Efektivitas Pelatihan Blended Method Team terhadap Peningkatan Kinerja dalam Pendokumentasian di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit

Authors

  • Ukin Sukirah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dewi Purnamawati Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Eni Widiastuti Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

dokumentasi, efektivitas, pelatihan blended method team

Abstract

Kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan merupakan hal yang penting, salah satu bentuk tanggung jawab & tanggung gugat atas apa yang dilakukan terhadap pasien. Walaupun demikian kinerja perawat dalam pendokumentasian belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektifitas pelatihan Blended Method Team terhadap peningkatan kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan. Metode yang digunakan pre eksperimental design  one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada  Kepala Ruangan, Ketua Tim dan Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto yang berjumlah 43 responden selama 2 bulan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dan dianalisis menggunakan General Linier Model Repeated Measure (GLMRM). Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kelengkapan dokumentasi keperawatan meningkat setelah dilakukan pelatihan. Uji statistik menunjukkan terdapat peningkatan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan setelah dilakukan pelatihan secara signifikan (p value 0,010<0,005). Peningkatan kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan pada penilaian observasi ke-2 (naik 2,17 dibandingkan dengan pengukuran sebelum pelatihan) yaitu 2 minggu setelah dilakukan pelatihan dan kenaikan menuju optimal dicapai pada penilaian observasi ke-4 (naik 0,4 dibandingkan observasi ke-3) dalam waktu 6 minggu setelah pelatihan. Pelatihan Blended Method Team sangat potensial dalam meningkatkan pendokumentasian asuhan keperawatan. Disarankan Rumah Sakit Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto untuk menyelenggarakan pelatihan sistem penugasan asuhan keperawatan untuk semua ruang perawatan secara bertahap, melakukan  supervise yang terus menerus.

References

Amir, H., & Agus, A. I. (2022). Penyuluhan Kesehatan Tentang Diare di Rumah Sakit Ibnu Sina Kota Makassar. Jurnal; Abdimas Berdaya, 5, 1–5.

Anggeria Elis. (2017). Hubungan Supervisi dengan pelaksanaan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU Royal Prima Medan. Magister Administrasi Keperawatan USU.

Darmawan, D., & Wahyudin, d. 2018. Model Pembelajaran di sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Dehghani, Ali, 2015. Profesionalism in Iranian Nursing : Concept Analysis. International Journal of Nursing Knowledge. Doi : 10.1111/2047-3095.12082

Elyanovianti, Palu, M. B., & Batara, A. S. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi E-Siantri terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Sinjai. An Idea Health Journal, 1(01), 0–6.

Fithriyani, F., Wahyuni, F. S., & Priscilla, V. (2019). Analisis Hubungan Manajerial Kepala Ruangan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perawat dengan Kualitas Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Pariaman. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 490-496.

Fitriana, (2020), Pengaruh pelatihan pengkajian komprehensif terhadap pengetahuan dan keterampilan perawat mengkaji kebutuhan klien di Puskesmas, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Hariandja Marihot, T.E (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Grasindo, Jakarta

Hariyati Roro .(2018). Pengelolaan Sistem Asuhan Keperawatan, Jakarta: KARS

Kementrian Kesehatan RI. (2022). Standar Akreditasi Rumah Sakit.

Nico A. Lumenta, (2018), Sistem Informasi Rumah Sakit Ala Kars - Asuhan Medis, KARS

Noviani. (2021). Efektifitas Peran dan Fungsi Case Manager dalam Meningkatkan Mutu Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU MK dan RSU KB, Program Magister Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nursalam, P. D. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (PP Lestari (ed.).

Rekam Medis RS Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto. (2020)

Soepradjo Raden (2017), Hubungan antara Jenis Kelamin dan Motivasi kerja dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Jiwa Prof Dr. V.L Ratumbuysang Sulawesi Utara, FKM Universitas Sam Ratulangi Manado

Susanti, A., Razak, A., & Muchlis, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar pada Masa Pandemi Covid-19. An Idea Health Journal, 1(02), 18–25.

Tiana Willis Silda. (2019). Pengaruh Fungsi Pengarahan Kepala Ruangan dan Ketua Tim Terhadap Soft Skill Caring Perawat Pelaksana dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di RS Pusat Otak Nasional. Program Magister Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Jakarta

Widayatun, Tri Rusmi, 2018. Psikologi (perilaku manusia), Chandra Pranata.

Downloads

Published

09/09/2022

How to Cite

Sukirah , U., Purnamawati, D., & Widiastuti, E. (2022). Efektivitas Pelatihan Blended Method Team terhadap Peningkatan Kinerja dalam Pendokumentasian di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit . Jurnal Keperawatan, 14(3), 631–638. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/429