Hubungan Status Gizi dan Motivasi dengan Prestasi Belajar pada Anak Usia Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.15Keywords:
anak usia sekolah, prestasi belajar, status giziAbstract
Angka prestasi belajar anak usia sekolah masih sangat rendah dan memprihatinkan yaitu di Indonesia berada diranking 69 tingkat dunia. Sehingga hal ini menyebabkan siswa sulit mendapatkan peringkat kelas dan sulit mendapatkan sekolah unggulan selanjutnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah status gizi, motivasi, dan sarana prasarana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan prestasi belajar pada anak uisa sekolah di SDN 16 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V di SDN 16 Surau Gadang berjumlah 107 orang. Jumlah sampel 52 orang dengan teknik pengambilan sampel Propotional simple random sampling. Penelitian dimulai dari bulan Oktober 2020 – Juni 2021, dengan waktu pengumpulan data pada tanggal 12-14 Mei 2021. Instrumen penelitian menggunakan nilai rapor, timbangan badan GEA, mikrotoice dan kuesioner. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan komputerisasi dengan uji chi square. Hasil univariat menunjukkan 53,8% siswa memiliki prestasi yang buruk, 40,4% siswa memiliki status gizi kurus, 55,8% siswa memiliki motivasi rendah. Hasil bivariat didapatkan ada hubungan status gizi dengan p value = 0,000, motivasi dengan p value = 0,030.
References
Alimul Hidayat, Aziz. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisi Data. Jakarta: Salemba Medika
Almatsier, Sunita. (2002). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Anna, dkk. (2014). Hubungan Status gizi dengan Prestasi Belajar Pada Anak Kelas V SDN 01 Kadilanggon Wedi Klaten. diakses pada 15 Mei 2016
Azwar, Syaifuddin. (2006). Penyusunan Skala Psikologis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fitriana. (2013). Hubungan Prestasi Belajar Dan Minat Siswa Dengan Dukungan Keluarga di MIN 56 Wonogiri. Diakses pada 15 Mei 2016
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Hurlock, E, B. (2005). Psikologi Perkembangan. Edisi 5. Jakarta: Erlangga
Iip. (2008). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IV di SDN 01 Yogyakarta. diakses pada 15 Mei 2016
Iis. (2008). Hubungan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN Pademangan Timur 05 Pagi Jakarta Utara. diakses pada 21 Novembet 2015
Irianto kus, Kusno Waluyo. (2007). Gizi dan Pola Hidup Sehat. Bandung : Yrama Widya
Keliat, Budi Anna. 2011. Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas. Jakarta : EGC
Nanik. (2014). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus Wonoerto Turi Sleman. diakses pada 27 November 2015
Nike. (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 47 Korong Gadang Kec. Kuranji Kota Padang. diakses pada 15 November 2015.
Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperwatan. Jakarta: Salemba Medika
Proverawati, Atikah & Kusumawati, Erna. (2009). Ilmu Gizi Untuk Keperawatan & Gizi Kesehatan. Yogyakarta : Muha Medika.
Ridwan. (2008). Psikologi Belajar.Jakarta : EGC
S1 Keperawatan. (2015). Buku Pedoman Penulisan Skripsi. STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang. Padang : Sumatera Barat
Sadirman, A, M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Siska. (2009). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tindakan Sarapan dengan Status Gizi dan Indeks Prestasi Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri No. 101835 Bingkawan Kecamatan Sibolangit. diakses pada 27 november 2015
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sri Minatun. (2011). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V MI Negeri 02 Cempaka Putih Ciputat Timur. diakses pada 24 novemebr 2015
Sri Susanti, dkk. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. diakses pada 13 Juni 2016
Sunaryo. (2005). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC
Supariasa, dkk. (2006). Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC.
Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada
Syah, Muhibbin. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada
Waode. (2011). Hubungan Antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. diakses pada 27 November 2015
Widayatun, Tri Rusmi. (2009). Ilmu Perilaku. Jakarta: Sagung Seto
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.