Kebiasaan Sarapan Pagi, Pendapatan Orang Tua, dan Dukungan Keluarga Berhubungan dengan Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v15i1.2252Keywords:
dukungan keluarga, pendapatan orang tua, prestasi belajar, sarapan pagiAbstract
Siswa adalah sumber daya manusia harapan bangsa yang perlu dipersiapkan menjadi seorang yang berkualitas dan berprestasi. Prestasi didapatkan dari hasil belajar, usaha, latihan dan pengalaman. Sarapan merupakan asupan yang dianjurkan untuk memenuhi gizi tubuh, meskipun demikian saat ini anak susah diminta untuk sarapan. Gizi yang baik dapat terpenuhi jika memiliki sumber daya dan dana yang cukup. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan kebiasaan sarapan pagi, pendapatan orang tua dan dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa di SMA N 2 Banguntapan Bantul. Metode cross sectional dengan membagikan kuesioner digunakan untuk memperoleh data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA 2 N Banguntapan Bantul Yogyakarta, sedangkan sampel diambil dengan teknik total sampling dan didapatkan 72 siswa. Data dilakukan uji Analisa menggunakan chi square. Hasil penelitian didapatkan mayoritas siswa berusia 16 tahun, berjenis kelamin perempuan dan memiliki kebiasaan sarapan pagi. Mayoritas orangtua responden memiliki pendapatan ≤ UMR telah memberikan dukungan dalam kategori baik. Analisa prestasi belajar responden diukur berdasarkan hasil nilai raport MID dan mayoritas masuk dalam kategori baik. Hasil uji analisa hubungan kebiasaan sarapan pagi dan prestasi belajar diperoleh p-value 0,003. Analisa pendapatan orang tua dengan prestasi belajar diperoleh p-value 0,000. Hasil Analisa dukungan keluarga dengan prestasi belajar didapatkan p-value 0,000. Berdasarkan hasil maka dapat disimpulkan ada hubungan kebiasaan sarapan pagi, pendapatan orang tua dan dukungan keluarga dengan prestasi belajar pada Siswa-Siswi Kelas XI FA1 dan XI FA2 di SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul.
References
Adnan, K., Amin, M., & Niar, F. (2022). Dukungan Orang Tua dalam Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 228–234.
Akbar, T., Fajri, A., Novita, E. D., Rahayu, A. A., Ramadhani, E. F., Sembiring, R. F., & Kadir, A. (2022). Analisis Kritis Sistem Evaluasi Pendidikan Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 1–11.
Alfarisi, M. F., & Khairani, F. (2019). Analisis Pengaruh Financial Attitude , Financial Knowledge , Pendidikan Orang Tua Dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior Pada Mahasiswa S1 Universitas Andalas Padang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 360–371.
Alfarisi, R., Pinilih, A., Nur, P., & Jauhari, O. (2020). Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 01 Rajabasa Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 164–169. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.237
Amalia, R., Abdullah, Muharramah, A., & Pratiwi, A. R. (2023). Jurnal gizi aisyah. Jurnal Gizi Aisyah, 7, 45–50.
Anggraini, N. V., & Hutahaean, S. (2021). Hubungan Sarapan Dengan Prestasi Siswa SD Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 6(3).
Asita, V. N., & Manunggal, S. A. M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Dan Pendapatan Orangtua terhadap Perilaku Komsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2019-2021 Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1331–1341.
Desika. (2022). Sarapan Rutin Kurangi Risiko Obesitas. Chatnews.Id. https://chatnews.id/read/sarapan-rutin-kurangi-risiko-obesitas
Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Ejournal.Uinib, 90–100.
Firliani, Ibad, N., & Nurhikmayati, I. (2019). Teori throndike dan implikasinya dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019.
Gani, K., Erwin, A., & Serni. (2017). Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Murid Sd Negeri 1 Lelamo Kabupaten Buton Utara. Jurnal Gizi Ilmiah, 4(2), 57–64.
Hasibuan, A. S., Nelwati, S., & Mardison, S. (2020). Hubungan Kesiapan Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Taujih, 6(1), 37–43.
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Laila, S., & Altha, H. A. (2021). HUBUNGAN SARAPAN PAGI DENGAN TINGKAT PRESTASI SISWA/SISWI KELAS 6 SD NEGERI 56 BANDA ACEH. Jurnal Sains Riset (JSR), 11(November), 768–776. https://doi.org/10.47647/jsr.v10i12
Mauliddya, S. A., & Rustam, A. (2019). Peran Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Akademis melalui Mediasi Motivasi Belajar Intrinsik. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 5(2), 166–177. https://doi.org/10.22146/gamajop.50570
Melisa, P. V., & Putra, E. D. (2021). Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 339–345.
Mudzakir, A., Moch, M., & Muzakki, I. (2018). Pengaruh antara kecerdasan sosial dengan produktivitas kerja karyawan bagian penjualan. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 2(1), 41–55.
Nor, M., Haidar, K., & Sutrisno, S. (2022). Hubungan Pendapatan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Muara Muntai. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1187
Purwanti, S., & Shoufiah, R. (2017). Kebiasaan Sarapan Pagi Mempengaruhi Status Gizi Remaja. Seminar Nasional & Call For Papers Politeknik Kesehatan Kemenkes Kaltim, 09, 81–87.
Puspita, E. D. (2023). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Sari, A. F. I., Briawan, D., & Dwiriani, C. M. (2012). Kebiasaan dan kualitas sarapan pada siswi remaja di kabupaten bogor. Jurnal Gizi Dan Pangan, 7(2), 97–102.
Setyawan, D. (2014). Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Sejak Usia Dini. KPAI. https://www.kpai.go.id/publikasi/artikel/pemenuhan-hak-pendidikan-anak-sejak-usia-dini
Skolastika, I. M. P., Wedari, N. P. D. V., & Widiantara, D. S. M. (2022). Kontribusi Motivasi Belajar Siswa Terhadap Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sman 1 Penebel. Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (Semnalisa) Denpasar, 31–37.
Susilowati, E., Yunarsih, Y., & Krisnawati, D. I. (2022). Peran Orang Tua dalam Membiasakan Sarapan Pagi Meningkatkan Status Gizi dan Menurunkan Angka Kejadian Sakit pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan, 14(1), 219–228. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.36
Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.
Wulandari, Armida, & Susanti, D. (2022). Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ecogen Universitas Negeri Padang, 5(2), 246–257.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.