Studi Etnobotani Tanaman Jahe (Zingiberaceae Officinale Roscoe.) sebagai Pengobatan Tradisonal

Authors

  • Supriani Supriani STIKES Serulingmas Cilacap
  • Muhamad Fauzi Ramadhan STIKES Serulingmas Cilacap
  • Risa Putri Aminah STIKES Serulingmas Cilacap
  • Lutfiyatul Marfu’ah STIKES Serulingmas Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.32583/far.v12i4.1823

Keywords:

etnobotani, jahe, pengobatan, tumbuhan obat

Abstract

Etnobotani adalah jenis penelitian ilmiah murni yang mengunakan pengetahuan tradisional untuk meningkatkan kualitas hidup, tidak hanya bagi manusia tetapi juga lingkungan. Tumbuhan obat adalah tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit berdasarkan pengalaman dengan bagian-bagian tumbuhan yang dapat digunakan diantara lain, akar, daun, bunga, buah dan biji. Jahe di Indonesia sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak zaman nenek moyang. Jahe merupakan salah satu komoditas tanaman biofarmaka yang memiliki kontribusi besar terhadap produksi hortikultura di Indonesia. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan cara penggunaan tanaman jahe dalam pengobatan di Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  secara kualitatif dan kuantitatif dengan populasi sampel sebanyak 97 sampel. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis jahe yang paling banyak digunakan masyarakat Desa Bulupayung adalah jahe emprit dengan jumlah responden sebanyak 52, bagian yang digunakan adalah bagian rimpang, diperoleh dengan cara membeli, diolah dengan diiris kemudian diseduh dengan khasiat obat batuk dan obat sakit tenggorokan.

References

Astria, Budhi, S., & Sisillia, L. (2011). Kajian Etnobotani Tumbuhan Obat Pada masyarakat Dusun Semoncol Kecamatan Balai Kabupaten Sanggau. 1–9.

Dwi Setyawan, A. (2002). Keragaman Varietas Jahe (Zingiber officinale Rosc.) berdasarkan Kandungan Kimia Minyak Atsiri Variation on ginger (Zingiber officinale Rosc.) varieties based on chemical constituent of volatile oils. BioSmart, 4, 48–54.

Fathir, A., Haikal, M., & Wahyudi, D. (2021). Ethnobotanical study of medicinal plants used for maintaining stamina in madura ethnic, East Java, Indonesia. Biodiversitas, 22(1), 386–392. https://doi.org/10.13057/biodiv/d220147

Tapundu, A. S., Anam, S., & Pitopang, R. (2015). Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Pada Suku Seko Di Desa Tanah Harapan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Jurnal Biocelebes, 9(2), 66–86.

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Supriani, S., Ramadhan, M. F. ., Aminah, R. P., & Marfu’ah, L. . (2023). Studi Etnobotani Tanaman Jahe (Zingiberaceae Officinale Roscoe.) sebagai Pengobatan Tradisonal . Jurnal Farmasetis, 12(4), 485–490. https://doi.org/10.32583/far.v12i4.1823