Games sebagai Intervensi Pencegahan Bullying pada Anak Usia 6-18 Tahun: Scoping Review

Authors

  • Kurniawan Kurniawan Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Rahmawati Nur Baeti Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Anisa Nur Afifah Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Elsa Rizky Oktafierna Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Lia Ustami Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v14i1.1544

Keywords:

anak, bullying, games, pencegahan, remaja

Abstract

Bullying dan cyberbullying pada remaja dapat berdampak pada masalah fisik maupun, hal tersebut dapat memicu terjadinya masalah perubahan perilaku, kesulitan beradaptasi dan mempertahankan perhatian. Intervensi pencegahan bullying yang bisa diterapkan pada anak-anak salah satunya yaitu dengan distraksi melalui games. Tujuan studi ini untuk mengidentifikasi penggunaan games sebagai intervensi pencegahan bullying pada anak usia 6-18 tahun. Studi ini menggunakan scoping review dengan mengikuti pedoman Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses extension for Scoping Review (PRISMA-ScR). Pencarian artikel menggunakan database yang teridir dari PubMed, CINAHL EBSCOHost, ScienceDirect, dan Scopus. Kriteria inklusi yang digunakan yaitu artikel dari tahun 2012-2022, menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dan full-text. Kami menganalisis 8 studi mengikuti panduan PRISMA-ScR yang ditelaah melalui tabulasi manual yang memuat identitas studi, tempat studi, tujuan, sampel, usia, model intervensi, dan hasil atau outcome intervesi. Sehingga, kami menemukan 4 kelompok model games yang dapat digunakan untuk mencegah bullying pada anak dan remaja, yaitu Serious Game terdiri dari School of Empathy dan Conectado games; Board Games terdiri dari The Galaxy Rescuers dan Stop Bullying; Role Playing Games; Permainan Balok Jenga; Serious game; Role Play Game; permainan balok. Studi ini menyoroti bahwa game memiliki potensi sebagai inetrvensi pencegahan bullying pada anak dengan hasil positif yaitu melatih anak untuk meningkatkan empati dalam konteks bullying dan membantu dalam mengurangi kejadian bullying.

References

Amanda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Atikah, S., Engkizar, E., Anwar, F., & Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454

Bachen, C. M., P. Hernández-Ramos, C. Raphael, and A. Waldron. 2016. “How Do Presence, Flow, and Character Identification Affect Players’ Empathy and Interest in Learning from a Serious Computer Game?” Computers in Human Behavior 64: 77–87. doi:10.1016/j.chb.2016.06.043.

Bagès, C., Hoareau, N., & Guerrien, A. (2020). Play to Reduce Bullying! Role-Playing Games Are a Useful Tool for Therapists and Teachers. Journal of Research in Childhood Education, 1–11. doi:10.1080/02568543.2020.1810834

Boyle, E. A., T. Hainey, T. M. Connolly, G. Gray, J. Earp, M. Ott, T. Lim, M. Ninaus, C. Ribeiro, and J. Pereira. 2016. “An Update to the Systematic Literature Review of Empirical Evidence of the Impacts and Outcomes of Computer Games and Serious Games.” Computers and Education 94: 178–192. doi:10.1016/j.compedu.2015.11.003.

Connolly, T. M., E. A. Boyle, E. MacArthur, T. Hainey, and J.M. Boyle. 2012. “A Systematic Literature Review of Empirical Evidence on Computer Games and Serious Games.” Computers and Education 59 (2): 661–686. doi:10.1016/j.compedu.2012.03.004.

Drigas. 2016. “Games for Empathy for Social Impact.” International Journal of Engineering Pedagogy (Ijep) 6 (4): 36–40.

Ismaningsih, E., Fitriana, R. N., (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Permainan Balok Jenga terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Bullying pada Anak Sekolah Dasar di SD Negeri Sibela Timur Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).

Jolliffe, D., & Farrington, D. P. (2011). Is low empathy related to bullying after controlling for individual and social background variables? Journal of Adolescence, 34(1), 59–71. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2010.02.001

Iten, N., and D. Petko. 2016. “Learning with Serious Games: Is Fun Playing the Game a Predictor of Learning Success?” British Journal of Educational Technology 47 (1): 151–163. doi:10.1111/bjet.12226.

Kurniawan, K., Yosep, I., Maulana, S., Mulyana, A. M., Amirah, S., Abdurrahman, M. F., ... & Rahayuwati, L. (2022). Efficacy of Online-Based Intervention for Anxiety during COVID-19: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. Sustainability, 14(19), 12866.

Maria, D. Y., Amry, R. Y., Rahayu, B. A., & Oktavianto, E. (2021). Game Edukasi Sehat Jiwa sebagai Manajemen Pencegahan Bullying. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(3), 529–538. https://doi.org/10.26714/jkj.9.3.2021.529-538

Nieh, H. P., & Wu, W. C. (2018). Effects of a Collaborative Board Game on Bullying Intervention: A Group-Randomized Controlled Trial. Journal of School Health, 88(10), 725–733. https://doi.org/10.1111/josh.12675

Nocentini, A., V. Zambuto, and E. Menesini. 2015. “Anti-Bullying Programs and Information and CommunicationTechnologies (ICTs): A Systematic Review.” Aggression and Violent Behavior 23: 52–60. doi:10.1016/j.avb.2015.05.012.

Rosselet, J. G., & Stauffer, S. D. (2013). Using group role-playing games with gifted children and adolescents: A psychosocial intervention model. International Journal of Play Therapy, 22(4), 173–192. https://doi.org/10.1037/ a0034557

Sahin, M. (2012). An investigation into the efficiency of empathy training programs on preventing bullying in primary schools. Children and Youth Services Review, 34(7), 1325–1330. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2012.03.013

Ttofi, M. M., Farrington, D. P., Lösel, F., Loeber, R., & Ttofi, M. M. (2012). Do the victims of school bullies tend to become depressed later in life? A systematic review and meta-analysis of longitudinal studies. Journal of Aggression, Conflict, and Peace Research, 3(2), 63–73. https://doi.org/10.1108/17596591111132873

Yosep, I., Hikmat, R., Mardhiyah, A., Kurniawan, K., & Amira, I. (2023). A scoping review of the online interventions by nurses for reducing the negative impact of bullying on students. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 773-783.

Yosep, I., Pramukti, I., Agustina, H. R., Kurniawan, K., Agustina, H. S., & Hikmat, R. (2022, December). Triple-P e-Parenting to Improve Awareness of Psychiatric Nurses on Preventing Cyberbullying in Adolescents. In Healthcare (Vol. 11, No. 1, p. 19).

Zubković, R.B., Kolić-Vehovec, S., Smojver-Ažić, S., Martinac Dorčić, T., & Pahljina-Reinić, R. (2020). The role of experience during playing bullying prevention serious game: effects on knowledge and compassion. Behavior & Information Technology, 1–15. doi:10.1080/0144929x.2020.1813332

Downloads

Published

2023-09-02

How to Cite

Kurniawan, K., Nur Baeti, R. ., Nur Afifah, A., Rizky Oktafierna, E. ., & Ustami, L. . (2023). Games sebagai Intervensi Pencegahan Bullying pada Anak Usia 6-18 Tahun: Scoping Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(1), 227–236. https://doi.org/10.32583/pskm.v14i1.1544

Most read articles by the same author(s)