Studi Literature: Evaluasi Pelayanan Kesehatan Jiwa di Rumah Sakit Khusus Jiwa
Keywords:
evaluasi, mutu, pelayanan kesehatan, rumah sakitAbstract
Kualitas dan mutu pelayanan kesehatan yang terbaik merupakan salah satu fokus utama masyarakat. Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik sejalan dengan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, yang terselenggara sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan bagi setiap masyarakat dan pasien. Evaluasi pada pelayanan kesehatan digunakan untuk membantu menilai seberapa baik sesuatu itu bekerja sehingga dapat menginformasikan keputusan tentang keefektifan layanan dan perubahan apa yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan pemberian layanan serta meninjau secara ketat semua aspek pelayanan dari berbagai perspektif. Penulisan artikel review ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan kesehatan Jiwa di Rumah Sakit khusus jiwa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu literature review. Pencarian artikel dilakukan melalui Google Scholar , pubmed, science direct dengan kata kunci “Pelayanan Kesehatan Jiwa”, “rumah sakit”, dan “Indonesia”. Total temuan artikel 537, namun hanya 11 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Berdasarkan 11 artikel yang dianalisis terlihat bahwa beberapa indicator pencapaian mutu pelayanan kesehatan jiwa yang mengalami perbedaan yang signifikan dari standar yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan adanya keluhan pelayanan. Proses dalam pemberian pelayanan kesehatan selayaknya aman, berkualitas, memenuhi persepsi yang baik dari pasien dan keluarga serta diberikan secara efisien dan efektif sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan secara menyeluruh. Dengan melakukan evaluasi pelayanan kesehatan dapat membantu menilai seberapa baik sesuatu itu bekerja sehingga dapat menginformasikan keputusan tentang keefektifan layanan dan perubahan apa yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan pemberian layanan serta meninjau secara ketat semua aspek pelayanan dari berbagai perspektif.
References
Adhi, S. N., & Ningsih, K. P. (2020). Manajemen Data Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.-31983/jrmik.v3i2.6288
Almoshawah, S. A. (2010). An Evaluation of Psychiatrist View Towards the Mental Health Services in Saudi Arabia. Journal of Taibah University Medical Sciences, 5(1), 36–48. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S1658-3612(10)70122-0
Altinoga, G. P. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Jiwa Di Puskesmas Kecamatan Polokarto [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/82875/
Beere, D., Page, I. S., Diminic, S., & Harris, M. (2019). A mixed methods evaluation of an integrated adult mental health service model. BMC Health Services Research, 19(1), 691. https://doi.org/10.1186/s12913-019-4501-7
Berenzon Gorn, S., Saavedra Solano, N., Medina-Mora Icaza, M. E., Aparicio Basaurí, V., & Galván Reyes, J. (2013). Evaluation of the mental health system in Mexico: where is it headed? Revista panamericana de salud publica = Pan American journal of public health, 33(4), 252–258. https://doi.org/10.1590/s1020-49892013000400003
Busse, R., Panteli, D., & Quentin, W. (2019). An introduction to healthcare quality: defining and explaining its role in health systems (R. Busse, N. Klazinga, D. Panteli, & W. Quentin (eds.)). European Observatory on Health Systems and Policies. https://www.ncbi.nlm.nih.-gov/books/NBK549277/
Ernanto, L. T. (2018). Evaluasi Kualitas Pelayanan Jiwa di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang. Jurnal Mahasiwa Administrasi Negara, 2(2). http://jom.untidar.ac.id/index.php/jman/article/view/336
Gotlib, D., Saragoza, P., Segal, S., Goodman, L., & Schwartz, V. (2019). Evaluation and Management of Mental Health Disability in Post-secondary Students. Current Psychiatry Reports, 21(6), 43. https://doi.org/10.1007/s11920-019-1024-1
Haj, H. I. El, Lamrini, M., & Rais, N. (2013). Quality Of Care Between Donabedian Model And ISO9001V2008.https://www.semanticscholar.org/paper/QUALITY-OF-CARE-BETWEEN-DONABEDIAN-MODEL-AND-Haj-Lamrini/89231c4313871606c1a-a73b92cf3529d2-5fd8d6a
Hothasian, J. M., Suryawati, C., & Fatmasari, E. Y. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Upaya Kesehatan Jiwa di Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Undip, 7(1), 75–83. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/22848
Huber, D. L. (2010). Leadership and Nursing Care Management (fourth). Saunders Elsevier.
Islami, Dian, M., & Kuntjoro, T. (2008). Evaluasi pelaksanaan Program Kesehatan Jiwa Masyarakat oleh Puskesmas di Kabupaten Aceh Besar [Universitas Gajah Mada]. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/37123
KARS. (2018). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1. https://doi.org/10.-15713/ins.mmj.3
Montgomery, L., Wilson, G., Houston, S., Davidson, G., & Harper, C. (2019). An evaluation of mental health service provision in Northern Ireland. Health & Social Care in the Community, 27(1), 105–114. https://doi.org/10.1111/hsc.12627
Moore, L., Lavoie, A., Bourgeois, G., & Lapointe, J. (2015). Donabedian’s structure-process-outcome quality of care model: Validation in an integrated trauma system. The Journal of Trauma and Acute Care Surgery, 78(6), 1168–1175. https://doi.org/10.-1097-/TA.-0000000000000663
Moule, P., Armoogum, J., Douglass, E., & Taylor, D. J. (2017). Evaluation and its importance for nursing practice. Nursing Standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987), 31(35), 55–63. https://doi.org/10.7748/ns.2017.e10782
Ningsih, kori puspita. (2020). Pengembangan Pelaporan Standar Pelayanan Minimal Gawat Darurat Berbasis Web. Jurnal Kesehatan Vokasional; Vol 4, No 4 (2019): NovemberDO - 10.22146/Jkesvo.49165. https://jurnal.ugm.ac.id/jkesvo/article/view/49165
Onyett, S., Rees, A., Borrill, C., Shapiro, D., & Boldison, S. (2009). The evaluation of a local whole systems intervention for improved team working and leadership in mental health services. Innovation Journal, 14(1), 1–18. http://e-resources.perpusnas.go.-id:20-48/login-?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ent&AN=37167853&site=ehost-live
Permenkes. (2008). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Purnomo, M. (2016). Pencapaian Standar Pelayanan Gawat Darurat di RSU Habibullah Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Tahun 2014. The 3rd Univesity Research Colloquium (URECOL) 2016. https://publikasiilmiah.-ums.ac.id/handle/-11617/6746
Putri, R. N., Idris, H., & Fajar, N. A. (2020). Evaluasi Pelayanan Kesehatan Jiwa Berbasis Komunitas di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3). https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1087
Rocha, H. A. da, Santos, A. de F. Dos, Reis, I. A., Santos, M. A. da C., & Cherchiglia, M. L. (2018). Mental health in primary care: an evaluation using the Item Response Theory. Revista de saude publica, 52, 17. https://doi.org/10.11606/s1518-8787.2018052000051
Samartzis, L., & Talias, M. A. (2019). Assessing and Improving the Quality in Mental Health Services. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(1). https://doi.org/10.3390/ijerph17010249
Sitorus, P. (2011). Manajemen Keperawatan: manajemen Keperawatan di Ruang Rawat Inap. Sagung Seto.
WHO. (2018a). Delivering Quality Health Service A Global Imperative for Universal Health Coverage. In World Health Organization. World Health Organization. http://apps-.who.int/iris/bitstream/handle/10665/272465/9789241513906-eng.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.