Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Ibu Hamil dalam Menghadapi Persalinan

Authors

  • Velga Yazia STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Ulfa Suryani STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.851

Keywords:

dukungan keluarga, dukungan suami, pengalaman traumatis ibu, tingkat aktivitas, tingkat kesiapan personal ibu, tingkat stres

Abstract

Kehamilan dapat menimbulkan suatu krisis maturitas yang dapat menyebabkan stres. Stres pada ibu hamil memiliki keterkaitan dalam menimbulkan stres saat hamil, melahirkan dan nifas. Tujuan penelitian ini untuk melihat faktor -faktor yang berhubungan dengan tingkat stress pada ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya tanggal 25 April-7 Mei 2022. Populasi adalah semua ibu hamil yang berkunjung ke Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2022 berjumlah 178 orang dengan sampel sebanyak 64 orang, dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dengan hasil analisis validitas nilai r>0,267 dan uji reabilitas memiliki nilai Alpha Cronbach >0,7 dan diolah secara manual, dengan menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan 26.6% mengalami stres sedang, 37.5% dukungan keluarga yang kurang baik, 37.5% dukungan suami yang kurang baik, 40.6% memiliki trauma, 46.9 % memiliki tingkat kesiapan personal dalam kategori tidak siap dan 46.9% memiliki tingkat aktivitas yang berat. Terdapat hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stres, terdapat hubungan dukungan suami dengan tingkat stres, terdapat hubungan pengalaman traumatik dengan tingkat stres, terdapat hubungan tingkat kesiapan personal dengan tingkat stres dan terdapat hubungan tingkat aktivitas dengan tingkat stres.

References

Afrino, R., & Janah, R. (2019). Analisa Stressor Pada Ibu Hamil Primipara Terhadap Proses Persalinan. REAL in Nursing Journal, 2 (3), 86-98.

Afrino, R., & Janah, R. (2019). Anlisa Stressor Pada Ibu Hamil Primipara Terhadap Proses Persalinan . REAL in Nursing Journal, 2 (3), 86-98.

Agustina, S., Sarwinanti, M. K, & Mat, S. K. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Ibu Pre Operasi Sectio Caesarea di RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Amalia, T. (2009, Januari 2022 Senin). www.titianamalia.wordpress.com. Diambil kembali dari Tiitian Amalia: https://titianamalia.wordpress.com

Amini, A., Pamungkas, C. E, & Harahap, A. P. H. P. (2018). Usia Ibu dan Paritas sebagai Faktor Resiko yang Mempengaruhi Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ampenan. Midwifery Journal : Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 3(2), 108-113.

Anggraini, H. N., & Werdani, K. E. (2017). Hubungan Antara Dukungan Suami, Paritas, dan Keikutsertaan KP-Ibu dengan Kejadian Baby Blues Pada Ibu Pasca Melahirkan di Wilayah Kerja Puskesmas Pajang Kota Surakarta.

Astria, Y. (2009). Hubungan Karakteristik Ibu Hamil Trimester III dengan Stres dalam Menghadapi Persalinan di Poliklinik Lebidanan dan Kandungan RSUP Fatmawati. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Astria, Y. (2009). Hubungan Karakteristik Ibu Hamil Trimester III dengan Stres dalam Menghadapi Persalinan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSUP Fatmawati. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Astuti, R. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Primigravida Trimester III di Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. STIKes Jendral A. Yani Yogyakarta.

Hidayat, S. (2013). Kecemasan Ibu Hamil dalam Menghadapi Proses Persalinan. Wiraraja Medika : Jurnal Kesehatan, 3 (2), 67-72.

Hilmi, H., & Kirnantoro, K. (2014). Gambaran Tingkat Stress pada Lansia yang Menderita Hipertensi di Gandu Sendang Tirto Berbah Sleman Yogyakarta.

Istikhomah, H., & Suryani, E. (2014). Hubungan Antara Pendampingan Suami pada Kunjungan ANC dengan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester III di BPM Wayan Witri Maguwoharjo Sleman. Jurnal Kebidanan Indonesia, 5 (2).

Izzah, N. K., Lee., J, Jayakodi, M, Perumal, S, Jin, M, & Park, B. S. (2014). Transcriptome Sequencing of Two Parental Lines of Cabbage (Brassica Oleracea L. var. capitata L) and Construction of an EST-Based Genetic Map. BMC Genomics. BMC Genomics, 15(1), 1-13.

Janiwarty, B., & Pieter, H. Z. (2013). Pendidikan Psikologi untuk Bidan Suatu Teori dan Terapannya. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Kartini, & Kartono. (2010). Psikologi Wanita Jilid 2. Bandung: Bandar Maju.

Kusmiyati, Y. (2009). Buku Perawatan Ibu Hamil. Yogyakarta: Fitramaya.

Manuaba, I. A. (2009). Memahami Kesehatan Reproduksi. EGC.

Masruroh, N. (2015). Pengaruh Kecemasan Ibu terhadap Proses Persalinan Kala 1 Fase Aktif di BPS Atik Suharijati Surabaya. Journal of Health Sciences , 8(2).

Melati, R., & Raudatussalamah, R. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Suami dengan Motivasi dalam Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan . Jurnal Psikologi , 8(2), 111-118.

Mumpuni, Y., & Wulandari, A. (2010). Cara Jitu Mengatasi Stres. Yogyakarta: ANDI.

Musta'adah, I. F. (2019). Background Fakctor yang Mempengaruhi Ibu Hamil dalam Pengambilan Keputusan Rujukan Melalui Personal Faktor Social Cognitive Theory di Wilayah Kerja Puskesmas Sidotopo Wetan KOta Surabaya. Universitas Airlangga.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prabandi, D. (2009). Hubungan Dukungan Suami dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Menopouse di Perumahan Griya Cipta Laras Wonogiri. Universitas Sebelas Maret.

Rahayu, F. T., & Feriani, P. (2020). Hubungan Kepribadian dengan Tingkat Depresi Ibu Postpartum di Puskesmas Trauma Center Samarinda. Borneo Student Research 9BSR), 2(1), 256-261.

Rahmi, L. (2010). Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Dukungan Suami, dan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Persalinan Pada Ibu Primigravida Trimester III di Poliklinik Kebidanan RSUP dr. M. Djamil Padang. Fakultas Keperawatan.

Rika, V. N., & Aryanti, L. (2014). Pengaruh Massage Efflurage Terhadap Nyeri Persalinan Pada Ibu Inpartu Kala I Fase Aktif di Rumah Sakit Ibu dan Anak Sinta Bandar Lampung. Holistik Jurnal Kesehatan, 8 (4).

Safitri, Y. (2018). Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Primigravida dalam Menghadapi Proses Persalinan di RSU Sundari Medan. Jurnal Kebidanan Flora, 11 (1), 28-34.

Sambara, I., Muis, M, & Rahim, M. (2010). Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja Ibu Hamil di Puskesmas Batua Kota Makassar. Januari.

Stanley, & Beare. (2007). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC.

Sulistiyaningsih, S. H., Kasanah, U, & Sholikah, S. (2019). Hubungan Dukungan Suami dengan Perilaku Penerimaan Diri Wanita Hamil Usia Dini dalam Menghadapi Kehamilan. Proceeding of The URECOL, 819-824.

Sulistyawati, A. (2010). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Ibu Bersalin. Jakarta: Salemba Medika.

Susanti, N. N. (2008). Psikologi Kehamilan. EGC.

Townsend, M. C. (2014). Essentials of Psychiatric Mental Health Nursing. Concepts of Care in Evidence-based practice. Sixth Edition. Philadelphia: F. A. Davis Company.

Varcarolis, A., & Halter, J. M. (2010). Foundation of Psychiatric Mental Health Nursing : A Clinical Approach Edition 6. Canada: Saunders Elsevier.

Zamriati, W. O., Hutagaol, E, & Wowiling, F. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kecemasan ibu Hamil Menjelang Persalinan di Poli KIA PKM Tuminting. Jurnal Keperawatan, 1 (1).

Zuhrotunida, Z., & Yudiharto, A. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Ibu Hamil Menghadapi Proses Persalinan di Puskesmas Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Jurnal JKFT, 2(2), 60-10.

Downloads

Published

03/25/2023

How to Cite

Yazia, V., & Suryani, U. (2023). Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Ibu Hamil dalam Menghadapi Persalinan. Jurnal Keperawatan, 15(2), 499–516. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.851