Isolasi Senyawa Limonen pada Minyak Atsiri Menggunakan Metode Uji Hidrodestilasi, Destilasi Uap dan Destilasi Air-Uap

Authors

  • Vriezka Mierza Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Andien Ravelliani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bismar Al Bara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Marisah Marisah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Sa’diyyah Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

destilasi, gc-ms, limonen, minyak atsiri

Abstract

Minyak atsiri merupakan suatu senyawa yang mudah menguap dan memiliki kelarutan yang rendah terhadap air, dapat diperoleh dari hasil ekstraksi daun, buah, kulit buah, kayu, bunga dan biji-bijian. Pada minyak atsiri terdapat salah satu senyawa monoterpen limonen yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan aditif makanan, kosmetik, perasa hingga aroma tambahan. Metode review article dilakukan melalui penelusuran di Google cendekia dengan mensortir 15 artikel terkait dan dipilih 5 artikel yang dianggap sesuai dengan topik yang diinginkan. Hasil isolat yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan GC-MS (Gas Cromatography and Mass Spectroscopy) untuk mengetahui jenis senyawa kimia yang terkandung beserta kadarnya.

References

Cahyati Suci, Kurniasih Yeti, & Khery Yusran. (2016). Efisiensi Isolasi Minyak Atsiri dari Kulit Jeruk dengan Metode Destilasi Air-Uap Ditinjau dari Perbandingan Bahan Baku dan Pelarut yang Digunakan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen,” 4(2), 103–110.

Guenther E. (1987). Minyak Atsiri. Universitas Indonesia.

Helmina Br. Sembiring. (2018). Aktivitas Antibakteri dan Antioksidan Minyak Atsiri Daun Asam Jungga (Citrus jambhiri Lush). Chimica et Natura Acta, 6(1), 19–24.

Kurniawan Adityo, Kurniawan Chandra, Indraswati Nani, & Mudjijati. (2008). Ekstraksi Minyak Kulit Jeruk dengan Metode Distilasi, Pengepresan dan Leaching. Jurnal Ilmiah Widya Teknik, 7(1), 15–24.

Lutony Tony Luqman, & Rahmayati Yeyet. (1994). Produksi dan Perdagangan Minyak Asiri (Vol. 1). Penebar Swadaya.

Rachmi Widya, Zamri Adel, & Yuharmen. (2014). Perbandingan Isolasi Minyak Atsiri Biji Pala Cara Hidrodestilasi Konvensional dan Microwave serta Uji Aktivitas Antibakteri dan Antioksidan. JOM FMIPA, 1(2), 335–343.

Saputra K. A, Puspawati Ni Made, & Suirta I Wayan. (2017). Kandungan Kimia Minyak Atsiri dari Kulit Buah Jeruk Bali (Citrus maxima) serta Uji Aktivitas Antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Jurnal Kimia, 1(1), 58–62.

Sastrohamidjojo H. (2004). Kimia Minyak Atsiri. Gajah Mada University Press.

Sugiantoro, Jayuska Afghani, & Alimuddin Andi Hairil. (2016). Biotransformasi Limonen dari Minyak Atsiri Kulit Jeruk Pontianak Menggunakan Jamur Rhizopus Oligosporus dalam Media Air Kelapa. JKK, 5(3), 40–44.

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Mierza, V., Ravelliani, A., Al Bara, B. ., Marisah, M., & Sa’diyyah, N. (2023). Isolasi Senyawa Limonen pada Minyak Atsiri Menggunakan Metode Uji Hidrodestilasi, Destilasi Uap dan Destilasi Air-Uap. Jurnal Farmasetis, 12(1), 15–20. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/far/article/view/679