Study Literature tentang Dampak Pendidikan Keamanan Pangan terhadap Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar di Indonesia

Authors

  • Ahmad Azwinfadhlan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Anita Rahmiwati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Yuanita Windusari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Novrikasari Novrikasari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1974

Keywords:

edukasi keamanan pangan, rentan, sehat, usia sekolah dasar

Abstract

Kesehatan anak dan ketahanan pangan merupakan dua isu yang saling berkaitan yang akan berdampak signifikan bagi masyarakat ke depan. Kebutuhan akan pasokan makanan yang berkelanjutan, terutama kerentanan siswa sekolah dasar terhadap dampak perubahan pola makan dan lingkungan.Tujuannya adalah untuk menawarkan penjelasan menyeluruh, gambaran yang jelas, dan penjelasan mendalam tentang fakta, sifat, dan hubungan di antara fenomena yang sedang diselidiki. Informasi yang dikumpulkan dari literatur akan disusun dan didiskusikan secara metodis.Metode studi literatur artikel yang berguna dari 2015 hingga 2023 hanya sembilan dari dua puluh lima publikasi yang ditemukan digunakan dalam penelitian ini dengan kata kunci yang di cari yaitu “dampak pendidikan” “keamanan pangan”, “kesehatan anak sekolah dasar”.Sembilan literatur ditemukan untuk menguatkan temuan, yang menunjukkan bahwa sumbernya termasuk pendidikan keamanan pangan, dampak makanan terhadap kesehatan anak-anak, dan keterlibatan lingkungan dalam mempromosikan keamanan pangan.Sangat penting untuk menekankan pendidikan keamanan pangan di sekolah dasar dan bekerja untuk menciptakan dasar pengetahuan untuk gaya hidup sehat , Instruksi ini menciptakan perilaku sehat dalam persiapan, konsumsi, dan seleksi makanan selain memberikan pemahaman mendasar tentang keamanan pangan . Anak-anak yang memahami ide ini dengan lebih baik dapat mengidentifikasi dan menghindari makanan yang dapat merusak kesehatan mereka. Selain itu, menyadari keamanan pangan mengurangi kemungkinan penyakit dan masalah kesehatan lainnya yang dapat diakibatkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi.

References

Aimah, S., & Ulvie, Y. N. (2015). Peran Orang Tua Terhadap Optimalisasi Jajanan Sehat Pada Tumbuh Kembang Anak. University Research Coloquium, 577-584.

Amira, K. A., & Setyaningtas, S. W. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Sekolah Dasar Dalam Pemilihan Jajanan Sehat: Literature Review. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal), 130-138.

Arundhana, A. I., & Masnar, A. (2021). Obesitas Anak dan Remaja (Faktor Risiko, Pencegahan, dan Isu Terkini). Depok: CV. Edugizi Pratama Indonesia .

Daracantika, A., Ainin, & Besral. (2021). Systematic Literature Review: Pengaruh Negatif Stunting terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Bikfokes, 124-135.

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2012). How To Literature Review. Journal of Criminal Justice Education, 1-17.

Febrylian, A. D., & Setyadi, D. I. (2017). Perancangan Buku Digital Interaktif sebagai Upaya Edukasi Jajanan Aman untuk Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun. Jurnal Sains dan Seni, 83-88.

Handayani, I. P., & Hasrul. (2021). Analisis Kemitraan Guru Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMA. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1-12.

Hashifa, A. (2022). Tinjauan Kebiasaan Makan Jajanan Remaja Di Masa Pandemi. Tesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Yogyakarta.

Hermawati, B., Nugroho, E., Indarjo, S., Rahayu, F. D., Ramadhanty, H. A., & Mukti, F. A. (2020). Media Edukasi Untuk Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Berkaitan Dengan Keamanan Pangan Anak Usia Dini. Darussalam Nutrition Journal, 16-23.

Iklima, N. (2017). Gambaran Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan BSI, 8-17.

Intantiyana, M., Widajanti, L., & Rahfiludin, M. Z. (2018). Hubungan Citra Tubuh, Aktivitas Fisik Dan Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Putri Gizi Lebih Di Sma Negeri 9 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 404-412.

Mavidayanti, H., & Mardiana. (2016). Kebijakan Sekolah Dalam Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Health Education, 71-77.

Mawarni, E. E. (2017). Edukasi Gizi ”Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Sekolah”. Warta Pengabdian, 97-107.

Mayar, F., & Astuti, Y. (2021). Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusal, 9695-9704.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Njatrijani, R. (2021). Pengawasan Keamanan Pangan. Law, Development & Justice Review, 12-28.

Oktafa, H., Nurul K., R., & Retnowati, N. (2018). Perbaikan Produksi dan Edukasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di Lingkungan SDN Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, (pp. 112-116). Jember.

Puspitasari, A. F., & Wulandari, W. (2023). Gambaran Pengetahuan, Sikap Pedagang Jajanan Dan Penggunaan Rhodamin B Pada Makanan Jajanan Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Laweyan, Surakarta. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16446-16457.

Rahayu, W. P., Nurulfalah, S., & Fanaikc, R. (2015). Perubahan Sikap Keamanan Pangan Siswa Berdasarkan Persepsi Orang Tua dan Anak. Jurnal Mutu Pangan, 112-118.

Rahman, F. D. (2018). Pengaruh Pola Pemberian Makanan Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sumberjambe, Kasiyan, Dan Puskesmas Sumberbaru Kabupaten Jember). The Indonesian Journal of Health Science, 15-24.

Sholihah, H., & Zaenurrosyid, A. (2022). Pendidikan Karakter Anak Pasca Pandemi (Peningkatan Kualitas Edukasi Anak-Anak dalam Lingkungan Keluarga di Kecamatan Winong Kabupaten Pati, Jawa Tengah). Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, (pp. 1793-1804). Semarang.

Simanjuntak, A. H., & Erwinsyah, R. G. (2020). Kesejahteraan Petani Dan Ketahanan Pangan Pada Masa Pandemi Covid-19: Telaah Kritis Terhadap Rencana Megaproyek Lumbung Pangan Nasional Indonesia. Sosio Informa, 184-204.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Syafei, A. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial, Edukasi Pasien, Nutrition Literacy, Dan Efikasi Diri Terhadap Manajemen Perawatan Diri Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Tahun 2017. Tesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta.

Syam, A., Indriasari, R., & Ibnu, I. (2018). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Siswa terhadap Makanan Jajanan Sebelum dan Setelah Pemberian Edukasi Kartu Kwartet Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Makassar. JURNAL TEPAT: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyaraka, 127-136.

Widiyanto, A., Atmojo, J. T., & Darmayanti, A. T. (2019). Pengaruh Faktor Kerawanan Pangan Dan Lingkungan Terhadap Stunting. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, 61-65.

Yasmin, G., & Madanijah, S. (2010). Perilaku Penjaja Pangan Jajanan Anak Sekolah Terkait Gizi Dan Keamanan Pangan Di Jakarta Dan Sukabumi. Jurnal Gizi dan Pangan, 148-157.

Downloads

Published

12/17/2023

How to Cite

Azwinfadhlan, A. ., Rahmiwati, A. ., Windusari, Y. ., & Novrikasari, N. (2023). Study Literature tentang Dampak Pendidikan Keamanan Pangan terhadap Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Keperawatan, 15(4), 125–132. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1974

Most read articles by the same author(s)