Pengembangan dan Validasi Early Language Scale (ELS) terhadap Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak Usia 1-6 Tahun

Authors

  • Russiska Russiska Universitas Negeri Semarang & Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Irwan Budiono Universitas Negeri Semarang
  • Evi Widowati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v15i3.3761

Keywords:

anak, ELS, keterlambatan bicara, skrining bahasa, validitas

Abstract

Keterlambatan bicara dan bahasa pada anak usia dini merupakan permasalahan perkembangan yang dapat memengaruhi aspek sosial, emosional, dan akademik anak. Upaya deteksi dini menjadi sangat penting, namun ketersediaan alat skrining yang valid, andal, dan sesuai dengan konteks budaya Indonesia masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melakukan validasi konten terhadap Early Language Scale (ELS) versi Bahasa Indonesia sebagai alat skrining keterlambatan bicara dan bahasa pada anak usia 1–6 tahun. Penelitian ini merupakan studi non-eksperimental yang menilai karakteristik psikometrik ELS. Proses validasi terdiri atas penerjemahan dengan metode forward-backward translation, adaptasi budaya, dan validasi konten oleh tujuh panel ahli multidisipliner. Validitas konten dianalisis menggunakan indeks I-CVI dan S-CVI/UA. Seluruh 26 item dalam ELS versi Bahasa Indonesia menunjukkan tingkat validitas konten yang tinggi, dengan nilai I-CVI sebesar 1.00 dan S-CVI/UA sebesar 0.907. Hal ini menunjukkan bahwa setiap item dinilai relevan oleh panel ahli dan instrumen memiliki kesesuaian dengan konstruk yang diukur. ELS versi Bahasa Indonesia merupakan alat skrining yang valid secara konten dan layak digunakan untuk deteksi dini keterlambatan bicara dan bahasa pada anak usia 1–6 tahun.

References

Ahmad, I. ., Arisanti, R. M., Lisanur Azizah, & Maria Mintowati. (2024). Analisis Speech Delay Pada Gangguan Berbahasa Anak Selebriti Indonesia Dalam Tinjauan Kajian Psikolinguistik. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 181–193. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.699

Center for Disease Control and Prevention (CDC). (2023). Developmental Milestones: Speech and Language Development. https://www.cdc.gov

City K, Sousa VD, C. K. (2011). Translation , adaptation and validation of instruments or scales for use in cross-cultural health care research : a clear and user-friendly guideline. 17(268–74).

Fawcett, J., & Garity, J. (2009). Evaluating Research for Evidence-Based Nursing Practice. Davis Company.

Force, A. L. S. U. P. S. T. (2015). Screening for Speech and Language Delay and Disorders in Children Aged 5 Years or Younger: US Preventive Services Task Force Recommendation Statement. Pediatrics, 136(2), e474–e481. https://doi.org/10.1542/peds.2015-1711

Iskandar, D., & Nasution, F. (2021). Pengembangan model intervensi dalam pencegahan keterlambatan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 123–134.

Jullien, S. (2021). Screening for language and speech delay in children under five years. BMC Pediatrics, 21(Suppl 1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12887-021-02817-7

Kemenkes RI. (2022). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI.

Larsson, H., Tegern, M., Monnier, A., & Skoglund, J. (2015). Content Validity Index and Intra- and Inter- Rater Reliability of a New Muscle Strength / Endurance Test Battery for Swedish Soldiers. 1–13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0132185

Lemos, D. M. C., Segura, M. S. P., & Martínez, Y. L. S. (2020). Reliability and validity of a questionnaire of child development for national surveys. Revista Chilena de Pediatria, 91(1), 76–84. https://doi.org/10.32641/rchped.v91i1.903

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2006). The Content Validity Index : Are You Sure You Know What’s Being Reported ? Critique and Recommendations. 489–497. https://doi.org/10.1002/nur

Sim, F., Thompson, L., Marryat, L., Ramparsad, N., & Wilson, P. (2019). Predictive validity of preschool screening tools for language and behavioural difficulties: A PRISMA systematic review. In PLoS ONE (Vol. 14, Issue 2). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0211409

US Preventive Services Task Force. (2024). Screening for Speech and Language Delay and Disorders in Children: US Preventive Services Task Force Recommendation Statement. JAMA, 331(4), 329–334. https://doi.org/10.1001/jama.2023.26952

Visser-Bochane, M. I., Reijneveld, S. A., Krijnen, W. P., van der Schans, C. P., & Luinge, M. R. (2020). Identifying Milestones in Language Development for Young Children Ages 1 to 6 Years. Academic Pediatrics, 20(3), 421–429. https://doi.org/10.1016/j.acap.2019.07.003

Visser-Bochane, M. I., van der Schans, C. P., Krijnen, W. P., Reijneveld, S. A., & Luinge, M. R. (2021). Validation of the Early Language Scale. European Journal of Pediatrics, 180(1), 63–71. https://doi.org/10.1007/s00431-020-03702-8

Wallace, I. F., Berkman, N. D., Watson, L. R., Coyne-Beasley, T., Wood, C. T., Cullen, K., & Lohr, K. N. (2015). Screening for Speech and Language Delay in Children 5 Years Old and Younger: A Systematic Review. Pediatrics, 136(2), e448–e462. https://doi.org/10.1542/peds.2014-3889

Yaghmaie. (2003). Content validity and its estimation. 3, 25–27.

Yusoff, M. S. B. (2019). ABC of Content Validation and Content Validity Index Calculation. Education in Medicine Journal, 11(2), 49–54. https://doi.org/10.21315/eimj2019.11.2.6

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Russiska, R., Budiono, I., & Widowati, E. . (2025). Pengembangan dan Validasi Early Language Scale (ELS) terhadap Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak Usia 1-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 15(3), 581–588. https://doi.org/10.32583/pskm.v15i3.3761