Efektivitas Penggunaan Assessment as Learning dalam Tutorial untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Engagement Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan

Authors

  • Bayu Ewangga Fakultas Kedokteran, Universitas Pasundan
  • Bayu Ewangga Fakultas Kedokteran, Universitas Pasundan
  • Andromeda Andromeda Fakultas Kedokteran, Universitas Pasundan

Keywords:

: assessment as learning, nearpod, tutorial

Abstract

Pandemi covid-19 mengubah berbagai pola pembelajaran termasuk di tingkat universitas. Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan saat pandemi covid-19 turut melaksanakan pembelajaran dengan cara daring pada semua kegiatan. Assessment as learning berfokus pada gagasan pembelajaran mandiri dan metakognisi, tidak setiap mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengatur diri sendiri dan mampu melakukan refleksi diri. Dosen dapat memberikan mahasiswa suatu instruksi tentang pembelajaran mandiri (self-regulated learning), seperti melatih strategi metakognitif) dan keterampilan dalam menggunakan informasi umpan balik untuk mengurangi kesenjangan pembelajaran. Assessment as learning dapat menggunakan berbagai aplikasi salah satunya adalah Nearpod. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan assessment as learning ketika tutorial dalam meningkatkan pengetahuan dan engagement mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan pada capaian pembelajaran mata kuliah. Desain penelitian cross-sectional dengan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia. Subjek penelitian merupakan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Variabel independent terdiri dari mahasiswa Angkatan 2021 yang menggunakan assessment as learning dan Angkatan 2020 yang belum menggunakan assessment as learning pada sistem Dermatomuskuloskeletal (DMS). Variabel dependen merupakan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) sistem DMS pada masing- masing angkatan. Data dianalisis untuk membandingkan nilai UTS angkatan 2020 dan 2021 dengan uji statistik Mann-Whitney. Didapatkan ranking rata-rata nilai angkatan 2021 yang mendapat assessment as learning lebih besar yaitu 55.04 dibandingkan angkatan 2020 tanpa assessment as learning (49.96), p=>0.05. Nilai ujian mahasiswa yang mendapat assessment as learning ketika tutorial tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mendapat assessment as learning.

 

References

Beranek, M., Feuerlicht, G., Ková, V., Petkovová, L., & Vacek, V. (2016). Evaluating the Impact of an Interactive Classroom Application on Student Learning Outcomes.

Coman, C., Țîru, L. G., Meseșan-Schmitz, L., Stanciu, C., & Bularca, M. C. (2020). Online teaching and learning in higher education during the coronavirus pandemic: Students’ perspective. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–22. https://doi.org/10.3390/su122410367

Darmawan, F. A., & Jaedun, A. (2020). Mediation Effect of Assessment as Learning in Mobile-Based Module on Vocational Education Student’s HOTS. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 32–39. https://doi.org/10.26858/EST.V6I1.11437

Dealing with Non-normal Data: Strategies and Tools. (n.d.). Retrieved June 15, 2022, from https://www.isixsigma.com/tools-templates/normality/dealing-non-normal-data-strategies-and- tools/

Di Pietro, G., Biagi, F., Costa, P., Karpiński, Z., & Mazza, J. (2020). The Likely Impact of COVID-19 on Education: Reflections based on the Existing Literature and Recent International Datasets. In Publications Office of the European Union, Luxembourg: Vol. EUR 30275 (Issue JRC121071). https://doi.org/10.2760/126686

Dolin, J., Black, P., Harlen, W., & Tiberghien, A. (2018). Exploring Relations Between Formative and Summative Assessment. October 2019, 53–80. https://doi.org/10.1007/978-3-319-63248-3_3

Lam, R. (2018). Understanding Assessment as Learning in Writing Classrooms: The Case of Portfolio Assessment. Iranian Journal of Language Teaching Research, 6, 19–36.

Messina, D. M., Mikhail, S. S., Messina, M. J., & Novopoltseva, I. A. (2022). Assessment of learning outcomes of first year dental students using an interactive Nearpod educational platform. Journal of Dental Education. https://doi.org/10.1002/JDD.12901

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Ewangga, B., Ewangga, B., & Andromeda, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Assessment as Learning dalam Tutorial untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Engagement Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(3), 551–556. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/356