatan. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(2).
Parcells, D. A., & Locsin, R. C. (2011). Development and psychometric testing of the technological competency as caring in nursing Instrument. International Journal of Human Caring, 15(4), 8-13.
Pareira, F. G. F., Silva, D. V. d., De Sousa, L. M. O., & Frota, M. M. (2016). Building a digital application for teaching vital sign. Online Version Portuguese/English.
Pepito, A. J., & Locsin, R. (2018). Can Nurses remain relevant in a technologically advance future. International Journal of Nursing, 106-110.
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2010). Fundamental of Nursing. Elsevier.
Walton, G., Childs, S., & Blenkinsopp, E. (2005). Using mobile technologies to give health students access to learning resources in the UK community setting Health Information and Libraries Journal, 51-65.
Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika, 12.
Wong, D. L. (2012). Buku ajar keperawatan pediatrik. In: Penerbit Buku Kedokteran.
Zanuwati, D., & Mahanani, S. (2013). Pentingnya Motivasi Perawat Dalam Peningkatan Mutu Asuhan Keperawatan (Pendokumentasian Pemeriksaan Fisik). Jurnak STIKES, 1-11.
Zeliha, K., & Z, S. (2012). Determination of physical assesments skills used by nurses in Turkey. HealthMED, 765-773.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.