Motivasi dan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Mengerjakan Skripsi

Authors

  • Debby Yulianthi Maria STIKES Surya Global Yogyakarta
  • Bety Agustina Rahayu STIKES Surya Global Yogyakarta
  • Nur Afriyanita Polinggapo STIKES Surya Global Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v12i4.394

Keywords:

mahasiswa, motivasi, skripsi, tingkat kecemasan

Abstract

Keharusan menulis skripsi bertujuan agar mahasiswa memperoleh gelar setelah menyelesaikan proses belajar selama di perguruan tinggi sesuai dengan ilmu yang dimiliki. Banyak kendala untuk bisa mampu menyelesaikan skripsi, sehingga mambuat seorang mahasiswa bisa merasa terbebani dan menjadi stress. Motivasi sangat dibutuhkan untuk menghindari kejenuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dengan tingkat kecemasan mahasiswa mengerjakan skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa keperawatan yang sedang menyusun skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suya Global Yogyakarta angkatan 2018 yang berjumlah 140 mahasiswa. Pada penelitian ini menggunkan teknik  total sampling. Instrument kuesioner motivasi dan kecemasan HARS dibagikan secara online. Uji validitas dan reliabilitas di lakukan di Universitas Muhammadiyah Gorontalo pada 30 reponden dan didapatkan hasil valid dan reliable. Terdapat 23 item pertanyaan motivasi nilai valid antara 0,395-0,731 serta nilai reliable Croncbach Alpha 0,896. memiliki nilai. Kuesioner kecemasan menggunakan HARS sudah baku dengan nilai validitas 0,93 serta reliabilitas 0,97. Analisa bivariat dengan uji Kendall Tau. Penelitian ini telah lulus uji etik di KEPK STIKES Surya Global Yogyakarta dengan nomor 1.21/KEPK/SSG/III/2022. Hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa mayoritas mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta yang sedang mengerjakan skripsi memiliki motivasi dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 118 responden (84,3%), mayoritas mahasiswa berada pada tingkat kecemasan ringan yaitu 67 responden (47,9%). Hasil uji Kendall Tau p = 0,037, hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara motivasi dengan kecemasan pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta dalam mengerjakan skripsi.

References

Afriani, B. (2018). Motivasi Mahasiswa Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Babul Ilmi Jurnal Ilimiah Multi Science Kesehatan, 9(1). Retrieved from https://jurnal.stikes-aisyiyah-palembang.ac.id/index.php/Kep/article/view/125/106

Aziz, A. L. (2017). Pengaruhmotivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X Di SMKN 4 Makassar. Universitas Negeri Makassar. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/4440/

Christin, J., & Mukzam, D. (2017). Pengaruh Motivasi Internal dan Eksternal terhadap Kinerja Karyawan PT INDOMARCO PRISMATAMA. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 108–112. Retrieved from file:///C:/Users/hp/Downloads/188661-ID-pengaruh-motivasi-internal-dan-eksternal.pdf

Gamayanti, W., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. PSYMPATHIC : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1984), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & Ph, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145–161.

Mamahit, H. C., & Situmorang, D. D. B. (2016). Hubungan Self-Determination Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Siswa SMA. Jurnal Psikologi Psibernetika, 9(2), 78–92.

Manarisip, E. M., Bidjuni, H., & Karundeng, M. (2014). Gambaran Tingkat Kecemasan Anggota Keluarga Pada Penularan Tb Paru Di Puskesmas Wenang Dengan Persepsi Kategori Baik. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(1), 111522.

Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitass Diponegoro Semarang. Jurnal EMPATI, 5(2), 296–302. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15224

Rahmawati, A., Mandagi, C. K. F., & Rattu, J. A. M. (2020). Hubungan antara tingkat stres dengan motivasi mahasiswa penulis skripsi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Kesmas, 9(7), 53–58.

Rofii, A. (2018). Buku Pedoman Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (Vol. 4). Jakarta: Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Salsabila, N., & Amna, Z. (2022). Hubungan Antara Psychological Distress Dengan Syiah Kuala The Relationship Between Pyschological Distress And Coping Strategy For Students Who Are Writing Skripsi. Proyeksi, 17(1), 41–54.

Sari, H., & Shabri. (2016). Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Universitas Syiah Kuala, VII(2), 1–10.

Sari, O. S. (2018). Faktor Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Sejati, S. (2018). Hirarki Kebutuhan Menurut Abraham H. Maslow Dan Relevansinya Dengan Kebutuhan Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam. Journal of Chemical Information and Modeling. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431

Suwanto, M. (2015). Implementasi Metode Bayesian Dalam Menentukan Kecemasan Pada HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) Oleh: Repository.Universitasmuhammadiyahjember, 13(3), 1576–1580.

Vrichasti, Y., Safari, I., & Susilawati, D. (2020). Tingkat Kecemasan Stres Dan Depresi Mahasiswa Terhadap Pengerjaan Skripsi Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Sportive, 3(3). Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/view/27972

Widigda, I. R., & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 190–199.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Maria, D. Y., Rahayu, B. A., & Polinggapo, N. A. (2022). Motivasi dan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Mengerjakan Skripsi . Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 629–638. https://doi.org/10.32583/pskm.v12i4.394