Hubungan Pengetahuan tentang Pemeriksaan Tekanan Darah dan Gula Darah dengan Kecemasan Penularan Covid-19 pada Lansia

Authors

  • Margareta Haiti Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas
  • Lidwina Septie Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas
  • Mustika Sari Hutabarat Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas

Keywords:

covid-19, gula darah, kecemasan, pengetahuan, tekanan darah

Abstract

Lansia adalah seseorang yang karena usianya mengalami perubahan biologis, fisik, kejiwaan dan sosial, perubahan ini akan memberikan pengaruh pada seluruh aspek kehidupan, termasuk kesehatanya, oleh karena itu kesehatan lansia perlu mendapat perhatian khusus dengan tetap dipelihara dan ditingkatkan agar selama mungkin dapat hidup secara produktif sesuai dengan kemampuanya sehingga dapat ikut serta berperan aktif. Pemeliharaan kesehatan yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya ialah dengan rutin melakukan pemeriksaan fisik, contoh pemeriksaan fisik yang umunya dapat dilakukan oleh lansia adalah pemeriksaan tekanan darah dan kadar glukosa darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya hubungan antara pengetahuan lansia tentang pemeriksaan tekanan darah dan gula darah dengan kecemasan pencegahan Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan uji Kendall Tau. Data mengenai variable Pengetahuan dan kecemasan didapatkan dari kuesioner yang divalidasi dan diberikan pada lansia. Hasil penelitian yang dilakukan adalah Tidak ada Dukungan Pengetahuan dengan Kecemasan lansia dalam pencegahan Covid-19 dengan nilai r ≥0.05 hal ini dikarenakan lansia mendapatkan Pengetahuan dari petugas panti werdha, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan mengenai pemeriksaan fisik pasien baik hal ini karena pengurus panti selalu aktif dalam pendampingan pemeriksaan fisik.

References

Alzoubi, H. et al. (2020). Attitude and Practice among Medical and Non- Medical. Journal Of Pure and Applied Microbiology.

Dariah, Elis, O. (2015). No Title. Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Lansia Di Pospindu Anyelir Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, III(2).

Doloksaribu, Misi ; manalu, N. (2021). Penyakit Pandemi Covid-19 di Kecamatan Uluan. 1631–1636.

Fuadi, F. I. (2016). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Masyarakat Dalam Mencegah Leptospirosis di Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo., 17.

Healthy Seventina Sirait, Awis Hamid Dani, D. R. M. (2020). Hubungan Pengetahuan Tentang Covid-19 Terhadap Tingkat Kecemasan pada Lansia yang Mengalami Hipertensi. Jurnal Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon, 11. http://jurnal.stikescirebon.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/222

Keliat, B. A. (2005). Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa. EGC.

Kesehatan, P. data dan I. K., & RI. (2014). Infodatin Hipertensi. Kementerian Kesehatan RI.

Muwarni, A. (2009). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan.

RI, K. K. (2018). RISKESDAS. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf

Richard Jonathan Sitohang, I. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Tingkat Kecemasan Lanjut Usia Terhadap Covid-19. Jurnal Nutrix, 5 No.1, 56–64. http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/nutrix/article/view/540/498

Satria, R. M. A., Tutupoho, R. V., & Chalidyanto, D. (2020). Analisis Faktor Risiko Kematian dengan Penyakit Komorbid Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 4, 48–55.

Yanti, B., Wahyudi, E., Wahiduddin, Revi Gama Hatta, Yuliana Mahdiyah Da’at, Natalia Sri, & N. (2020). engetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat terhadap Kebijakan Jaga Jarak sebagai Cara Pencegahan Penularan COVID-19 di Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5.

Yonata, A., Satria, A. (2016). Hipertensi sebagai Faktor Pencetus Terjadinya Stroke. Majority, 5(3).

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Haiti, M., Septie, L., & Hutabarat, M. S. (2022). Hubungan Pengetahuan tentang Pemeriksaan Tekanan Darah dan Gula Darah dengan Kecemasan Penularan Covid-19 pada Lansia. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 413–418. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/65