Menurunkan Kecemasan Remaja dengan Terapi Modifikasi Relaksasi di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Siti Nur Hasina Departemen Keperawatan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Yumnah Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana
  • Livana PH Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal

Keywords:

kecemasan, remaja, terapi relaksasi

Abstract

COVID-19 merupakan wabah dunia yang berkembang menjadi pandemik global yang mengancam kesehatan fisik dan berdampak luas pada kesehatan mental dan  mempengaruhi semua kelompok usia khususnya remaja. Remaja mengalami kekhawatiran, ketakutan, dan kecemasan yang berlebih dengan terinfeksi COVID-19 dan aturan yang berlaku dalam masa pandemic ini.  penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi modifikasi relaksasi berupa  berpikir positif, expressive writing therapy, relaksasi dengan terapi musik, adaptasi kebiasaan baru dan selektif terhadap informasi terhadap tingkat kecemasan remaja pada masa pandemic COVID-19 Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental one group pre test- post test. Penelitian ini  dilakukan di Surabaya pada April- Juni 2021. Sampel penelitian ini sebanyak 103 partisipan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling.  Kuesioner penelitian ini menggunakan DASS (Depression Anxiety Stress Scales). Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji t paired. Hasil penelitian ini menunjukkan  tingkat kecemasan dengan uji t-paired didapatkan rata-rata kecemasan remaja 14.5 (kecemasan sedang) dengan SD 6.87 sebelum diberi terapi modifikasi relaksasi dan sesudah diberikan terapi modifikasi relaksasi didapatkan rata-rata tingkat kecemasan remaja 6.1 (kecemasan normal) dengan SD 2.78. Nilai signifikansi tingkat kecemasan pre dan post test didapatkan p value = 0.000 Penggunaan terapi modifikasi relaksasi  pada masa pandemic COVID-19 berupa berpikir positif, expressive writing therapy, relaksasi dengan terapi musik, adaptasi kebiasaan baru dan selektif terhadap informasi ini dapat menurunkan tingkat kecemasan remaja. Terapi modifikasi relaksasi ini terapi yang murah, efisien, efektif dan tidak ada efek samping apapun sehingga aman untuk digunakan oleh semua kalangan.

References

Anggraini Y., Auliya Syaf, Adri Murni. (2017). Hubungan Antara Berpikir Positif Dengan Kecemasan Komunikasi Pada Mahasiswa. Psychopolytan (Jurnal Psikologi) Vol. 1 No. 1, Agustus 2017

Arnett JJ. (2016). The Oxford handbook of emerging adulthood. Oxford University Press, New York, NY, US

Crum KI, Moreland AD. (2017). Parental stress and children’s social and behavioral outcomes: the role of abuse potential over time. J Child Fam Stud 26(11):3067–3078. https://doi. org/10.1007/s10826-017-0822-5 44.

Danarti NK., Angga Sugiarto, Sunarko. (2018). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Depresi, Cemas, Dan Stres Pada Remaja Di Panti Rehabilitasi Sosial Psmp Antasena Magelang. Jurnal Keperawatan Jiwa Vo. 1, No. 1, DOI: http://dx.doi.org/10.32584/jikj.v1i1.27

Djohan. (2006). Terapi Musik Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Galangpress.

Fegert JM, Vitiello B, Plener PL, Clemens V. (2020). Challenges and burden of the Coronavirus 2019 (COVID-19) pandemic for child and adolescent mental health: a narrative review to highlight clinical and research needs in the acute phase and the long return to normality. Child Adolesc Psychiatry Ment Health 14:20. https ://doi.org/10.1186/s13034-020-00329-3 16.

Godsay, E. (2016). Expressive Writing An Evidence-based Guide for Healing Trauma”.(http://individuationing.com/w pcontent/uploads/2016/11/Expressive- Writing-ebook.pdf

Hasina, S. N., Noventi, I., Livana, P. H., & Hartono, D. (2021). Mindfulness Meditation Based on Spiritual Care to Reduce Community Anxiety due to the Impact of Pandemic Coronavirus Disease. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, (G), 41-46.

Hatmanti, N. M., & Rusdianingseh, R. (2019). Expressive Writing Treatment Terhadap Stres Mahasiswa Di Prodi S1 Keperawatan: Expressive Writing Intervention For Academic Stress Of Nursing Students. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 5(2), 126-130. https://doi.org/10.33023/jikep.v5i2.337

Hawari, D. (2008). Management Stress, Cemas dan Depresi, Edisi ke-2, Cetakan ke-2. FKUI, Jakarta

Hu, Z., Song, C., Xu, C., Jin, G., Chen, Y., Xu, X., Ma, H., Chen, W., Lin, Y., Zheng, Y., Wang, J., Hu, Z., Yi, Y., & Shen, H. (2020). Clinical characteristics of 24 asymptomatic infections with COVID-19 screened among close contacts in Nanjing, China. Science China. Life sciences, 63(5), 706–711. https://doi.org/10.1007/s11427-020-1661-4

Jiao WY, Wang LN, Liu J, Fang SF, Jiao FY, Pettoello-Mantovani M, Somekh E. (2020). Behavioral and emotional disorders in children during the covid-19 epidemic. J Pediatr 221:264-266.e261. https://doi.org/10.1016/j.jpeds.2020.03.013

Jing Guo, Mingqi Fu, Danxia Liu, Bo Zhang, Xiaohua Wang, Marinus H. van IJzendoorn. (2020). Is The Psychological Impact Of Exposure To COVID-19 Stronger In Adolescents With Pre-Pandemic Maltreatmentexperiences? A Survey Of Rural Chinese Adolescents. Child Abuse & Neglect, Volume 110, Part 2, 104667, ISSN 0145-2134, https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104667

Kinrys, G, & Wygant, L. (2015). “Anxiety disorders in women: does gender matter to treatment?”. Rev Bras Psiquiat

McLaughlin KA, Gadermann AM, Hwang I, Sampson NA, AlHamzawi A, Andrade LH, Angermeyer MC, Benjet C, Bromet EJ, Brufaerts R, Caldas-de-Almeida JM, de Girolamo G, de Graaf R, Florescu S, Gureje O, Haro JM, Hinkov HR, Horiguchi I, Hu C, Karam AN, Kovess-Masfety V, Lee S, Murphy SD, Nizamie SH, Posada-Villa J, Williams DR, Kessler RC .(2012). Parent psychopathology and ofspring mental disorders: results from the WHO world mental health surveys. Br J Psychiatry 200(4):290–299. https://doi.org/10.1192/bjp.bp.111.101253

Myruski, S., Buss, Kristina. (2020). Teens and Anxiety during COVID-19. https://covid-19.ssri.psu.edu/articles/teens-and-anxiety-during-covid-19

Nikmanesh Z, Jalilvand M, Zandvakili M. (2014). The Effect of Positive Thinking Training on Reduction of Depression, Stress and Anxiety of Juvenile Delinquents. International Journal of Medical Toxicology and Forensic Medicine. 2014; 4(2): 55-62.

Octavius, G.S., Silviani, F.R., Lesmandjaja, A. et al. (2020). Impact of COVID-19 on adolescents’ mental health: a systematic review. Middle East Curr Psychiatry 27, 72. https://doi.org/10.1186/s43045-020-00075-4

Olum .R, Chekwech .G, et al. (2020). Coronavirus Disease-2019: Knowledge, Attitude, and Practices of Health Care Workers at Makerere University Teaching Hospitals, Uganda, Original Research Article, Front”. Public Health, 30 April 2020 https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.00181

Pangastutu, Maya. (2014). Efektifitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN) Pada Siswa SMA. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia Januari 2014, Vol. 3, No. 01, hal 32 – 41.

Pemerintah Kota Surabaya. (2020). Surabaya Lawan COVID-19. https://lawancovid-19.surabaya.go.id/

Puspita IM, Annisa, Rozifa W., Nadhiroh AM. (2021). Gambaran Kecemasan dan Kepatuhan Remaja Putri Terhadap Kebiasaan Baru pada Masa Pandemi COVID-19 di Surabaya. Journal of Midwifery Science Vol 5. No. 1, Januari 2021

Rahmayanti, Y. N. U. R. (2010). Pengaruh Guided Imagery Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Skizoafektif Di RSJD Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sahoo, S., Rani, S., Shah, R., Singh, A. P., Mehra, A., & Grover, S. (2020). COVID-19 pandemic-related anxiety in teenagers. Indian journal of psychiatry, 62(3), 328–330. https://doi.org/10.4103/psychiatry.IndianJPsychiatry_327_20

Smirni P., Lavaco G., Smirni D., (2020). Anxiety In Older Adolescents at The Time Of COVID-19. September 2020 Journal of Clinical Medicine 9(10):3064. DOI: 10.3390/jcm9103064

Stuart, & Sundeen. (2015). Keperawatan Psikitrik: Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta: EGC.

Sulistyorini, S., Hasina, S. N., Millah, I., & Faishol, F. (2021). Music Therapy to Reducing Adolescent Anxiety During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2), 289–296. Retrieved from https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/944

Susanti R., Supriyantini S. (2013). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, Volume 9 Nomor 2, Desember 2013.

Vibriyanti. Deshinta. (2020). Kesehatan Mental Masyarakat: Mengelola Kecemasan Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Kependudukan Indonesia | Edisi Khusus Demografi dan COVID-19, Juli 2020 hal. 69-74.

Zhang, Jun, Weili Wu, Xin Zhao, and Wei Zhang. (2020). Recommended Psychological Crisis Intervention Response to the 2019 Novel Coronavirus Pneumonia Outbreak in China: A Model of West China Hospital. Precision Clinical Medicine 3.

Downloads

Published

06/28/2022

How to Cite

Hasina, S. N., Yumnah, S., & PH, L. (2022). Menurunkan Kecemasan Remaja dengan Terapi Modifikasi Relaksasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 14(2), 455–464. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/188

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>