Hubungan Beban Kerja Mental dengan Performa Kerja Para Kasir di Kendal

Authors

  • Devi Chafitri Ani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Ratna Muliawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Mushidah Mushidah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Baju Widjasena Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal

Keywords:

beban kerja mental, performa kerja, kasir

Abstract

Beban kerja mental para kasir saat menjalankan pekerjaannya perlu diukur dan dievaluasi secara berkala. Hal ini dilatarbelakangi oleh resiko kejadian salah menghitung uang yang menyebabkan kerugian baik untuk kasir maupun untuk tempat kerja.  Pekerjaan menghitung uang adalah pekerjaan dengan beban mental yang tidak ringan sehingga perlu keterampilan individu dan dukungan dari lingkungan untuk meminimalisir dampak kerugian yang timbul akibat dari kesalahan menghitung uang tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara beban kerja mental dengan performa kerja para kasir di Kendal. Penelitian ini adalah penelitian analitik menggunakan metode survey dan dengan pendekatan cross sectional. Analisa data menggunakan uji chi square. Teknik pengambilan data dengan metode purposive sampling. Hasil uji bivariate menunjukkan bahwa beban kerja mental mempengaruhi performa kerja para kasir (p= 0,023) < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara beban kerja mental dengan performa kerja para kasir di Kendal.

References

Dahlan, S. (2019). Besar Sampel Dalam Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Devita, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di Restaurant Alpha Hotel Pekanbaru. JOM FISIP Universitas Riau, Vol : 4 No. 2.

Fithri, P., & Anisa, W. F. (2017). Pengukuran Beban Kerja Psikologis dan Fisiologis Pekerja di Industri Tekstil. Jurnal Optimasi Industri Vol. 16 No. 2 ISSN : 2442 - 8795, 120 - 130.

Hastutiningsih, A. T. (2018). Pengaruh Beban Kerja Dan LIngkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Stres Kerja (Studi Pada PT. MSV Pictures Yogyakarta). Yogyakarta: Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia.

Junando, D. A. (2013, November 1). Deskripsi Pekerjaan Kasir. Dipetik February 1, 2020, dari Nomadenshare: nomadenshare.blogspot.com/2013/11/deskripsi-pekerjaan-kasir.html

Mangkunegara, A. A. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Paramitha, C. C., & Wijayanto, A. (2012). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) APJ Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 1.

Putra, N. D. (2014). Analisis Beban Kerja Teller Dan Back Office (Studi Kasus Bank BCA KCP Cilandak). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rambulangi, C. J. (2016). Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pegawai Badan Pertanahan Nasional Tingkat II samarinda. ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id, 4 (2) : 292-300.

Scribd. (2016, November 1). Dipetik Maret 1, 2020, dari Pengertian Kasir: https://id.scribd.com

Saadin, I., Tambi, A. M., Karim, S. F., & Salim, N. Z. (2018). The Association between work related stressor and work performance : A case Study among Executives of Group human Capital of Maybank Berhad. International Journal of Academic Research In Business and Social Sciences, 8 (1), 497 - 505.

Setiawan, B. F. (2016). Hubungan Kelelahan Kerja Dengan Ketepatan Menghitung Uang Pada Karyawan KSU Budi Luhur Weleri. Kendal: Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Kendal.

Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tarwaka, Bakri, S. H., & Sudiajeng, L. (2004). Ergonomi Untuk Kesehatan Kerja dan Produktifitas. 2004: UNIBA PRESS.

Unknown. (2015, April 1). Tugas Dan Tanggung Jawab Kasir. Dipetik December 1, 2019, dari Inovapos: http://inovapos.com/tugas-dan-tanggung-jawab-kasir/

Bank Perkreditan Rakyat. (2017). Retrieved Juli 1, 2020, from Otoroitas Jasa Keuangan: https://www.ojk.go.id

Beban Kerja mental dan Kesiapan Pensiun Dengan Tingkat Depresi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Universitas Jember. (2018, Maret 22). Retrieved Juli 1, 2020, from Repository Universitas Negeri Jember: http://repository.unej.ac.id

Damingun. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Masa Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rektorat Universitas Mulawarman Samarinda. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Vol .12 No.1.

Septarina, M. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Lamanya Bekerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pegadaian Syariah Simpang Patal Palembang. Palembang: Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Patah.

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Ani, D. C. ., Muliawati, R., Mushidah, M., & Widjasena, B. (2022). Hubungan Beban Kerja Mental dengan Performa Kerja Para Kasir di Kendal. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 947–952. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/451