Mengurangi Stres Perawat di Ruang Isolasi Covid-19 Menggunakan Guided Imagery
DOI:
https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14iS1.99Keywords:
COVID-19, guided imagery, perawat, ruang isolasi, stres perawatAbstract
Perawat sebagai garda terdepan perawatan pasien COVID-19 berisiko tinggi mengalami stres akibat pekerjaannya. Apabila stres yang dialami perawat tidak dapat diatasi dengan cara yang tepat maka dapat menimbulkan ancaman terhadap keselamatan perawat itu sendiri dan juga keselamat pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh guided imagery terhadap penurunan stres perawat di ruang isolasi COVID-19. Penelitian ini melibatkan 20 orang perawat yang bertugas di ruang isolasi COVID-19 sebuah rumah sakit di Bali. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Expanded Nursing Stres Scale (ENSS). Pemberian intervensi guided imagery dilakukan dengan metode ceramah, pemutaran video, dan demonstrasi dalam satu sesi selama 180 menit. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil analisis mendapatkan ada pengaruh pemberian guided imagery terhadap penurunan stres perawat di ruang isolasi COVID-19. Guided imagery menekan stres yang dirasakan seseorang melalui penciptaan rasa nyaman dan rileks yang disertai dengan imajinasi positif sehingga dapat merangsang meningkatnya endorfin dalam tubuh.
References
Deswita, Asterina, & Hikmah, U. (2014). Pengaruh Teknik Relaksasi Imajinasi Terbimbing (Guided imagery) Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Tidur Anak Usia Sekolah di Ruang Rawat Inap Anak RSUD Prof. Dr. Ma. Hanafiah SM Batusangkar. Ners Jurnal Keperawatan, 10(1), 110–117. Retrieved from http://ners.fkep.unand.ac.id/index.php/ners/article/view/36/31
Dinas Kesehatan Provinsi Bali. (2021). Info Kesehatan : Perkembangan Penyebaran Virus Corona. Retrieved from https://www.diskes.baliprov.go.id/portfolio/perkembangan-penyebaran-virus-corona/
Hendy, A., Abozeid, A., Sallam, G., Fattah, H. A. A., & Reshia, F. A. A. (2020). Predictive factors affecting stress among nurses providing care at COVID-19 isolation hospitals at Egypt. Nursing Open, 8. https://doi.org/10.1002/nop2.652
Herlinah, Herqutanto, & Adi, N. P. (2018). The influence of Guided imagery and Music (GIM) relaxation on primary school teachers’ stress. Health Science Journal of Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.22435/hsji.v9i1.463
Kementerian Kesehatan RI. (2021). Situasi virus COVID-19 di Indonesia. Retrieved from https://covid19.go.id/
Khaidir, & Maulina, N. (2018). Gambaran Tingkat Stres Pada Lansia Di Panti Jompo Kota Lhokseumawe. Jurnal Averrous, 4(1).
Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., & Filer, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Di Stikes Payung Negeri Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(1), 124. https://doi.org/10.31258/jni.8.2.124-131
Mardiani, N., & Hermawan, B. (2019). Pengaruh Teknik Distraksi Guidance Imagery Terhadap Tingkatan Ansietas Pada Pasien Pra Bedah Di Rsud Linggajati Kabupaten Kuningan. Jurnal Soshum Insentif, 2(1), 136–144. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.117
Masulili, F. (2013). Metode Bimbingan Imajinasi Rekaman Audio Untuk Menurunkan Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Di Rumah Sakit Di Kota Palu. Keperawatan Anak, 1(2), 73–84. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKA/article/view/964/1013
Maydinar, D. D., Sasmita, F. N., & Selandio, V. (2020). Hubungan Stres Kerja dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Melati dan Seruni RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 169–175.
Muryati. (2015). Pengaruh Guided imagery Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Pasien Jantung Koroner Di Rumah Sakit. Healthy Journal, 3(1).
Novarenta, A. (2013). Guided imagery Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1).
Nurfadillah, Arafat, R., & Yusuf, S. (2021). Gambaran Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Perawat Pada Masa Pandemi Covid-19: Literatur Review. Jurnal Keperawatan, 13, 40–46.
Pardamean, E., & Lazuardi, M. J. (2019). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Stres Psikologis Pada Siswa-Siswi Kelas Xi Jurusan IPA di SMA X Tangerang. Nursing Current, 7(1).
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2011). Fundamental Keperawatan (7th ed.). Jakarta: EGC. Retrieved from https://onesearch.id/Record/IOS6.INLIS000000000008030
Prabu, K., & Subhash, J. (2015). Guided imagery Therapy. IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), 4(4). Retrieved from https://www.iosrjournals.org/
Rahmayanti, Y. N., Supriyana, D. S., & Ambarsari, Y. (2021). Pengaruh Kombinasi Guided imagery dan Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Menjelang Objective Structured Clinical Examination (OSCE). SMART MEDICAL JOURNAL, 4(1). https://doi.org/10.13057/smj.v4i1. 47903
Ramadhani, A. H., & Hendrati, L. Y. (2019). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Tingkat Stres Pada Remaja Siswa Sma di Kota Kediri. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
Rosyanti, L., & Hadi, I. (2020). Dampak Psikologis dalam Memberikan Perawatan dan Layanan Kesehatan Pasien COVID-19 pada Tenaga Profesional Kesehatan. Health Information : Jurnal Penelitian, 12(1), 108–130. Retrieved from https://doi.org/10.36990/hijp.vi.19%0A1%0D
Smeltzer, S. C. O., & Bare, B. G. (2018). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC.
Verma, R., Balhara, Y., & Gupta, C. (2011). Gender differences in stress response: Role of developmental and biological determinants. Ind Psychiatry, 20(1). https://doi.org/10.4103/0972-6748.98407
WHO. (2021). Coronavirus Disease (COVID-19).
Wijayanti, A., Margawati, A., & Wijayanti, H. S. (2019). Hubungan Stres, Perilaku Makan, Dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal of Nutrition College, 8(1). Retrieved from http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.