Analisis Kepuasan Pasien Anggota Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) terhadap Pelayanan Kefarmasian

Authors

  • Maya Arfania Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitri Nurulliza Utami Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dedy Frianto Universitas Buana Perjuangan Karawang

Keywords:

kepuasan pasien, service quality, uji wilcoxon

Abstract

Pelayanan kefarmasian di Puskesmas merupakan suatu kesatuan yang tidak dipisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Oleh karena itu,  penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui  tingkat gap/kesenjangan antara persepsi dan harapan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Karawang. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality (Servqual) dengan analitik observasional yang dilakukan secara prospektif serta desain penelitian secara cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan analisis gap kepuasan pasien anggota Prolanis terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Karawang dapat diketahui nilai gap analisis pada setiap dimensi, dengan nilai gap pada dimensi bukti fisik sebesar -0,07, nilai gap pada dimensi empati sebesar -0,09, serta dimensi keandalan sebesar -0,10, nilai gap pada dimensi daya tanggap sebesar 0,11, nilai analisis gap pada dimensi jaminan sebesar -0,11. Serta hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi ˃ 0,05 yaitu sebesar 0,056 menunjukan terdapatnya gap/kesenjangan pada kepuasan pasien. Kesimpulannya terdapat perbedaan atau kesenjangan yang tidak signifikan antara harapan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Karawang.

References

Bunet, GCE., Lolo, WA., Rumondor, E. M. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Tanawangko. Pharmacon, 9(3):1-7

Fristiohady, A., Fitrawan, LOM., Pemudi, DY., Ihsan, S., Ruslin., Bafadal, M., Nurwari., Ruslan. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Surya Medika(ISM), 6(1):6–12. https://doi.org/10.33084/jsm.vxix.xxx

Hayaza, T.Y. (2013). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–13.

Rosdiana, AI., Raharjo, BB., Indarjo, S. (2017). Implementasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Higeia Journal Of Public Health Research And Development,1(3).

Kementrian Kesehatan Republik. (2020). Tetap Produktif, Cegah Dan Atasi Diabetes Mellitus. pusat data dan informasi kementrian kesehatan RI.

Kristanti, N. D., Sumarni., Wiedyaningsih, C. (2015). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Era Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 5(2), 72–79.

Milita, F., Handayani, S., Setiaji, B. (2021). Kejadian Diabetes Mellitus Tipe II pada Lanjut Usia di Indonesia (Analisis Riskesdas 2018 ). Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17(1), 9–20.

Noviana, P. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi di Rsud Pare Menggunakan Metode Servqual Patients. Jurnal Wiyata, 4(2), 111–120.

Nuswantari, M., Donowati, M.W. (2013). Analisis Kepuasan Pelayanan Kefarmasian pada Pasien Jamkesmas di Puskesmas Nemplak I Sleman. Jurnal Penelitian, 16(2), 186–195.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., Berry, L.L. (1991). Refinement and Reassessment of the SERVQUAL Scale. Journal of Retailing, 67(4).

Prihandiwati, E., Muhajir, M., Alfian, R., Feteriyani, R., Banjarmasin, P. P. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Pekauman Banjarmasin Terhadap Pelayanan Kefarmasian. Current Pharmaceutical Sciens, 1(2), 63–68.

Ramadhani, N. E. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Puskesmas Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. (Skripsi) Universitas Sanata Dharma .Yogyakarta.

Sitompul, S., Suryawati, C., Wigati, P.A. (2016). Analisis Pelaksanaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( Prolanis ) Bpjs Kesehatan Pada Dokter Keluarga Di Kabupaten Pekalongan Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4, 145–153.

Sulo, H.R., Hartono, E., Oetari, R. A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Manuntung, 5(1), 81. https://doi.org/10.51352/jim.v5i1.226

Supriyanto, W., Iswandiri, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika Dalam Memilih Sumber Referensi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79–86.

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Arfania, M., Utami, F. N. ., & Frianto, D. . (2022). Analisis Kepuasan Pasien Anggota Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) terhadap Pelayanan Kefarmasian. Jurnal Farmasetis, 11(2), 145–154. Retrieved from http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/far/article/view/377