Pengaruh Terapi Mewarnai terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi di Ruang Rawat Inap Anak

Authors

  • Velga Yazia STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Ulfa Suryani STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i4.2202

Keywords:

art therapy, kecemasan, terapi mewarnai, usia prasekolah dan hospitalisasi

Abstract

Salah satu dampak hospitalisasi pada anak usia prasekolah adalah cemas, yang dapat mengganggu proses penyembuhan. Salah satu cara yang diperlukan untuk mengurangi kecemasan adalah dengan Art Therapy dengan terapi mewarnai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi mewarnai sebagai terapi bermain terhadap kecemasan anak yang mengalami hospitalisasi di ruang rawat inap anak RSUD Rasidin Padang tahun 2023. Penelitian ini menggunakan desain pre experiment dengan pendekatan pre test - post test one group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling sebanyak 20 responden dengan menggunakan kuesioner kecemasan. Analisis data menggunakan uji Paired samples t test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terapi bermain mewarnai gambar terhadap kecemasan anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Rata-rata kecemasan pada anak usia prasekolah sebelum dilakukan terapi bermain sebesar 40.95 dan nilai rata-rata kecemasan pada anak usia pra sekolah setelah dilakukan terapi bermain sebesar 31,60. Uji statistik Paired samples t test menunjukkan p value <0,05 (p value 0,000). Berarti terdapat pengaruh terapi mewarnai terhadap kecemasan Pada Anak prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi di ruangan rawat inap anak RSUD Rasidin Padang. Disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi mewarnai terhadap kecemasan anak usia sekolah yang mengalami hosptalisasi diruangan rawat inap anak. Perlu dilakukan penelitian terkait terapi lain yang diperlukan untuk mengurangi kecemasan pada anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi sehingga penelitian lebih bervariasi.

References

Agustarika (2019). Pengaruh terapi thought stopping terhadap ansienas klien dengan gangguan fisik di RSUD Kabupaten Sorong. Tesis.

Apriliawati (2021). Pengaruh bibliografi terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah yang menjalani hospitalisasi di Rumah Sakit Islam Jakarta. Skripsi

Arikunto (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Barokah, A., Haryani, S. & Syamsul. (2019). Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perilaku kooperatif anak usia prasekolah selama hospitalisasi diRSUD Tugurejo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol 1no 2.

BPS Sumbar (2019). Badan Pusat Statistik Propinsi Sumatera Barat. Padang. Chandranita (2019). Buku ajar patologi obstetri, Jakarta: EGC

Efrita (2020). Pengaruh terapi bermain terhadap kecemasan anak usia prasekolah yang dirawat diruangan anak RSUP Dr. M.Djamil Padang. Skripsi. Padang: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Andalas

Finni. (2021). Pengaruh Terapi Bermain (Teknik Bercerita) Terhadap Dampak Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Irina E Rsup. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Community of Publishing In Nursing (COPING). Volume 9, Nomor 1, Februari 2021

Gusnadi. 2017. SOP Terapi Bermain Mewarnai Gambar. STIKES Ford De Kock Bukittinggi.

Hawari, Dadang. 2011. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta : FKUI

Hockenberry, J.M., & Wilson, D. (2019). Essentials of pediatric nursing. St.

Lousis: Mosby An Affilite of Elsevier inc.

Keliat, B.A. (2019). Modul model keperawatan profesional jiwa. Jakarta: EGC Kholisatun

Khodijah (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Efek Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah di Irna Anak RSUD Abdoel Moeloek Bandar Lampung. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Lampung.

Muafifah (2019). Pengaruh clay therapy terhadap kecemasan Akibat

hospitalisasi pada pasien anak Usia prasekolah di rsud banyumas. Skripsi.

Mardaningsih (2019). Hubungan antara dukungan keluarga dengan kecemasan pada anak usia toddler yang sedang di Rawat Inap di IRNA RSD Dr. Soebandi Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember

Mulyanti. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di Rsud Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. JURNAL BIMTAS Volume: 2, Nomor 1 FIKes-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Muscari (2019). Advanced pediatric clinical assessment : skill and procedur.

Philadelphia : lippincott.

Mulyono (2010). Pendidikan bagi anak yang berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmojo (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Potter & Harry (2005) Buku Ajar Fundamental Keperawatan : konsep, proses, dan praktik Edisi 4 (Ahli bahasa : Renata komalasari,dkk.jakarta :EGC

Purwati (2017). Pengaruh pemberian terapi bermain terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah selama hospitalisasi di RSUD Kota Madiun. Skripsi. Jawa Timur: Fakultas Ilmu Keperawatan Program S1 Keperawatan Universitas Airlangga.

Sundari. (2019). Pengaruh Terapi Bermain dalam Menurunkan Kecemasan Pada Anak Sebagai Dampak Hospitalisasi di RSUD Ambarawa. Indonesian Journal of Midwivery (IJM)

Supartini (2020). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak, EGC, Jakarta

Widya (2017). Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah 4-5 Tahun yang di Rawat di RSU Sari Mutiara medan. Medan : Fakultas Ilmu Keperawatan Program Studi S1 Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Walley & Wong (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Edisi 2 Jakarta : EGC

Wong (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatric, Volume 1 & 2, Edisi 6. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

02/26/2024

How to Cite

Yazia, V., & Suryani, U. . (2024). Pengaruh Terapi Mewarnai terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi di Ruang Rawat Inap Anak. Jurnal Keperawatan, 16(4), 1381–1392. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i4.2202