Model Pendidikan Kesehatan Integratif dan Kolaboratif Siswa Sebaya dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue
Keywords:
demam berdarah, indeks entomologi, indeks maya, pendidikan kesehatanAbstract
Sekolah menjadi salah satu sasaran pencegahan penyakit DBD karena sebagian besar aktivitas anak dilakukan di sekolah. Pendidikan kolaboratif integratif dapat meningkatkan pemahaman siswa dibandingkan dengan metode lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan integratif dan kolaboratif terhadap pengetahuan, sikap, partisipasi siswa, dan indeks entomologi di Kabupaten Majalengka. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (pretest-posttest control group design). Sebanyak 3 sekolah dipilih sebagai kelompok intervensi dan 3 lainnya sebagai kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD yang berjumlah 244 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan formulir pemantauan jentik. Data dianalisis dengan uji Mc Nemar dan Mann-Whitney. Sebagian besar responden adalah mahasiswi dengan pengetahuan kurang, sikap negatif, dan kurang berpartisipasi dalam pencegahan DBD. Sebagian besar memiliki container index kurang karena memiliki container positif jentik > 5%. Juga, ia memiliki nilai indeks virtual yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan, sikap, partisipasi mahasiswa, BRI, HRI, dan indeks virtual dengan p = 0,000. Namun, tidak ada perbedaan rumah larva-positif antara kelompok intervensi dan kontrol (p = 0,726, p>0,05). Mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dan mempengaruhi teman sebayanya dalam pencegahan DBD.
References
Agusri, A. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di RS TK. II Dr. Ak. Gani Palembang Tahun 2021 (Doctoral dissertation, STIK Bina Husada Palembang).
Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926
Alfianur. (2017). Pendidikan Kesehatan Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Metode Ceramah Dengan Media Leaflet Pada Siswa Kelas 5. Adi Husada Nursing Journal, 3(2)
Alvita, G. W., Huda, S., & Budi, I. S. (2018). Penerapan Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN 3 M PLUS-DBD) pada Anak Usia Sekolah dengan Pendekatan Komunikasi Perubahan Perilaku di SDN 4 Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Jurnal Pengabdian Kesehatan.
Ambarita, L. P., Salim, M., Sitorus, H., & Mayasari, R. (2020). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Masyarakat Tentang Aspek Pencegahan dan Pengendalian Demam Berdarah Dengue di Kota Prabumulih, Sebelum dan Sesudah Intervensi Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Vektor Penyakit, 14(1), 9-16.
Apriyani, Umniyati SR, Sutomo AH. (2017). Sanitasi Lingkungan dan Keberadaan Jentik Aedes sp. dengan kejadian Demam Berdarah Dengue di Banguntapan Bantul. Berita Kedokteran Masyarakat. 33(2): 79-84
Aqida, AN. (2017). Pengaruh pelatihan siswa pemantauan jentik terhadap pengetahuan, sikap, dan ketrampilannya di Sekolah Dasar Kecamatan Pamulang Tahun 2017. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Skripsi. Naskah tidak diterbitkan
Astika, I. K. U., Suma, I. K., & Suastra, I. . (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Awaluddin, A. (2017). Korelasi Pengetahuan Dan Sikap Keluarga Terhadap Tindakan Pencegahan Demam Berdarah Dengue. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(3), 263-269.
Azizah, D. L., Arief, Y. S., & Krisnana, I. (2014). Media ceramah dan film pendek sebagai upaya pencegahan penyakit diare berdasar teori health promotion model (HPM). Pediomaternal Nursing Journal, 3(1), 43-57.
Baequni; Narila Mutia Nasir; Chris Ardhiyanto. (2019). Attitude and preventive behavior of dengue hemorrhagic fever among elementary school students in Jakarta, Indonesia. Asian Jr. of Microbiol. Biotech. Env. Sc., 21(4), 1028–1032.
Bezerra JMT, Soares-da-Silva J, Ibiapina SS, Tadei WP, Pinheiro VCS. (2011). Evaluation of students’ knowledge as a contribution to dengue
control programs. Ciencias & Saúde Coletiva,16(11):4367–74
Bian, S. M. (2017). Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Demam Berdarah Dengue Pada Anak Di Puskesmas Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur Periode Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Media Bidan, 2(01), 10–18.
Blanton E, Ombeki S, Oluoch GO, Mwaki A, Wannemuehler K, Quick R. (2010) Evaluation of the role of school children in the promotion of point-of-use water treatment and handwashing in schools and households - Nyanza Province, Western Kenya, 2007. Am J Trop Med Hyg. 82(4):664–71
CDC. (2019). Mosquito Life Cycle. https://www.cdc.gov/dengue/resources/ factSheets/MosquitoLifecycleFINAL.p%0Adf
Citrawathi, D. M. (2014). Pengembangan Model Pendidikan Kesehatan Integratif dan Kolaboratif di Sekolah. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV.
Eggen P; Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir (P. Satrio Wahono (ed.); 6th ed.). Indeks.
Jaksa, S., & Ismaniar, I. N. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada siswa/i di madrasah ibtidaiyah negeri 12 ciamis, tahun 2019. National Nursing Conference, 1(1). https://doi.org/10.34305/nnc.v1i1.132
Kemendikbud. (2012). Pedoman pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan
Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemenkes. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2019.
Kemenkes (2011). Modul Pengendalian Demam Berdarah Dengue. Jakarta, Kemenkes
Kholid, A. (2017). Promosi Kesehatan: Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, Dan Aplikasinya (1st ed). Rajawali Pers.
Kosasih, C. E., Lukman, M., Solehati, T., & Mediani, H. S. (2021). Effect of Dengue hemorrhagic fever health education on knowledge and attitudes, in elementary school children in West Java, Indonesia. Linguistics and Culture Review, 5. https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1349
Kurniawan, B., & Nuriyah, N. (2020). Pengembangan media ice breaking berbasis 4c pada pembelajaran tematik integratif peserta didik kelas v mis nurul huda kupang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28392
Kurniawan W, Hijriani H. (2020). Pengaruh Pelatihan Pengendalian Vektor Demam Berdarah terhadap Maya Index pada Siswa Sekolah Dasar di Majalengka. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan STIKES Widya Husada, 11(1):1-8
Kusumastuti, Hidayati N., Rualiansyah A., Hodijah DN. (2014). Potensi Penularan DBD dan Chikungunya di Provinsi Jawa Barat Berdasarkan Kepadatan Jentik dan Maya Index Aedes spp. In: Seputar Dengue dan Malaria. Media Akselerasi, Bandung: 49–60
Nofita, E., Rusdji, S. R., & Irawati, N. (2017). Analysis of indicators entomology Aedes aegypti in endemic areas of dengue fever in Padang, West sumatra, Indonesia. International Journal of Mosquito Research, 4(2), 57–59.
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis.
(P. P. Lestari, Ed.) (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika.
Ostroff, W. (2013). Memahami Cara Anak-anak Belajar: Membawa Ilmu Perkembangan Anak ke dalam Kelas (P. B. Sendra Tanuwijaya (ed.)). PT Indeks.
Pakpahan, M., Deborah, S., Susilawaty, A., Tasnim, Mustar, Ramdany, R., Manurung, E. I., Sianturi, E., Tompunu, M. R. G., Sitanggang, Y. F., & Maisyarah. (2021). Promosi Kesehatan & Perilaku Kesehatan (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.