Analisis Persepsi Pembimbingan Klinik selama Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kesiapan Uji Kompetensi Ners Indonesia Mahasiswa Profesi Keperawatan

Authors

  • Dewi Arwini Bugis STIKES Pasapua Ambon
  • Syulce Luselya Tubalawony Universitas Kristen Indonesia Maluku

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1858

Keywords:

pembimbingan klinik, persepsi, ukom ners

Abstract

Pandemi Covid-19 secara global menyebabkan pembatasan kegiatan dalam berbagai aspek salah satunya adalah pembimbingan klinik secara langsung terhambat dan pencapaian kompetensi praktik klinik juga tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dari mahasiswa profesi ners terkait dengan pembimbingan klinik selama masa pandemi Covid-19 terhadap kesiapan uji kompetensi melalui survey. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif survey analitik. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa profesi keperawatan di 3 institusi swasta yang menyelenggarakan pendidikan profesi keperawatan di wilayah Maluku dan Maluku Utara sebanyak 235 orang. Teknik pengambilan sampel secara cluster sampling dan diperoleh 150 orang. Kuesioner sebagai instrument telah dilakukan uji validitas (> 0,361) dan uji reliabilitas (0,92). Analisa bivariat menggunakan uji korelasi spearmanrank dan hasil penelitian  menyatakan bahwa ada hubungan antara pembimbingan klinik dengan kesiapan mengikuti uji kompetensi dengan hasil p= 0,000 dan nilai r menunjukan korelasi 0,526 artinya memiliki korelasi kuat. Kesimpulan penelitian yaitu pembimbingan klinik dilakukan dengan baik akan berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa profesi keperawatan untuk mengikuti uji kompetensi ners Indonesia akan lebih baik.

References

AIPNI (2018). Surat Edaran Try Out UKOM. Diakses dari http://aipni-ainec.org pada tanggal 29 Oktober 2021

AIPNI. 2020. Surat Edaran Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia tentang proses Pembelajaran, Pengajaran dan Kemahasiswaan selama masa darurat Pandemi Covid-19. Jakarta

Ayu H., Takdir T.,Nurhaya N.,& Midwati D. 2017. Faktor yang berhubungan dengan kelulusan uji kompetensi ners di Indonesia (UKNI) di regional Sulawesi. JPPNI Vol.02/No.02 Agustus-November/2107

Bobaya J, Killing MA LJ& LN (2015) Pembimbing klinik dengan pencapaian target badan layanan umum. Juperido. 4(1): 20-31

Choeron, R.C & Metrikayanto, W.D (2020) Improving The Readness of NERS Competence Test Through Intensive Guidance. Scientific Journal of Nursing. 6 (1). Akses di http://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index. .php/jikep/article/view/574/415

Gaberson, K.B., Oermann, M.H & Shellenbarger, T (2015). Clinical Taeching strategis in nursing. The Journal of continuing education in ursing (4th ed, Vol 39) New York: Springre Publishing Company, LLC

Kholifah, S & Kusumawati, W. (2016). Hambatan Lulusan Ners dalam menghadapi uji kompetensi. The Indonesian Journal of Health Science. Vol 7(1): Hal 40-47

Lukmanulhakim, L., & Pusporini, L. (2018). The Analysis of Factors Influencing Graduation Achievement in Nurse Competence Test of Nurse Profession Program. Cakrawala Pendidikan, 37(2). doi:https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19881

Rebueno, M.C.D.R (2017). A Structural Equation Model on The Attributes of A Skill Enchancement Program Affecting Clinical Competence of Pre-graduate Nursing Students. Nurse Educ Today, 49:6-180

RISTEKDIKTI. Registrasi Online Uji Kompetensi Ners. 2020. Retrieved from http://ukners.ristekdikti.go.id/pages/statistik_lulus#

Silvestri, L.A., Clark,M.C & Moonie, S.A (2013). Using Logistic regression to investigate self-efficacy and the predictors for National Council Licensure Examination Seccess for baccalaureate nursing students. Journal of Nursing Education and Practice, Vol 3(6) Hal 21

Syapitri, H & Hutajulu, J. (2020). Strategi Mahasiswa Profesi Ners dalam menghadapi Uji KOmpetensi Ners di USM Indonesia. Jurnal Surya Muda, 2(2), 76-84 diakses di https://doi.org/10.38102/jsm.v2i2.66

Tasalim R (2021) Tips dan Trik Sukses UKNI (Uji Kompetensi Ners Indonesia) Guepedia: Jawa Barat. The First On Publisher in Indonesia Hal 24 diakses pada (https://www.google.co.id/books/edition/Tips_dan_Trik_Sukses_UKNI_Uji_Kompetensi/PxBNEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kesiapan+mengikuti+uji++kompetensi+adalah&pg=PA24&printsec=frontcover)

Tasalim R., Cahyani. A.R & Pajar M,M (2021) Pengaruh Bimbingan Intensif terhadap peningkatan kelulusan uji kompetensi Ners Indonesia.Caring Nursing Journal . Vol 5 No 2 (Oktober 2021) hal 64-68 ISSN: 2580-0078 akses pada https://journal.umbjm.ac.id//index.php.caring-nursing/article/view/742

Tim Visi Adiwidya. (2015). Panduan Lulus UKNI (Uji Kompetensi Nasional Indonesia): Langkah Mudah Lolos Tes Profesi Keperawatan. Visimedia Pustaka. Jakarta Selatan.

Downloads

Published

11/30/2023

How to Cite

Bugis, D. A. ., & Tubalawony, S. L. (2023). Analisis Persepsi Pembimbingan Klinik selama Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kesiapan Uji Kompetensi Ners Indonesia Mahasiswa Profesi Keperawatan . Jurnal Keperawatan, 15(4), 33–40. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1858