Pengetahuan Orang Tua tentang Penggunaan Gadget pada Anak Pra Sekolah
Keywords:
anak prasekolah, gadget, orangtua, pengetahuanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan orangtua tentang penggunaan gadget pada Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021. Proses pengambilan data menggunakan kuesioner dari peneliti sebelumnya dengan jenis pertanyaan tertutup dan dengan pilihan jawaban benar dan salah. Penyebaran kuesioner menggunakan link google form pada aplikasi WhatsApp di smartphone. Hasil: dari 88 responden 68,2% (60 orang) memiliki tingkat pengetahuan baik, 25% (22 orang) tingkat pengetahuan cukup, dan 6,8% (6 orang) dengan tingkat pengetahuan kurang. Simpulan: Gambaran pengetahuan penggunaan gadget orangtua di Desa Mambal Kabupaten Badung sebagian besar berada dalam kategori baik. Hasil penelitian dapat menjadi literasi untuk penelitian selanjutnya.
References
Delima, R., Arianti, N. K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun. 1(April). https://journal.maranatha.edu/index.php/jutisi/article/view/569/565
Dian Novita Siswanti., Muh. Daud., N. M. J. (2019). MOTIF ORANG TUA MEMBERIKAN GADGET KEPADA ANAK USIA DINI DI TK Y MAKASSAR. September, 20–21. https://psychologyforum.umm.ac.id/files/file/Prosiding IPPI 2019/17_ Dian Novita, Muh_ Daud, Novita Maulidya.pdf
Imron, R. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148. https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922
Irmayanti, Y. (2018). PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. http://eprints.ums.ac.id/62119/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Juliansyah, M. A. (2020). Makna dan Alasan Dibalik Orang Tua Memberikan Fasilitas Gadget Kepada Anak Usia Dini. Jprmedcom, 2(2), 20–34. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JPRMEDCOM/article/view/4593/2530
JYland. (2015). Interactive Vs Passive screen Time And Nighttime Sleep Duration Among School - Aged Children.
KPAI. (2017). Perkembangan Anak di Permukiman Kumuh Mengkhawatirkan. https://www.kpai.go.id/publikasi/perkembangan-anak-di-permukiman-kumuh-mengkhawatirkan-2
Meta Anindya Aryanti Gunawan. (2017). HUbungan Durasi Penggunaan Gadget Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumubroto, Banyumanik.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan (cetakan pe). Rineka Cipta.
Novitasari. (2016). Dampak penggunaan Gadget terhadap Kesehatan Jiwa. 05.
Nursalam, S. (2001). Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. CV. Sagung Seto.
Rideout V. (2013). Zero to eight: elektronic media in the lives of infants, toddlers and preschoolers.
Yusmi. (2018). Peran orang tua dalam pemakaian gadget pada anak usia dini. 8(1), 54–65.
Zaini, M. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.