Analisa Kandungan Formalin pada Ikan Teri Asin dengan Metode Kualitatif di Pasar X Tangerang

Authors

  • Iyan Hardiana STIKes Buleleng
  • Ivans Panduwiguna STIKes Buleleng
  • Maryadih Maryadih Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • Jerry Jerry Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal

Keywords:

formalin, ikan teri asin, kualitatif

Abstract

Formalin adalah bahan kimia yang berbentuk cair yang digunakan untuk mengawetkan biasa digunakan untuk mengawetkan mayat, bahan kimia industri, dan kosmetik. Tetapi banyak disalah gunakan untuk bahan tambahan makanan, seperti digunakan untuk mengawetkan ikan teri asin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah didalam ikan teri di pasar X tangerang terdapat kandungan formalin menggunakan metode kualitatif. Dilakukan observasi selama satu bulan dengan mengambil sampel setiap minggu dibeberapa pedagang ikan teri asin serta ciri fisik pada ikan teri asin dan pengujian di laboratorium dengan cara melakukan destilasi, timbang 5gram ikan teri asin, menggunakan reagen asam salisilat, reagen tollens, KMnO 4+ H2SO4 kemudian dimasukan kedalam labu destilasi dan tambahkan asam fosfat 10%, ditambahkan aquadest 100 ml kemudian destilasikan dan data di analisis menggunakan MS. Excel. hasil penelitian yaitu sampel ikan teri asin negatif kandungan formalin 9 sampel dan positif 1 sampel yaitu sampel nomor 9.

References

Ernawati, A., Dina, Pangestuti, R., Widajanti, L., Fakultas, M., Masyarakat, K., Diponegoro, U., Bagian, D., Kesehatan, G., & Fakultas, M. (2017). Efektivitas Perendaman Air Hangat Dan Air Garam Terhadap Penurunan Kadar Formalin Ikan Teri Asin di Tingkat Pedagang Pasar Kota Semarang (Vol. 5). http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Hastuti, S. (2010). Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Formaldehid Pada Ikan Asin di Madura. Agrointek, 4(2), 132–137.

Irawan, I. N. A. S., & Ani, L. S. (2016). Prevalensi Kandungan Rhodamin B, Formalin, dan Boraks Pada Jajanan Kantin Serta Gambaran Pengetahuan Pedagang Kantin di Sekolah Dasar kecamatan Susut Kabupaten Bangli. E-Jurnal Medika, 5(11), 1–6.

Madonsa, R., Datu, O. S., Ginting, A. R., Tumbel, S. L., & Tombuku, J. L. (2019). Identifikasi Formalin Pada Ikan Teri Kering Yang Beredar Di Pasar Tradisional Girian Dan Winenet Di Kota Bitung. Jurnal Biofarmasetikal Tropis, 2(2), 75–79.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 Tentang Bahan Tambahan Pangan, Menteri Kesehatan Republik Indonesia 1 (2012).

Niswah, C., Pane, E. R., & Resanti, M. (2016). Uji Kandungan Formalin Pada Ikan Asin di Pasar KM 5 Palembang. Jurnal Bioilmi, 2(2), 121–128.

Rambe, P., Maarisit, W., Tombuku, J., & Paat, V. (n.d.). Identifikasi Kandungan Formalin Pada Ikan Teri (Stolephorus indicus) Di Pasar Tradisional Amurang. In Jurnal Biofarmasetikal Tropis (Vol. 2022, Issue 1).

Wijayanti, N. S., & Lukitasari, M. (2016). Analisis Kandungan Formalin dan Uji Organoleptik Ikan Asin yang Beredar di Pasar Besar Madiun (Vol. 3, Issue 1).

World Health Organization. (2001). Chapter 5.8 Formaldehyde General description (pp. 1–25).

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Hardiana, I. ., Panduwiguna, I., Maryadih, M., & Jerry, J. (2023). Analisa Kandungan Formalin pada Ikan Teri Asin dengan Metode Kualitatif di Pasar X Tangerang. Jurnal Farmasetis, 12(1), 101–106. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/far/article/view/796

Most read articles by the same author(s)