Pengembangan Readiness for Interprofessional Learning Scale (RIPLS) Pada Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan

Authors

  • Herni Sulastien Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Syahrul Syahrul Fakultas Keperawatan, Universitas Hasanuddin
  • Kusrini Kadar Fakultas Keperawatan, Universitas Hasanuddin

Keywords:

interprofessional, kesiapan, KKN, profesi kesehatan

Abstract

Instrumen Readiness for Interprofessional Learning Scale (RIPLS) merupakan tools untuk mengukur kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran interprofessional pada KKN Profesi Kesehatan. Tujuan untuk menghasilkan RIPLS dalam versi bahasa Indonesia dan dimodifikasi untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan IPEC pada KKN profesi. Skala yang dimodifikasi diuji dengan menggunakan validitas konstruk (teknik kelompok yang diketahui) reliabilitas tes-retes dan internal consistency. Penelitian ini melibatkan lima orang ahli, 85 mahasiswa yang melakukan KKN Profesi Kesehatan dan 38 mahasiswa yang belum melakukan KN Profesi Kesehatan. Skala ini terdiri dari 4 subskala. Teknik validitas konstruk kelompok yang diketahui menemukan perbedaan skor yang signifikan dari mean 3.29 vs 3.82 p<0,001). Uji-ulang (r-value) berada pada kisaran 0,83-1,00 (p<0,001), dan konsistensi internal berada pada kisaran 0,49-0,85 dari Cronbach. RIPLS yang dimodifikasi dengan 4 subskala ini merupakan skala yang valid dan reliabel untuk mengevaluasi sikap terhadap tim layanan antarprofesional dalam studi kerja lapangan mahasiswa kesehatan.

References

Barr, H., Ford, J., Gray, R., Helme, M., Hutchings, M., Low, H., Machin, A., & Reeves, S. (2017). Interprofessional Education Guidelines. https://www.caipe.org/about-us

Bolarinwa, O. A. (2015). Principles and Methods of Validity and Reliability Testing of Questionnaires Used in Social and Health Science Researches. 195–201. https://doi.org/10.4103/1117-1936.173959

Curran, V. R., Sharpe, D., & Forristall, J. (2007). ATHCT: Attitudes Toward Health Care Teams Scale. https://nexusipe.org/informing/resource-center/athct-attitudes-toward-health-care-teams-scale

Curran, V. R., Sharpe, D., Masp, J. F., & Masp, K. F. (2008). Attitudes of health sciences students towards interprofessional teamwork and education. 146–156.

Fawcett, J., & Garity, J. (2009). Evaluating Research for Evidence-Based Nursing Practice. Davis Company.

Hayashi, T., Shinozaki, H., Makino, T., Ogawara, H., Asakawa, Y., Iwasaki, K., Matsuda, T., Abe, Y., Tozato, F., Koizumi, M., Yasukawa, T., Lee, B., Hayashi, K., & Watanabe, H. (2012). Changes in attitudes toward interprofessional health care teams and education in the first- and third-year undergraduate students. June 2011, 100–107. https://doi.org/10.3109/13561820.2011.644355

Kim, K., & Ko, J. (2014). scale : a confirmatory factor analysis. 1820(2), 149–154. https://doi.org/10.3109/13561820.2013.857645

Kirkpatrick, D., & Kirkpatrick, J. (2006). Evaluating Training Programs (Third). Berrett-Koehier Publishers, Inc.

Maharajan, M. K., Rajiah, K., Khoo, S. P., Chellappan, K., Alwis, R. De, Chui, H. C., Tan, L. L., & Tan, Y. N. (2017). Attitudes and Readiness of Students of Healthcare Professions towards Interprofessional Learning. 2–13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0168863

Parsian, N. (2009). Developing and Validating a Questionnaire to Measure Spirituality : A Psychometric Process. 1(1), 2–11.

Sulastien, H., Syahrul, S., & Kadar, K. (2021). Psychometric testing of the Modified Attitudes Toward Health Care Teams Scale to evaluate the outcome of interprofessional education in a fieldwork study among health professional student ଝ. Enfermería Clínica, 31, S663–S667. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2021.07.014

Thistlethwaite, J., Kumar, K., Moran, M., Saunders, R., & Carr, S. (2014). An exploratory review of pre-qualification interprofessional education evaluations. 1820, 1–6. https://doi.org/10.3109/13561820.2014.985292

Thompson, B. M., Bratzler, D. W., Fisher, M. J., Torres, A., Sparks, R. A., Thompson, B. M., Bratzler, D. W., Fisher, M. J., & Torres, A. (2016). Working together : Using a unique approach to evaluate an interactive and clinic-based longitudinal interprofessional education experience with 13 professions. Journal of Interprofessional Care, 30(6), 754–761. https://doi.org/10.1080/13561820.2016.1227962

Trochim, W. M. (2002). What is the Research Methods Knowledge Base ? Using the KB in a Course About the Author.

Tyastuti, D., Onishi, H., Ekayanti, F., & Kitamura, K. (2012). Psychometric item analysis and validation of the Indonesian version of the Readiness for Interprofessional Learning Scale ( RIPLS ). 1820, 1–7. https://doi.org/10.3109/13561820.2014.907778

Zakiyyatul, F. D., Sunartini, H., & Sedyowinarso, M. (2014). Kesiapan Mahasiswa untuk Belajar Kerjasama Interprofesi dalam Perawatan Antenatal.

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Sulastien, H., Syahrul, S., & Kadar, K. (2022). Pengembangan Readiness for Interprofessional Learning Scale (RIPLS) Pada Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 313–320. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/382