Pengaruh Lama Kerja dan Masa Kerja terhadap Kadar Cholinesterase pada Petani

Authors

  • Muhammad Ikhtiar Universitas Muslim Indonesia
  • Rismayanti Harun Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v14i4.2170

Keywords:

cholinesterase, lama kerja, masa kerja

Abstract

Salah satu indikator keracunan pestisida adalah melihat aktivitas kadar cholinesterase pada tubuh petani. Pestisida berpotensi mengandung racun yang berbahaya bagi penggunanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lama kerja dan masa kerja berpengaruh terhadap kadar cholinesterase pada petani sawah. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dengan kadar cholinesterase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh lama kerja terhadap kadar cholinesterase (p=0,002) dan tidak ada pengaruh masa kerja terhadap kadar cholinesterase (p=0,483). Kesimpulan ada pengaruh lama kerja terhadap kadar cholinesterase dan tidak ada pengaruh masa kerja terhadap kadar cholinesterase. Disarankan kepada petani untuk melakukan pemeriksaan kadar cholinesterasenya dalam kurun waktu setahun sekali sehingga para petani dapat mengetahui indikasi keracunan dalam tubuh akibat terpapar oleh pestisida.

References

BPOM. (2019). Laporan Tahunan Pusat Data Dan Informasi Obat Dan Makanan. Jakarta.

BPS. (2017). Publikasi Keadaan Angkatan Kerja Di Indonesia Februari 2017. Jakarta.

Hardi, Hardi, Muhammad Ikhtiar, and Alfina Baharuddin. (2020). “Hubungan Pemakaian Pestisida Terhadap Kadar Cholinesterase Darah Pada Petani Sayur Jenetallasa-Rumbia.” Ikesma 16(1): 53.

Marisa, Marisa, and Nadya Dwi Pratuna. (2018). “Analisa Kadar Cholinesterase Dalam Darah Dan Keluhan Kesehatan Pada Petani Kentang Kilometer XI Kota Sungai Penuh.” Jurnal Kesehatan Perintis 5(1): 122–28.

Saragih, Mutiara. (2019). “Faktor yang Berhubungan Dengan Kadar Cholinesterase Dalam Darah Pada Pekerja Bagian Penyemprotan PT. Anglo Eastern Plantations Tahun 2019.”

Shinta, Dewi Yudiana, and Herix Sonata. (2019). “Hubungan Kadar Cholinesterase Dan Jumlah Leukosit Kasus Keracunan Pestisida Pada Petani.”

SIKernas. (2017). Sentra Informasi Keracunan Nasional Berita Keracunan Bulan Juli- September 2017. Jakarta.

Sugiarto, Sugiarto, Entianopa Entianopa, and Renny Listiawaty. (2020). “Paparan Organopospat Terhadap Kadar Kolinesterase Dalam Darah Petani Sayur.” Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan 5(1): 7–12.

Suparti, Sri, and Onny Setiani. (2016). “Beberapa Faktor Risiko Yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Keracunan Pestisida Pada Petani.” Pena Medika Jurnal Kesehatan 6(2).

Tambunan, Anneta Margaretta, and Habsah Ritonga. (2020). “Hubungan Kebiasaan Merokok, Menyirih Dan Lama Bekerja dengan Penurunan Kadar Cholinesterase Pada Petani Di Desa Gajah Pokki Kabupaten Simalungun.” Journal of Health Science and Physiotherapy 2(1): 1–8.

Yogisutanti, Gurdani, Ivanna Ajeng Mulianti, Indah Nurmalina, Linda Hotmaida. (2020). “Penggunaan Alat Pelindung Diri Dan Keracunan Pestisida Pada Pekerja Di Perusahaan Penyemprot Hama.”

Zulfania, Kusuma Dara, Onny Setiani, and Hanan Lanang Dangiran. (2017). “Hubungan Riwayat Paparan Pestisida Dengan Tekanan Darah Pada Petani Penyemprot Di Desa Sumberejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 5(3): 392–401.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Ikhtiar, M., & Harun, R. (2024). Pengaruh Lama Kerja dan Masa Kerja terhadap Kadar Cholinesterase pada Petani . Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(4), 1233–1238. https://doi.org/10.32583/pskm.v14i4.2170