Resiliensi dan Motivasi Mahasiswa Tahun Pertama Menghadapi Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.14Keywords:
motivasi, prestasi akademik, pembelajaran daring resiliensiAbstract
Resiliensi dan motivasi merupakan suatu kondisi yang muncul pada remaja saat mengikuti kuliah di tahun pertamanya. Remaja yang menjadi mahasiswa tahun pertama di masa pandemi covid-19 dihadapkan dengan proses pembelajaran secara daring yang akan dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan resiliensi dan motivasi dengan prestasi akademik mahasiswa tahun pertama di masa pandmei Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denagn desain cross sectional yang melibatkan 100 mahasiswa tahun pertama di institusi pendidikan yang dipilih dengan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data mengguakan kuesioner dan dianalisis dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100 responden yang disurvey sebagian besar memiliki resiliensi (57%) dan motivasi tinggi (54%) dengan prestasi akademik yang sangat memuaskan dan pujian. Terdapat hubungan antara resiliensi dan motivasi terhadap prestasi akademik yang signifikan dengan prestasi akademik (p=0.000). Motivasi merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi prestasi akademik (B=0.02).
References
Andayani. (2015). Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Arsyad. A. (2014). Media Pembelajaran. Bab II Kajian Teori. 1. 9–34.
Azwar. Saifuddin. (2012). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Fajar. (2020). Mengenal Konsep New Normal. Dilihat 20 Juni 2020.
Fitriani, N. I. (2020). Tinjauan Pustaka Covid - 9 : Virologi, Patogenesis, dan Manifestasi klinis. Jurnal Kedokteran, 4(4), 195
Fujiyanto A. Jayadinata AK. Kurnia D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah. dilihat 20 Juni 2020. Vol. 1 No.1 hh 841-850.
Harmi (2012). Hubungan Dukungan SosialResiliensi terhadap Motivasi Berprestasi Pasca Erupsi Merapi (Tesis Sains Psikologi). Surakarta : Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Hurlock. E.B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima (Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.
Izzaturrohmah, I., & Khaerani, N.M. (2018). Peningkatan Resiliensi Perempuan Korban Pelecehan Seksual Melalui Pelatihan Regulasi Emosi. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 117-140.
Jalaluddin. (2002). Psikologi Agama Edisi Revisi 2002. Jakarta: Raja Grafindo.
Keliat. BA. dkk. (2020). Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (Mental Health and Psychosocial Support) COVID-19: Keperawatan Jiwa. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Kurniawan. A., Riyanto. Y,. (2018). Developing Video Media learning to Enhance Learning Outcomes of the Learning Media Production Process at Postgraduate Students of Education Technology. Proceedings of the 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018). Advances in Social Science. Education and Humanities Research. diakses 30 Juni 2020. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.151.
PMK No. 9 Tahun 2020 Tentang PPSB. DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT. dilihat 20 Juni 2020.
Papalia. Olds & Feldman. (2011). Human Development (11thed.) New York: The McGraw-Hill Companies.Inc
NANDA International. (2012). Nursing Diagnosis: Definition & Classifications. 2012-2014. Jakarta: EGC
Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ramadhani, F., & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan antara resiliensi dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada penyandang cacat tubuh di balai besar rehabilitasi sosial bina daksa. Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 97-107
Slavin, Robert. E. (2014). Educational Psychology (Theory and Practice). London: Pearson
Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 3(2 Sep), 97-107.
Sari. T. H., Siswadi. G. P., Sriati. A. (2018). ‘Use of Social Media with Self-Concept and Social Adjustment of Adolescents at SMPN 2 Singingi Hilir Riau’. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research. Vol.6 No.2.hh 45-52
Sari..et al. (2020). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Vol 9 No 1.
Sarwono. (2016). Psikologi Remaja. Depok: Raja Grafindo Persada
Satgas Remaja IDAI. (2013). Masalah Kesehatan Mental Emosional Remaja. IDAI Indonesian Pediatric Society. dilihat 27 Juni 2020
Siregar. Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Promosi Leaflet dan Audio Visual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Bahaya HIV/AIDS di SMA Swasta Imelda Medan. Program Studi S2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.
Soetjiningsih., Ranuh, IG. N Gde. (2017). Tumbuh Kembang Anak, Edisi 2. Jakarta : EGC.
Steinberg. Laurence. (2011). Adolescence. 6th ed. New York : Mc Graw- Hill
Triwibowo. C dan Pusphandani. ME. (2015). Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan
Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika
Yulanda, B. (2017). Pengaruh Resiliensi terhadap prestasi akademik suatu studi pada mahasiswa angkatan 2012 Program Studi SarjanaManajemen Fakultas Ekonomi Universitas Katholik Parahyangan.
Zakaria. F..Rono H..Kartini F.. (2017). ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual terhadap Sikap Ibu tentang Inisiasi Menyusui Dini’. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan. Vol.13 No 2. hh 128-140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.