Perilaku Caring Dosen Berhubungan dengan Kepuasan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Kuliah Daring
Keywords:
kepuasan mahasiswa, kuliah daring, perilaku caring dosenAbstract
Kepuasan mahasiswa diartikan sebagai sikap mahasiswa atas terpenuhinya harapan dan kebutuhan melalui layanan yang didapatkan dan yang diterima dari Perguruan tinggi. Kemampuan dosen dalam melayani mahasiswa dengan baik, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasaan mahasiswa yang ada di kampus hingga merasa puas dan senang terhadap pelayanan yang diberikan serta dengan adanya fasilitas yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan perilaku caring dosen dengan kepuasan mahasiswa dalam pelaksanaan kuliah daring Prodi Ners Tingkat II di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021. penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 88 responden. Teknik pengambilan sampling dengan teknik total sampling. Hasil penelitian diperoleh caring behaviors dosen dalam pelaksanaan kuliah daring dikatakan caring yang baik sebanyak 57 responden (64,8%), tingkat kepuasan mahasiswa dalam pelaksanaan kuliah daring dikatakan puas yang baik sebanyak 43 responden (48,9%). Hasil uji Chi Square dengan p-value sebesar 0,101 (p>0,05) artinya tidak ada hubungan perilaku caring dosen dengan kepuasan mahasiswa dalam pelaksanaan kuliah daring Prodi Ners Tingkat II di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan, dan bahan pengajaran bagi seluruh dosen dan tenaga kependidikan agar lebih menerapkan caring behaviors dosen dalam melakukan aktivitas dalam perkuliahan daring sehingga dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa.
References
Anggraini, R., & Purwacaraka, M. (2020). Tingkat Kepuasan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester Lima terhadap Perkuliahan Daring Pada Saat. 26, 90–94.
Aqfir, B. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan, Proses Pembelajaran Dan Kompetensi Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Mujahidin Tolitoli. 01, 3. Http://Dspace.Lib.Niigata-U.Ac.Jp/Dspace/Bitstream/10191/47523/2/H28ndk382.Pdf
Barus, A. C., & Sembiring, Y. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi. 2(April), 1–10.
Facilities, E., & Satisfaction, S. (2020). Peer Reviewed–International Journal The Efect Of Service Quality Education Academic And Facilities International Journal Of Economics , Business And Accounting Research ( IJEBAR ):2020(2), 140–150.
Juhji, J., Rachman, M. S., & Nurjaya, N. (2020). Media Daring dan Kuantitas Pemberian Tugas Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1–15. Https://Doi.Org/10.24235/Tarbawi.V5i2.6802
Karo, M., &Amp; Baua, E. (2019). Caring Behavior Of Indonesian Nurses Towards An Enhanced Nursing Practice Indonesia Year 2018. International Journal Of Pharmaceutical Research. Https://Doi.Org/10.31838/Ijpr/2019.11.01.043Kepuasan, A., Terhadap, M., Dosen, K., Pendidikan, S., Sekolah, G., & Universitas, D. (2017). Pedagonal. 1(2), 91–99.
Li, Y. S., Liu, C. F., Yu, W. P., Mills, M. E. C., & Yang, B. H. (2020). Caring Behaviours And Stress Perception Among Student Nurses In Different Nursing Programmes: A Cross-Sectional Study. Nurse Education In Practice, 48(August 2019), 102856. Https://Doi.Org/10.1016/J.Nepr.2020.102856
Martasubrata, N., & Suwatno, S. (2016). Mutu Layanan Akademik Sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 136. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3266
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal Of Information Technology, 1(2), 151. Https://Doi.Org/10.21580/Wjit.2019.1.2.4067
Mthiyane, M. N., & Hugo, A. (2020). The Effect Of Educational Infrastructure, Learning Process and Competence of Lecturers on Student Satisfaction at the High School Of Science, 3(2252), 58–66.
Muhammad siddik, hendri, ramalia noratama putri, yenny deslenita. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nastiti, U. (2015). Pengaruh Layanan Mengajar Dosen Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Pasundan. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 22(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V22i1.5932
Pattiwaellapia, O. S. (2020). Bagaimana Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Belajar Dapat Mempengaruhi Loyalitas Mahasiswa Dengan Mediasi Kepuasan Mahasiswa ? 2(4), 252–262.
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research Appraisining Evidence For Nursing Practice. In Lippinconth (Vol. 53, Issue 9).
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2014). Essentials of Nursing Research Seventh Edition Appraising Evidence For Nursing Practice. In Lippincott Williams & Wilkins
Padlee, S. F., & Reimers, V. (2015). International student satisfaction with, and behavioural intentions towards, universities in Victoria. Journal of Marketing for Higher Education, 25(1), 70–84. https://doi.org/10.1080/08841241.2015.1042098
Seri, & Herawati, L. (2016). Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Kinerja Dosen. Jurnal Siliwangi Vol. 2. No.2. Nov. 2016, 2(2), 131–136.
Sumarni, T., & Setyaningsih, R. D. (2017). Hubungan Persepsi Perilaku Caring Pembimbing Klinik Dengan Perilaku Caring Mahasiswa Keperawatan. Viva Medika, 10(1).
Swasti, I. K. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring Dengan Platform Wa, Cr, M-Z Dan Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 342–351. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p342
Uluputty, N. F., & Junaidin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Budaya Akademik Dan Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 1–7. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/point/article/view/387.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.