Pengetahuan Ibu Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia 12-24 Bulan
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v13i2.872Keywords:
anak usia 12-24 bulan, motorik kasar, pengetahuan ibuAbstract
Kemampuan motorik merupakan salah satu proses tumbuh kembang yang harus dilalui dalam kehidupan anak, baik motorik halus maupun motorik kasar. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung pelaksanaan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) untuk mengetahui penyimpangan perkembangan anak dan skrining untuk mengetahui penyimpangan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan perkembangan motorik kasar pada anak usia 12-24 bulan di wilayah Puskesmas Keruak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam peneletian ini semua ibu yang mempunyai anak balita usia 12-24 bulan di puskesmas keruak sebanyak 1.516 orang dengan jumlah sampel 94 orang. Sampel diambil dengan metode acidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan quesiner pengetahuan ibu yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilias dengan hasil reliabel dan valid, serta menggu Denver II untuk perkembangan motorik anak. Analisis data dilakukan dengan uji Spearman Rank. Hasil penelitian didapatkan, Ibu dengan perkembangan motorik Kasar anak abnormal sebanyak 2 orang (2,1%), perkembangan meragukan sebanyak 12 orang (12,8%) dan perkembangan normal sebanyak 80 orang (85,1%). Hasil uji statistik sperman rank dengan bantuan program SPSS nilai p-value 0,000 < α = 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan pegetahuan ibu dengan perkembangan Motorik Kasar pada anak usia 12-24 bulan di puskesmas keruak.
References
Ananditha, A. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2. https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924
Ariyanti, K. S., & Utami, L. N. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK Tunas Mekar I. JURNAL MEDIKA USADA, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54107/medikausada.v1i1.9
Astuti, E. (2020). View of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik pada Balita Usia 4-5 Tahun di Tk Siswa Harapan Ciliwung Surabaya. Jurnal Kebidanan, 9 (1), 45–53. https://doi.org/10.47560/keb.v9i1.241
Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), Article 1.
Elfiadi, D. M. (2022). Pengembangan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Kreasi pada Anak PAUD Balai Pengajian Baitul Ishlah Lhokseumawe. IBRAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni, 2022, 1–12. https://doi.org/10.47766/ibrah.v1i2.1127
Gerungan, N. (2019). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah. Klabat Journal of Nursing, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.37771/kjn.v1i1.370
Khairani, N., Sanisahhuri, & Voni Berlinda. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Bina Ana Prasa dan Paud Islam Baiturrahim Kabupaten Rejang Lebong | Journal of Nursing and Public Health. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jnph/article/view/896
Leny Marinda. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar.
Moersintowati B. Narendra, dkk; (2008). Buku ajar I: Tumbuh kembang anak dan remaja edisi 1, cet. 2 (Jakarta). Sagung Seto. //lib.fk.uisu.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D303
Mulyani, N., & Budiarti, Y. (2022). Rancangan Alat Bantu Stimulasi Berjalan untuk Meningkatkan Kemampuan Berjalan Anak Usia 9 – 15 Bulan di Kota Tasikmalaya. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i2.2020
Octaviana, D. R., & Ramadhani, R. A. (2021). Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.227
Ph, L., Armitasari, D., & Susanti, Y. (2018). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Tahap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah. JURNAL Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1), 30. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12340
Prasasti, S. A. D. (2020). Persepsi dan Perilaku Bidan Terhadap Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang di Puskesmas Wergu Wetan Kabupaten Kudus [Masters, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/36641/
Puskesmas Keruak. (2022). Puskesmas Keruak—Kab. Lombok Timur. https://alamatsehat.com/puskesmas-keruak-kab-lombok-timur.
Silalahi, L. E., Doloksaribu, T. M., Manalu, J. S., Astuti, Y., Rahayu, D. Y. S., Hardiyati, H., Limbong, M., Urifah, S., Megasari, A. L., Tandilangan, A., Widiatie, W., Purba, Y. V., Suwarto, T., & Prabarini, L. P. (2022). Keperawatan Keluarga dan Komunitas. Yayasan Kita Menulis.
United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2020). Situasi Anak di Indonesia - Tren, Peluang, dan Tantangan Dalam Memenuhi Hak-Hak Anak.
Zukhra, R. M., & Amin, S. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Tumbuh Kembang terhadap Perkembangan Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31258/jni.8.1.8-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.