Perbandingan Proses Pembelajaran Skill Lab secara Daring dengan Pengulangan Pembelajaran Skill Lab secara Luring pada saat PTMT

Authors

  • Agus Koesmawan Fakultas Kedokteran, Universitas Pasundan Bandung

Keywords:

dokter, PTMT, skill lab

Abstract

Kemampuan seorang dokter dalam melakukan pemeriksaan sehari hari didasari oleh kemampuan melakukan pemeriksaan secara benar terhadap pasen pada saat praktek. Pada saat menjadi mahasiswa kedokteran ditutut untuk mampu mempelajari seluruh pengetahuan baik teori maupun praktek dilapangan. Masa pandemi berdampak besar kepada seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas kedokteran untuk belajar di rumah baik teori maupun praktikum. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan saat mahasiswa melakukan kegiatan skill lab secara daring dengan skill lab secara luring pada saat pengulangan beberapa kegiatan di kampus pada saat PTMT. Setelah dilakukan kegiatan skill lab secara luring dari hasil pengamatan dosen trainer sebagian mahasiswa tidak terbiasa untuk langsung mempraktekan terhadap alat/sukarelawan secara benar. Dimungkinkan : 1. Perbedaan antara pembelajaran skill lab pada saat daring dengan menggunakan alat peraga pengganti dengan peraga yang standar di laboratorium, 2. Perbedaan Suasana belajar di rumah dan dikampus 3. Kurangnya kemampuan individu/kelompok mahasiswa melakukan praktikum yang dilakukan selama praktikum di rumah dengan di kampus. Selama kegiatan skill lab secara daring berdampak pada kurangnya tingkat kemampuan mahasiswa dalam melakukan kegiatan praktikum secara benar dan akurat pada alat alat peraga di laboratorium. Adapun saran perlunya pengulangan kembali kegiatan skill lab pada saat PTMT ataupun pertemuan normal sehingga dapat memudahkan dan membiasakan kembali mahasiwa melakukan praktikum dengan benar dan akurat dibawah bimbingan para trainer.

References

Hardisman, Yulistini. Pandangan mahasiswa terhadap hambatan pada pelaksanaan skill lab di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. 2013. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. Nov;2(3):187-180

Nugraha, E., & Dewi, E. (2017). Penilaian Mahasiswa Keperawatan Tentang Standardized Patient Dalam Ujian OSCA Di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pangastuti, D., Widiasih, N., & Soemantri, D. (2022). Piloting a constructive feedback model for problem-based learning in medical education. Korean Journal of Medical Education, 34(2), 131-143Panggabean dan Nyimas, Gambaran performa instruktur skill lab program studi kedokteran di fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas jambi, 2015

Panggabean, A. F., & Safira, N. N. A. (2016). Gambaran performa instruktur skill lab program studi kedokteran di fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas jambi. JAMBI MEDICAL JOURNAL" Jurnal Kedokteran dan Kesehatan", 4(1).

Setiawan P, Danlen JV, Wittingham J. Instrument for evaluating didactical performance of clinical skill laboratory teachers. 2013 Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. Jul;2(2):95-85

Setiawan, I. P., Van Dalen, J. V. D. J., & Whittingham, J. W. J. (2013). Intrument for Evaluating Didactical Performance of Clinical Skill Laboratory Teachers. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 2(2), 85-96.

Setyawan, D., & Dewi, E. (2018). Penilaian Mahasiswa Keperawatan Terhadap Kompetensi Pasien Simulasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Standar Kompetensi Dokter Indonesia 2012, Hlm.4-5

Widiyanto, A., Murti, B., & Soemanto, R. B. (2018). Multilevel analysis on the Socio-Cultural, lifestyle factors, and school environment on the risk of overweight in adolescents, Karanganyar district, central Java. Journal of Epidemiology and Public Health, 3(1), 94-104.

Widiyanto, A. (2017). Hubungan Kepatuhan Minum Obat dengan Kesembuhan Pasien Tuberkulosis Paru BTA Positif di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 7-12.

Widyandana, M. D. (2008). Persepsi Mahasiswa terhadap ujian keterampilan medis di Skills Lab Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3(3), 99-103.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Koesmawan, A. (2022). Perbandingan Proses Pembelajaran Skill Lab secara Daring dengan Pengulangan Pembelajaran Skill Lab secara Luring pada saat PTMT. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(3), 361–366. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/340