Pengaruh Pendidikan Kesehatan Seksualitas tentang (Underwearrules) terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah

Authors

  • Tri Nurminingsih Hatala Akademi Keperawatan Rumkit Tk. II dr. J. A. Latumeten
  • Fathimah Kelrey Akademi Keperawatan Rumkit Tk. II dr. J. A. Latumeten
  • Tommy Pangandaheng Akademi Keperawatan Rumkit Tk. II dr. J. A. Latumeten
  • Hani Tuasikal Akademi Keperawatan Rumkit Tk. II dr. J. A. Latumeten

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14iS1.21

Keywords:

anak usia prasekolah, pendidikan kesehatan, pengetahuan, underwear rules

Abstract

Masa perkembangan seksual anak-anak dimulai sejak usia 0-5 tahun. Pada usia anak sudah harus mulai mengeal tentang masalah seksual. Pengetahuan seks yang keliru dapat menimbulkan persepsi yang keliru tentang alat kelamin hingga proses reproduksi. Pengetahuan yang baik tentang reproduksi akan meghindarkan dari penyimpangan perlakuan seksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak usia pra sekolah tentang kesehatan seksualitas underwear rulles. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode pre-experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre test post test. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Uji analsia menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai Z -4,955 dengan p-value 0,000 menunjuk-kan bahwa nilai ρ Value kurang dari α (0,05). Hasil ini menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan seksualitas (underwear rules) terhadap peningkatan pengetahuan anak prasekolah. Kesimpulan yang didapatkan bahwa dengan adanya pendidikan kesehatan seksual tentang underwear rulles anak usia prasekolah dapat  mengetahuinya dan mengerti tentang kesehatan seksual untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual.

References

Akbar, Z., & Mudzdaliffah, F. (2012). Program Pendidikan Seks Untuk Meningkatkan Pada Anak Usia Dini Zarina Akbar & Felianti Mudzdaliffah FIP Universitas Negeri Jakarta Sex Education Program For Self-Protection. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(XVI), 1–6.

Anisah Hasan, & Irwan. (2016). J urnal E quilibrium J urnal E quilibrium. Fenomena Plagiarisme Mahasiswa, IV(1), 1–10. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/70308-ID-fenomena-plagiarisme-mahasiswa.pdf

Bbc.com. (2020). Bagi kaum laki-laki, lebih baik kencing berdiri atau duduk? Retrieved January 25, 2022, from https://www.bbc.com/indonesia/majalah-51447716

Hudaya, I. N., Gantini, D., & Patimah, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi (Underwear Rules) Terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah. Teknologi Pendidikan EDUTECH, 18(3), 300–308.

Ivo Noviana. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya Child Sexual Abuse: Impact And Hendling. Sosio Informa, 1(1), 14. Retrieved from http://ejournal.kemsos.go.id/index.php/Sosioinforma/article/download/87/55

Jatmikowati, T. E., Angin, R., & Ernawati, E. (2015). a Model and Material of Sex Education for Early-Aged-Children. Cakrawala Pendidikan, No. 03, 434–448.

Jazariyah. (2017). Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 01–24. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.1.982

Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232.

Kelrey, F., Silale, K., Sarjana, P., Keperawatan, M., Yogyakarta, U. M., Lingkar, J., … Bantul, K. (2021). Media Edukasi Flashcard Dan Audio Visual Kesehatan Educational Media Flashcard And Audio Visual Reproductive Health In Intellectual Disabilities Children Pendahuluan Penyakit Corona Virus Disease-2019 (COVID-19 ) merupakan penyakit yang disebabkan oleh D, 9(4), 833–842.

KPPPA. (2018). Fakta Kekerasan terhadap anak di Indonesia - Survei Nasional Penglman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR). Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) Tahun 2018.

Lestari, R. H., Mudhawaroh, M., & Ratnawati, M. (2020). Intelligence Optimization in the Golden Age by Stimulating the Right-Brain in Mojokrapak Village, Tembelang District, Jombang Regency. Nucleus, 1(2), 58–61. https://doi.org/10.37010/nuc.v1i2.166

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Andalas University Pres (Vol. 1). Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33035/1/Istiqomah Aprilaz-FKIK.pdf

Maryamah, & Effendy, M. H. (2019). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di Ma Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Ghancaran : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–9.

Nashih, N. (2021). Kasus Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan di Ambon Naik. Retrieved January 25, 2022, from https://republika.co.id/berita/qxs9er320/kasus-kekerasan-terhadap-anak-dan-perempuan-di-ambon-naik

Nuraeni. (2018). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA “Prisma Sains,” 2(2), 143–153.

Nurmalia, I., Rahman, F., Nugroho, A., Neka, E., Nur, L., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Keseahtan (I). Surabaya: Airlangga University Press.

Nurmansyah, M. I., Al-Aufa, B., & Amran, Y. (2013). Peran Keluarga, Masyarakat dan Media sebagai Sumber Informasi Kesehatan Reproduksi pada Mahasiswa (Role of family, sociert and media as a source of information on reproductive health amongst university students). Jurnal Kesehatan Reproduksi, 3(1), 16–23.

Perempuan, K. (2021). Perempuan Dalam Himpitan Pandemi : Lonjakan Kekerasan Seksual,Kekerasan Siber,Perkawinan Anak,Dan Keterbatasan Penanganan Ditengah Covid-19. Journal of Chemical Informatfile:///Users/Ghinahana/Downloads/10964-27747-1-PB.Pdfion and Modeling, 138(9), 1689–1699.

Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa [ Measuring Students ’ Curiosity ]. A Journal of Language, Literature, Culture and Education POLYGLOT, 14(2), 151–164.

Rahma, M. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Seksualitas The Relation Between Sexuality Knowledge And Sexual Behavior Jurnal Bidan 30lgzlih -Rxuqdo ´ Volume 5 No . 01 , Jan 2018 pISSN 2477-3441 eISSN 2477-345X. Jurnal Bidan “Midwife Journal,” 5(01), 17–25.

Saputra, M. T. (2019). Teori perkembangan psikoseksual sigmund freud dan psikososial erik h. Erikson. Jakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/343473569_Teori_Perkembangan_Psikoseksual_Sigmund_Freud_Dan_Psikososial_Erik_H_Erikson/link/5f2bd100458515b72906b09d/download

Situmorang, P. R. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Anak Usia Prasekolah dalam Mencegah Kekerasan Seksual. Jurnal Masohi, 01(02), 82–88.

Tiffany. (2020). Tahap Perkembangan Anak Usia Dini. Retrieved January 25, 2022, from https://dosenpsikologi.com/perkembangan-kognitif-anak-usia-dini#:~:text=Karakteristik perkembangan kognitif anak usia 4 – 6 tahun,atau kalimat yang belum terisi.&text=Dapat mencocokkan hingga sebelas warna.,-Berusaha membaca dengan

Yugistyowati, A., & Haryani, K. (2014). Peran Orang Tua dan Sumber Informasi dalam Pendidikan Seks dengan Perilaku Seksual Remaja pada Masa Pubertas di SMAN 1 Turi Role of Parents and Information Resources in Sex Education with. Journal Ners ANd Midwifery Indonesia, 2(3), 112–116.

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Hatala, T. N., Kelrey, F., Pangandaheng, T., & Tuasikal, H. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Seksualitas tentang (Underwearrules) terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 65–72. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14iS1.21