Nadya Ariba Dinta1, Yuanita Wind Systematic Review: Studi Literatur tentang Perbaikan Mutu Layanan IGD dalam Konteks Rumah Sakit Tipe B dan Militer

Authors

  • Nadya Ariba Dinta Universitas Sriwijaya
  • Yuanita Windusari Universitas Sriwijaya
  • Haerawati Idris Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v15i4.3828

Keywords:

instalasi gawat darurat, kepuasan pasien, model servqual, mutu pelayanan, rumah sakit militer, systematic literature review prisma

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan garda terdepan dalam pelayanan rumah sakit, terutama pada rumah sakit tipe B dan militer yang menghadapi kompleksitas tinggi serta tuntutan pelayanan cepat. Penelitian ini bertujuan meninjau artikel ilmiah terkait mutu layanan IGD dengan pendekatan Servqual serta hubungannya dengan kepuasan pasien. Kajian dilakukan melalui systematic literature review menggunakan protocol Prisma. Pencarian dilakukan dengan kata kunci: "mutu pelayanan IGD", "SERVQUAL", "kepuasan pasien", "rumah sakit militer", dan "rumah sakit tipe B". Artikel yang dicari berasal dari rentang tahun 2019 hingga 2024. Dari total 92 artikel yang ditemukan, 30 artikel memenuhi kriteria inklusi, dan 10 artikel utama dianalisis secara mendalam berdasarkan kelengkapan data, kualitas metodologi, dan relevansi substansi. Hasil menunjukkan bahwa dimensi responsiveness dan empathy memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan pasien, diikuti oleh reliability dan tangibility. Pelayanan IGD di rumah sakit militer memiliki karakteristik khas akibat struktur organisasi dan disiplin militer.

References

Andriani, D., Safariyah, E., & Basri, B. (2023). Hubungan response time dengan kepuasan pasien di IGD RSUD Sekarwangi. JPH Innovation, 4(1), 77–83.

Anggraeni, S. (2020). Evaluasi Mutu IGD RSUD Bandung. Jurnal Administrasi Rumah Sakit.

Anggara, E., Negara, K., & Megayanti, S. (2022). Hubungan Response Time di IGD RS TK II Udayana. Jurnal Keperawatan Bali, 3(2).

Gunari, H. (2021). Determinan Kepuasan Pasien Rawat Inap RS Datu Beru. Jurnal Kesmas Aceh.

Febres-Ramos, R., & Mercado-Rey, M. (2020). Patient Satisfaction at Hospital Daniel Alcides Carrion. Revista de la Facultad de Medicina Humana, 20(3), 397–403.

Simandalahi, T., Morika, H.D., & Sartiwi, W. (2019). Hubungan Response Time dan Kepuasan Pasien di IGD Puskesmas Air Amo. Jurnal Mesencephalon, 5(2).

Siregar, R.M., Ahmad, H., & Hadi, A.J. (2023). Mutu Pelayanan di RS Sipirok. Jurnal MPPKI.

Ratnasari, D., & Misnaniarti, M. (2020). Kualitas Pelayanan Pasien JKN di RSUD Sekayu. Jurnal KESMAS, 15(4).

Dwi Cahyono, A. (2020). Literature Study Of Service Quality Towards Patients Satisfaction In Hospitals. Jurnal Kesmas Indonesia, 2(2).

Amran, R., et al. (2021). Peran Kelengkapan Rekam Medik. BMJ, 1(1), 69–76.

Paraisu, W.M.M.S., & Mulyanti, D. (2023). Peran Dan Fungsi Mutu Pelayanan. Jurnal Diagnosa, 1(1), 7.

Lasa, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Baru di IGD RSUD Kefamenanu. CHMK Nursing Scientific Journal.

Astuti, I. (2022). Kualitas Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan Pasien IGD RS X Jakarta. Jurnal STIKes IMC Bintaro.

Triwibowo, V.W., & Hardisman, H. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan IGD RS Universitas Andalas. JIK Jurnal Ilmu Keperawatan.

Novita, O., & Fitriani, A.D. (2022). Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di IGD RSUD Dr. Pirngadi. Journal of Health and Medical Sciences.

Zerri, A., Rustandi, H., & Nuh, Y.H. (2024). Dimensi Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan di UGD dan Kepuasan Pasien. Nursing Care and Health Technology.

Sabilu, Y. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan IGD RS Bahteramas. NeoRespublica.

Yuniarti, E., Murni, N.S., & Asiani, G. (2025). Analisis Kepuasan Pasien di Ruang IGD. Jurnal Administrasi Medik.

Fitriani, A.D., Hasibuan, M.M., & Nasution, R.S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Citra Rumah Sakit Umum. Jurnal Marsi.

Nurlina, D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien IGD RS TNI AD. Repository Helvetia.

Bahar, F.D., & Windiyaningsih, C. (2023). Waktu Tunggu Rawat Inap IGD RS Cengkareng. Jurnal Marsi.

Sangaji, C. (2024). Kepuasan Pelayanan Apoteker di RSAD Pelamonia. Tesis, Universitas Hasanuddin.

Kurniawan, A. (2017). Mutu Pelayanan Rawat Jalan RS Tipe IV Surakarta. Jurnal Infokes.

Mahmud, A. (2022). Analisis Kepuasan Pasien BPJS RS Ar-Rasyid Palembang. Jurnal IASK.

Pascarani, A., et al. (2020). Strategi Pelayanan Humanistik di RS TNI. Jurnal Kesmil.

Situmorang, I.P., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-Faktor Peningkatan Kualitas IGD. JIMAS.

Lampus, C.S.V., & Umboh, A. (2023). Kepuasan Pasien di RSUP Kandou Manado. MSJ Jurnal.

Putri, R.M., & Damanik, F. (2021). Kualitas Pelayanan Medis dan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesmas.

Handayani, T., & Wahyuni, A. (2023). Audit Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Adminkes.

Suharno, T. (2022). Kajian SERVQUAL dalam Pelayanan Gawat Darurat. Jurnal Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Dinta, N. A. ., Windusari, Y. ., & Idris, H. . (2025). Nadya Ariba Dinta1, Yuanita Wind Systematic Review: Studi Literatur tentang Perbaikan Mutu Layanan IGD dalam Konteks Rumah Sakit Tipe B dan Militer. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 15(4), 791–798. https://doi.org/10.32583/pskm.v15i4.3828

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>