Hubungan Status Gizi dan Motivasi dengan Prestasi Belajar pada Anak Usia Sekolah

Authors

  • Velga Yazia Program Studi S1 keperawatan, STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Ulfa Suryani Program Studi S1 keperawatan, STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.15

Keywords:

anak usia sekolah, prestasi belajar, status gizi

Abstract

Angka prestasi belajar anak usia sekolah masih sangat rendah dan memprihatinkan yaitu di Indonesia berada diranking 69 tingkat dunia. Sehingga hal ini menyebabkan siswa sulit mendapatkan peringkat kelas dan sulit mendapatkan sekolah unggulan selanjutnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah status gizi, motivasi, dan sarana prasarana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan prestasi belajar pada anak uisa sekolah di SDN 16 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional  study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V di SDN 16 Surau Gadang berjumlah 107 orang. Jumlah sampel 52 orang dengan teknik pengambilan sampel Propotional simple random sampling. Penelitian dimulai dari bulan Oktober 2020 – Juni 2021, dengan waktu pengumpulan data pada tanggal 12-14 Mei 2021. Instrumen penelitian menggunakan nilai rapor, timbangan badan GEA, mikrotoice dan kuesioner. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan komputerisasi dengan uji chi square. Hasil univariat menunjukkan 53,8% siswa memiliki prestasi yang buruk, 40,4% siswa memiliki status gizi kurus, 55,8% siswa memiliki motivasi rendah. Hasil bivariat didapatkan ada hubungan status gizi dengan p value = 0,000, motivasi dengan p value = 0,030.

References

Alimul Hidayat, Aziz. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisi Data. Jakarta: Salemba Medika

Almatsier, Sunita. (2002). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Anna, dkk. (2014). Hubungan Status gizi dengan Prestasi Belajar Pada Anak Kelas V SDN 01 Kadilanggon Wedi Klaten. diakses pada 15 Mei 2016

Azwar, Syaifuddin. (2006). Penyusunan Skala Psikologis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fitriana. (2013). Hubungan Prestasi Belajar Dan Minat Siswa Dengan Dukungan Keluarga di MIN 56 Wonogiri. Diakses pada 15 Mei 2016

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hurlock, E, B. (2005). Psikologi Perkembangan. Edisi 5. Jakarta: Erlangga

Iip. (2008). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IV di SDN 01 Yogyakarta. diakses pada 15 Mei 2016

Iis. (2008). Hubungan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN Pademangan Timur 05 Pagi Jakarta Utara. diakses pada 21 Novembet 2015

Irianto kus, Kusno Waluyo. (2007). Gizi dan Pola Hidup Sehat. Bandung : Yrama Widya

Keliat, Budi Anna. 2011. Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas. Jakarta : EGC

Nanik. (2014). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus Wonoerto Turi Sleman. diakses pada 27 November 2015

Nike. (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 47 Korong Gadang Kec. Kuranji Kota Padang. diakses pada 15 November 2015.

Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperwatan. Jakarta: Salemba Medika

Proverawati, Atikah & Kusumawati, Erna. (2009). Ilmu Gizi Untuk Keperawatan & Gizi Kesehatan. Yogyakarta : Muha Medika.

Ridwan. (2008). Psikologi Belajar.Jakarta : EGC

S1 Keperawatan. (2015). Buku Pedoman Penulisan Skripsi. STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang. Padang : Sumatera Barat

Sadirman, A, M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Siska. (2009). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tindakan Sarapan dengan Status Gizi dan Indeks Prestasi Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri No. 101835 Bingkawan Kecamatan Sibolangit. diakses pada 27 november 2015

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sri Minatun. (2011). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V MI Negeri 02 Cempaka Putih Ciputat Timur. diakses pada 24 novemebr 2015

Sri Susanti, dkk. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. diakses pada 13 Juni 2016

Sunaryo. (2005). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC

Supariasa, dkk. (2006). Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC.

Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada

Syah, Muhibbin. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada

Waode. (2011). Hubungan Antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. diakses pada 27 November 2015

Widayatun, Tri Rusmi. (2009). Ilmu Perilaku. Jakarta: Sagung Seto

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Yazia, V. ., & Suryani, U. (2022). Hubungan Status Gizi dan Motivasi dengan Prestasi Belajar pada Anak Usia Sekolah . Jurnal Keperawatan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.15