Buku Saku “BERJALAN” sebagai Usaha Preventif Penyebaran Covid-19
Keywords:
buku saku, demonstrasi, pendidikan kesehatan, pengetahuan, self efficacyAbstract
Berbagai usaha dilakukan oleh petugas kesehatan untuk mengurangi sampai mencegah penularan virus Covid-19 di masyarakat. Buku saku “BerJaLan” ini salah satu media edukasi yang diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan yang selanjutnya meningkatkan self efficacy masyarakat untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Kegiatan yang dilakukan adalah pendidikan kesehatan (penyuluhan) dan demonstrasi menggunakan media bantu buku saku “BerJaLan” di area padat penduduk yaitu wilayah Karangrejo Wonokromo Surabaya. Topik yang disampaikan dalam buku ini antara lain: berpikir positif, jaga protokol kesehatan dan lakukan pola hidup sehat. Warga Karangrejo Wonokromo Surabaya yang mengikuti kegiatan edukasi dan demonstrasi terlihat sangat antusias untuk tanya jawab dan mempraktikkan materi yang dilaksanakan selama 1 hari. Hasil pembagian kuesioner pre test dan post test yang dilakukan pada 21 responden adalah terdapat peningkatan nilai self efficacy dalam menjalankan upaya preventif dari nilai 39.21 ke nilai 41.19. Hasil post test menunjukkan bahwa pengetahuan warga setelah diberikan edukasi dan demonstrasi sebagian besar (85.71%) berada dalam kategori pengetahuan baik. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui edukasi dan demonstrasi dengan media buku saku “BerJaLan” dapat meningkatkan pengetahuan dan self efficacy warga tentang kegiatan preventif dalam penyebaran virus Covid-19. Media ini dapat menjadi salah satu alternative bagi warga untuk meningatkan pengetahuan tentang kegiatan preventif penyebaran virus Covid-19.
References
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.
Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1–9.
Rachmah, Q., Nindya, T. S., Aji, A. S., Pattimah, S., Rachmah, N., Maulana, N. I., … Astina, J. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Self-Efficacy Upaya Pencegahan Covid-19 Melalui Edukasi Gizi Konvensional Increased Knowledge and Self-Efficacy of COVID-19 Prevention through Conventional Nutrition Education. Media Gizi Indonesia, 16(3), 273. https://doi.org/10.20473/mgi.v16i3.273-279
Rinaldi, S. F., & Mujianto, B. (n.d.). Metodologi Penelitian dan Statistik (2017th ed.). Retrieved from http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/11/Metodologi-Penelitian-dan-Statistik-SC.pdf
Romadhoni, W. N., Pd, S., Pd, M., Andjani, A., Rosa, E., Yolanda, P. S., … Semarang, U. N. (2020). Buku Saku Elektronik Covid-19 sebagai Media Edukasi Masyarakat Wiga.
Satgas Covid-19. (2021). Pengendalian Covid-19. In Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Vol. 53).
Wijianto, B., Fahrurroji, A., Kurniawan, H., & Nugraha, F. (2021). A L - K H I D M A H. 4, 25–30.
Yuliati, Y. (2021). Peran Keluarga Dalam Pencegahan Wabah Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2). https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3968
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.