Hubungan Komitmen Petugas Kesehatan dengan Kinerja dalam Pelayanan

Authors

  • Muh. Pasca Rivaldi Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Ikhtiar Universitas Muslim Indonesia
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Asrina Universitas Muslim Indonesia
  • Haeril Amir Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1426

Keywords:

kinerja, komitmen, pelayanan

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif, untuk itu diperlukan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terkendali biaya dan kualitasnya. Pelayanan berkualitas dapat dilihat dari kinerja pegawai. Desain penelitian kuantitatif, pendekatan Cross Sectional Study dan menggunakan metode survey, dalam pengumpulan datanya digunakan kuisioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dan didapatkan 68 tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas Majauleng Kab. Wajo. Hasil penelitian didapatkan pada hasil analisis Multivariat, Komitmen Afektif  memberikan pengaruh parsial yang signifikan terhadap kinerja dengan nilai p-value 0.035 < 0.05 dengan Nilai Exp sebesar 1.955, Komitmen Normatif memberikan pengaruh parsial yang signifikan terhadap kinerja dengan nilai p-value 0.019 < 0.05 dengan Nilai Exp sebesar 2.132, dan Komitmen Kontinuan tidak memberikan pengaruh parsial yang signifikan terhadap kinerja dengan nilai p-value 0.614 > 0.05 komitmen organisasi, Komitmen kontinuan dinyatakan tidak memberikan pengaruh parsial yang signifikan terhadap kinerja. Komitmen Afektif memberikan pengaruh parsian yang signifikan terhadap kinerja dan jika ada peningkatan Komitmen Afektif dari rendah ke tinggi akan meningkatkan probabilitas kinerja yang tinggi sebesar 1,955 kali. Komitmen Normatif memberikan penngaruh parsian yang signifikan terhadap kinerja dan jika ada peningkatan Komitmen Afektif dari rendah ke tinggi akan meningkatkan probabilitas kinerja yang tinggi sebesar 2,132 kali.

References

Agustina, B. (2016) ‘Kewenangan Pemerintah Dalam Perlindungan Hukum Pelayanan Kesehatan Tradisional Ditinjau Dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan’, Jurnal Wawasan Yuridika, 32(1), p. 82. Available at: https://doi.org/10.25072/jwy.v32i1.91.

Amir, H. (2019) ‘Gambaran Pelaksanaan Diskusi Refleksi Kasus (DRK) Dalam Mendukung Peningkatan PengetahuanDan Profesionalitas Perawat’, Jurnal Muhammadiyah Suarabaya, 4, pp. 1–7.

Aprilianto, W.D., Mintarti, S. and Tricahyadinata, I. (2019) ‘Pengaruh Peran Pemimpin dan Komitmen Afektif Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Bagian Umum dan Kepegawaian Sekretariat Kabupaten Kutai Timur’, Jurnal Manajemen, 11(1), pp. 83–95. Available at: http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/4418.

Astuti, D.P. (2014) ‘Compensation effect on the retention of employees through job satisfaction and affective commitment in several hospitals in Jakarta’, Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 7(1), pp. 199–217.

Deliana and Irwan (2016) ‘Kinerja Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Medan Denai Kota Medan’, Jurnal Administrasi Publik, 4(2), pp. 152–161. Available at: http://ojs.uma.ac.id/index.php/publikauma/article/download/411/286.

Foanto, E.F., Tunarso, E.B. and Kartika, E.W. (2020) ‘Peran Work Life Balance Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Afektif Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Hotel Berbintang Tiga Di Makassar, Sulawesi Selatan’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), pp. 37–45. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.37-45.

Gulzar, R. (2021) ‘Understand The Relationship Between Continuance Commitment (Fear of Loss) and Employee’s Job Performance a Study of “Fenda Communication and IT-KSA”’, International Journal Management (IJM), 12(3), pp. 1118–1129. Available at: https://doi.org/10.34218/IJM.12.3.2021.105.

Hidayat, R. and Amir, H. (2021) ‘Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Kualitas Tidur pada Lanjut Usia’, An Idea Health Journal, 1(1), pp. 21–25. Available at: https://doi.org/10.53690/ihj.v1i1.14.

Ivana, A., Widjasena, B. and Jayanti, S. (2014) ‘Analisa Komitmen Manajemen Rumah Sakit (RS) Terhadap Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada RS Prima Medika Pemalang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 2(1), pp. 35–41. Available at: https://doi.org/10.14710/jkm.v2i1.6372.

Latief, A., Syardiansah, S. and Safwan, M. (2019) ‘Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan’, Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 9(1), p. 41. Available at: https://doi.org/10.31289/jap.v9i1.2256.

Machmud, R. (2008) ‘Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 2(2), pp. 186–190. Available at: https://doi.org/10.24893/jkma.v2i2.31.

Sudarma, K. and Murniasih, E. (2016) ‘Komitmen Afektif 3 “Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi dan Kompensasi pada Kinerja Karyawan Dimediasi Komitmen Afektif”’, Management Analysis Journal, 5(1), pp. 24–35.

Yesica Maretha (2012) ‘Komunikasi Kesehatan : Sebuah Tinjauan*’, Jurnal Psikogenesis, 1(1), pp. 88–94.

Downloads

Published

08/03/2023

How to Cite

Rivaldi, M. P. ., Ikhtiar, M., Haeruddin, H., Asrina, A., & Amir, H. (2023). Hubungan Komitmen Petugas Kesehatan dengan Kinerja dalam Pelayanan. Jurnal Keperawatan, 16(1), 79–86. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1426