Pengaruh Faktor Usia terhadap Aktivitas Enzim Cholinesterase sebagai Akibat Paparan Pestisida pada Petani

Authors

  • Nunun Sitoresmi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional
  • Tri Harningsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional

Keywords:

cholinesterase, pestisida, petani, random sampling

Abstract

Aktivitas petani dalam mengolah lahan pertanian tidak lepas dari penggunaan pestisida untuk mengendalikan hama tanaman. Pestisida mempunyai resiko yang merugikan kesehatan petani dan lingkungan sekitarnya. Pestisida masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan dan kulit yang tak terlindungi. Keracunan pestisida dapat menyebabkan penurunan aktivitas enzim cholinesterase dalam darah yang dapat menyebabkan kematian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor usia para petani dengan aktivitas enzim Cholinesterase akibat paparan pestisida pada petani Desa Gemblegan Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan teknik random sampling. Penelitian dilakukan di Laboratorium Klinik Prodia Surabaya dengan pengukuran aktivitas enzim Cholinesterase menggunakan Roche Cobas c 501. Penelitian ini menggunakan desain studi Cross sectional dengan jumlah sampel 20 petani. Sampel berupa serum yang diambil dari darah vena petani dan ditampung dalam vacum tube tanpa antikoagulan warna kuning, kemudian di centrifuge untuk mendapatkan serum. Variabel penelitian ini adalah usia dan aktivitas enzim Cholinesterase. Hasil uji statistik dengan SPSS menggunakan Fisher’s exact test didapatkan nilai p=1.000, nilai RP=1.500 dan 95% CI=0.109-20.675, yang menunjukkan faktor usia tidak ada korelasi dengan aktivitas enzim cholinesterase. Tidak ada pengaruh faktor usia terhadap aktivitas enzim Cholinesterase sebagai akibat paparan pestisida pada petani Desa Gemblegan Kabupaten Klaten.

References

Hardani, Auliya, N.H., Andriani, H., Fardani, R.A., Ustiawaty, J., Utami, E.F., Sukmana, D.J., & Ria Rahmatul Istiqomah, R.R. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cetakan I. CV.Pustaka Ilmu. Yogyakarta.

Hermawan, I., Widjasena, B., & Kurniawan, B. 2018. Faktor-faktor yang berhubungan dengan aktivitas kolinesterase darah pada petani jambu di Desa Pesaren Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal kesehatan masyarakat (e-journal Volume 6, Nomor 4, Agustus 2018).

Kholifah, SN. 2016. Keperawatan Gerontik. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Masturoh, I dan Anggita, N. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan.Edisi Tahun 2018. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta

Moekasan, T.K., Prabaningrum, L., & Adiyoga, W. 2014. Cara Kerja dan Daftar Pestisida Serta Strategi Pergilirannya Pada Budidaya Tanaman Sayuran dan Palawija. VegIMPACT Report 10 December 2014.

Oktaviani, R dan Pawenang, E.T, 2020. Risiko Gejala Keracunan Pestisida pada Petani Greenhouse. Higeia Journal Of Public Health Research And Development

Putri, A, W.2016. Kadar Kolinesterase darah pada petani jeruk Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Skripsi. Bagian Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Keselamatan Kerja fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Rahayu, M. dan Solihat, M.F. 2018. Toksikologi Klinik. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan

Rahmawati, Y.D. dan Martiana, T., 2014. Pengaruh faktor karakteristik petani dan metode penyemprotan terhadap kadar kolinesterase. The Indonesian Journal of Occupational Safety , Health and Environment, Vol. 1, No. 1 Jan-April 2014: 85-94.

Roche, 2017. Manual Reagen Cholinesterase Gen.2 (CHE2). 2017-01, V 9.0 Bahasa.

Saputra, D.Y., Purwati., Harningsih, T. 2020. Penentuan Kadar Enzim Kolinesterase pada Petani Pengguna Pestisida Organofosfat Berdasarkan Frekuensi Penyemprotan. Journal of Pharmacy Vol. 9 No. 2. Hal 22

Santoso, A.P.R. dan Wulandari. D.D., 2019. Hubungan kadar enzim kolinesterase dengan kadar trigliserida pada pekerja yang terpapar pestisida golongan organofosfat. Research Article. Published: 31 Desember 2019 doi: 10.21070/medicra.v2i2.2992.

Sastroasmoro, S. dan Ismael, S. 2010. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis Eds ke-3. Sagung Seto. Jakarta.

Tutu, C.G., Manampiring, A.E., & Umboh, A. 2020. Faktor-faktor yang berhubungan dengan aktivitas enzim cholinesterase darah pada petani penyemprot pestisida. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine Volume 1 Nomor 4, Nopember 2020.

Yulianda, M. 2020. Hubungan Kadar Cholinesterase Dan Kadar Hemoglobin Dengan Jenis Pestisida Dalam Darah Pada Petani Sayur Di Kabupaten Kerinci. Skripsi. Program Studi Diploma Iv Analis Kesehatan/Tlm Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis Padang.

Zuraida. 2011. Faktor yang berhubungan dengan tingkat Keracunan Pestisida Pada Petani di Desa Srimahi Tambun Utara Bekasi Tahun2012. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Kesehatan Masyarakat Depok.

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Sitoresmi, N., & Harningsih, T. (2022). Pengaruh Faktor Usia terhadap Aktivitas Enzim Cholinesterase sebagai Akibat Paparan Pestisida pada Petani. Jurnal Farmasetis, 11(2), 113–118. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/far/article/view/446

Most read articles by the same author(s)