Efektivitas Promosi Kesehatan terhadap Motivasi dan Pengetahuan Remaja Putri tentang Hygiene Gentalia Eksterna

Authors

  • Magdalena Magdalena Poltekkes Kemenkes Riau
  • Melly Melly Poltekkes Kemenkes Riau
  • Kurniawati Kurniawati Poltekkes Kemenkes Riau

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i2.1321

Keywords:

hygiene genetalia eksterna, motivasi, pengetahuan, promosi kesehatan, remaja putri

Abstract

Infeksi saluran reproduksi banyak menjangkit wanita di seluruh dunia. Infeksi salran reproduksi disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang tumbuh dari lingkungan yang panas dan lembab.  Pemahaman yang kurang mengenai cara menjaga kebersihan genital menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan remaja putri tentang hygiene genitalia eksterna dengan pemberian promosi kesehatan. Promosi keseahtan mengenai kesehatan reproduksi di Indonesia belum banyak dilakukan. Persoalan remaja tentang kebersihan genitalia eksternal yaitu kurangnya pengetahuan dan informasi. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh promosi kesehatan terhadap pengetahuan dan motivasi remaja putri tentang hygiene genetalia eksterna pada remaja putri. Metode penelitian ini adalah Pra Eksperimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi salah satu SMP Negeri Kota Pekanbaru, jumlah sampel penelitian yaitu 38 responden yang diambil dengan menggunakan Systematic Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner dengan menggunakan analisis uji Paired T-Test dengan α < 0,05. Hasil penelitian yaitu nilai p value motivasi 0,000 < 0.05 dan nilai p value pengetahuan 0,000 < 0.05. Simpulan dari penelitian yaitu adanya pengaruh promosi kesehatan terhadap pengetahuan dan motivasi remaja putri. Diharapkan para siswi selalu menjaga kebersihan genetalia eksternanya, dan  dapat memberitahukan informasi tentang hygiene genetalia kepada keluarga dan masyarakat.

References

Ahmadi. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

BKKBN. (2010). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Departemen Kesehatan RI. (2014, 08 23). Retrieved from Waspada Infeksi Saluran Kemih: http://www.depkes.go.id/index.php?waspada+infeksi+saluran+kemih&act/.

Dinarti. (2009). Kesehatan Jiwa Remaja dan Konseling. Jakarta: Trnas Info Medika.

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kusmiran. (2012). Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Salemba Medika.

Lestari. (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Machfoedz. (2010). Statistika Induktif Bidang Kesehatan (Bio Statistika). Yogyakarta: Fitramaya.

Notoatmojo. (2010). Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo, N. (2012). Promosi Kesehatan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Potter, A., & Perry, A. (2015). Buku Ajar Fundamental Kolume 2eperawatan: Konsep, Proses dan Praktik, edisi 4, . Jakarta: EGC.

Puspitaningrum, D., Suryoputro, A., & Widagdo, L. (2012). Praktik Perawatan Organ Genitalia Eksternal Pada Anak Usia 10-11 Tahun yang Mengalami Menarche Dini di Sekolah Dasar Kota Semarang. Promosi Kesehatan, 7((2)), 126-135.

Tarwoto. (2010). Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Downloads

Published

10/15/2023

How to Cite

Magdalena, M., Melly, M., & Kurniawati, K. (2023). Efektivitas Promosi Kesehatan terhadap Motivasi dan Pengetahuan Remaja Putri tentang Hygiene Gentalia Eksterna. Jurnal Keperawatan, 16(2), 573–580. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i2.1321