Pengaruh Model Gibbs Reflection Cycle pada Peningkatan Profesonalitas Perawat

Authors

  • I Wayan Dedus Suriyana Universitas Wallacea
  • Hayyu Sitoresmi Universitas Wallacea
  • Haeril Amir Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i2.2834

Abstract

Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan (PKB) merupakan proses yang harus dilalui dan terus dijalankan oleh perawat sebagai bentuk dan upaya mempertahankan profesionalismenya. PKB dapat dilakukan dengan Diskuisi Refleksi Kasus (DRK). Tujuan penelitian ini yakni mengetahui pengaruh model Gibbs Reflection Cycle pada DRK perawat dalam meningkatkan profesionalisme kerja. Metode penelitian yang digunakan yakni quasi eksperimen dengan one group  pretest dan post test. Sampel dalam penelitian ini yakni 72 orang dengan kriteria inklusi adalah perawat yang melaksanakan DRK. Penelitian ini dilakukan pada juli-agustus 2024. data disajikan dan diolah dengan software SPSS V.26. Hasil penelitian yakni varaibel pengetahuan berdasarkan uji wilcoxon p- value 0,000<0,05 dan variabel  otonomi dan tanggung jawab p-value 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan sikap otonomi dan tanggung jawab pada saat pre-test dan post-test. Kesimpulan penelitian ini yakni DRK yang dilakukan dengan Model Gibbs Reflection Cycle dapat meningkatkan profesionalisme perawat khususnya pengetahuan, otonomoi dan tanggung jawab.

 

References

Amir, H., Irwan, A. M., & Saleh, A. (2019). Gambaran Pelaksanaan Diskusi Refleksi Kasus (DRK) Dalam Mendukung Peningkatan Pengetahuan Dan Profesionalitas Perawat. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Amir, H., Irwan, A. M., & Saleh, A. (2022). Supporting and Prohibiting Factors in Reflective Case Discussion (RCD). Nursing and Health, 7, 1-7. https://www.hrpub.org/journals/article_info.php?aid=11736

Amir, H., Permatananda, P., Cahyani, D. D., Langelo, W., Rosita, R., Sajodin, S., Noprianty, R., Astuti, A., Suhari, S., Wahyuningsih, S., Kusumawati, P. D., Swamilaksita, P. D., Sudarman, S., & Syaiful, S. (2023). Enhancing skill conceptualization, critical thinking, and nursing knowledge through reflective case discussions: a systematic review. J Med Life, 16(6), 851-855. https://doi.org/10.25122/jml-2023-0042

Barchard, F. (2022). Exploring the role of reflection in nurse education and practice. Nurs Stand, 37(6), 45-49. https://doi.org/10.7748/ns.2022.e11605

Bulman, C., Lathlean, J., & Gobbi, M. (2012). The concept of reflection in nursing: qualitative findings on student and teacher perspectives. Nurse Educ Today, 32(5), e8-13. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2011.10.007

Ibrahim Khalil, A., & Abou Hashish, E. (2022). Exploring how reflective practice training affects nurse interns' critical thinking disposition and communication skills. Nurs Manag (Harrow), 29(5), 20-26. https://doi.org/10.7748/nm.2022.e2045

Ingham-Broomfield, B. (2021). A nurses' guide to using models of reflection. TheAustralian Journal of Advanced Nursing, 38(4), 62-67.

Kemenkes. (2017). PMK Nomor 40 Tahun 17 Tentang Pengembangan Jenjang Karir Profesional Perawat Klinis. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/112121/permenkes-no-40-tahun-2017

Miraglia, R., & Asselin, M. E. (2015). Reflection as an educational strategy in nursing professional development: an integrative review. J Nurses Prof Dev, 31(2), 62-72; quiz E66. https://doi.org/10.1097/nnd.0000000000000151

Poorchangizi, B., Borhani, F., Abbaszadeh, A., Mirzaee, M., & Farokhzadian, J. (2019). Professional Values of Nurses and Nursing Students: a comparative study. BMC Med Educ, 19(1), 438. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1878-2.

Downloads

Published

10/31/2024

How to Cite

Suriyana, I. W. D., Sitoresmi, H., & Amir, H. (2024). Pengaruh Model Gibbs Reflection Cycle pada Peningkatan Profesonalitas Perawat. Jurnal Keperawatan, 17(2), 361–364. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i2.2834