Perilaku Caring Perawat dengan Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v15i3.619Keywords:
anak usia prasekolah, caring, kecemasan, hospitalisasiAbstract
Hospitalisasi anak usia pra sekolah dapat menyebabkan kecemasan. Upaya perawat untuk mengatasi kecemasan akibat hospitalisasi adalah dengan perilaku caring. Tujuan penelitian mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kecemasan anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi pada anak pra sekolah di ruang Karunia RS Baptis Kediri. Metode penelitian cross-sectional. Populasi seluruh anak usia pra sekolah yang menjalani rawat inap di ruang Karunia RS Baptis Kediri, sampel sebanyak 24 responden menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner caring yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai Alpha Cronbach 0,931 dan lembar observasi kecemasan. Uji statistik menggunakan Spearman Rho dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian Sebagian besar perilaku caring perawat baik yaitu sebanyak 18 responden (75%), lebih dari 50% anak usia pra sekolah mengalami kecemasan ringan yaitu sebanyak 14 responden (58,3%), sebagian besar perawat dengan perilaku caring baik, kecemasan anak ringan sebanyak 13 responden (72,2%). Hasil uji korelasi Spearman Rho, p < 0,013 dan koefisien korelasi sebesar 0,500 yang artinya ada hubungan antara perilaku keperawatan dengan kecemasan pada anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi. Kesimpulannya, Perawat memiliki perilaku caring baik dalam mengatasi kecemasan anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi diruang Karunia RS Baptis Kediri, anak menjadi kooperatif terhadap tindakan keperawatan saat hospitalisasi setelah diberikan perilaku caring.
References
Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar terhadap Kecemasan Hospitaslisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 101. https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.289
Astarani, K. (2017). Buku Ajar Hospitalisasi & Terapi Bermain Anak.
Astarani, K., & David Richard, S. (2010). The Influence of Bibliotherapy on Children’S Psychological Response During Hospitalization: a Systematic Review. Jurnal.Stikesbaptis.Ac.Id, 2020, 29–38. http://jurnal.stikesbaptis.ac.id/index.php/ICHNE/article/download/479/390
Astarani, K., & Richard, S. D. (2020). The Influence Of Bibliotherapy On Children’s Psychological Response During Hospitalization: A Systematic Review. Procceding International Conference Of Nursing, Health And Education (ICNHE).
Astarani Kili; Richard Selvia David. (2020). Buku Ajar Keperawatan Anak Biblioterapi Menurunkan Stress Hospitalisasi. Adjie Media Nusantara.
Bisogni, S., Aringhieri, C., McGreevy, K., Olivini, N., Lopez, J. R. G., Ciofi, D., Merlo, A. M., Mariotti, P., & Festini, F. (2015). Actual implementation of sick children’s rights in Italian pediatric units: A descriptive study based on nurses’ perceptions. BMC Medical Ethics, 16(1). https://doi.org/10.1186/s12910-015-0021-0
Dolok Saribu, H. J., Pujiati, W., & Abdullah, E. (2021). Penerapan Atraumatic Care dengan Kecemasan Anak Pra-Sekolah Saat Proses Hospitalisasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 656–663. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.653
Godino-Iáñez, M. J., Martos-Cabrera, M. B., Suleiman-Martos, N., Gómez-Urquiza, J. L., Vargas-Román, K., Membrive-Jiménez, M. J., & Albendín-García, L. (2020). Play therapy as an intervention in hospitalized children: A systematic review. In Healthcare (Switzerland) (Vol. 8, Issue 3). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/healthcare8030239
Gómez-Cantarino, S., García-Valdivieso, I., Moncunill-Martínez, E., Yáñez-Araque, B., & Gurrutxaga, M. I. U. (2020). Developing a family-centered care model in the neonatal intensive care unit (Nicu): A new vision to manage healthcare. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 1–22. https://doi.org/10.3390/IJERPH17197197
Hendon, C., & Bohon, L. M. (2008a). Hospitalized children’s mood differences during play and music therapy. Child: Care, Health and Development, 34(2), 141–144. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2007.00746.x
Hendon, C., & Bohon, L. M. (2008b). Hospitalized children’s mood differences during play and music therapy. Child: Care, Health and Development, 34(2), 141–144. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2007.00746.x
Hill, C., Knafl, K. A., & Santacroce, S. J. (2018). Family-Centered Care From the Perspective of Parents of Children Cared for in a Pediatric Intensive Care Unit: An Integrative Review. Journal of Pediatric Nursing, 41, 22–33. https://doi.org/10.1016/J.PEDN.2017.11.007
Islamiyah, I., Dwi Novianti, A., & Anhusadar, L. (2024). Pengaruh Terapi Bermain Puzzel untuk Penurunan Kecemasan Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 87–98. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.409
Kandou, G., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2013). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Toddler Di Irina E Blu Rsup. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 1(1).
Kim, S. (2022). Characteristics and 10 key components of interpersonal caring: a narrative review. In Journal of Educational Evaluation for Health Professions (Vol. 19). Korea Health Personnel Licensing Examination Institute. https://doi.org/10.3352/JEEHP.2022.19.17
Kusnanto. (2019). Buku Perilaku Caring Perawat Profsional. 1.
Kusumanigrum, A. (2015). Pada Hospitalisasi Anak Pra Sekolah. PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.
Makhtufir Khamdalah, R., Rachmawati, Y., & Alfarizi, M. (2024). The Relationship Between Nurses’ Caring Behavior and Parents’ Level of Anxiety Due to Hospitalization of Children at Lumajang Islamic Hospital. Jurnal Ners LENTERA, 12(1).
Murniasih, E., & Rahmawati, A. (2010). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Bangsal L Rsup Dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten Tahun 2007. Jurnal Kesehatan Surya Medika Yogyakarta. https://doi.org/http://www.skripsistikes.wordpress.com
Novikasari, L., & Hairunisa. (2020). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasanpasien Anak Rawat Inap Di Rumah Sakit Candimas Medical Center Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 2.
Pitun, R. S., & Apriningtyas Budiyati, G. (2020). Perilaku Caring Perawat terhadap Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Pra Sekolah (2-6 Tahun). Jurnal Kesehatan, 13(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/jk.v13i2.11264
Purnama, B. A., Indriyani, P., & Ningtyas, R. (2020). Pengaruh Terapi Story Telling Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Dengan Hospitalisasi. Journal of Nursing and Health (JNH), 5(1), 40–51.
Saco, F. L. (2019). Philosophical and Contextual Issues in Nursing Theory Development Concerning Technological Competency as Caring in Nursing. The Journal of Medical Investigation, 66. https://doi.org/10.2152/jmi.66.8
Suparno, & Saprianto. (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Stress Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Ibnu Soetowo Baturaja. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 6(1).
Susanti, A., & Safitri, H. (2017). Pengaruh Story Telling Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rsup Dr.M.Djamil Padang Tahun 2017. Jik- Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 44–50. https://doi.org/10.33757/jik.v1i1.26
Watson, J., & Foster, R. (2003). The Attending Nurse Caring Model®: Integrating theory, evidence and advanced caring-healing therapeutics for transforming professional practice. Journal of Clinical Nursing, 12(3), 360–365. https://doi.org/10.1046/j.1365-2702.2003.00774.x
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.