Edukasi Perawatan Kaki Efektif dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Perilaku Pasien Diabetes Mellitus

Authors

  • Sanny Frisca Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas
  • Dheni Koerniawan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.200

Keywords:

diabetes mellitus, edukasi DM, perawatan kaki

Abstract

Diabetes mellitus tipe II merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan banyak komplikasi. Komplikasi DM yang sering terjadi pada pasien adalah ulkus kaki, karena pada umumnya pasien tidak menyadari adanya ulkus akibat neuropati yang dialami. Ulkus kaki dapat meningkatkan kebutuhan pengobatan dan perawatan pada pasien. Namun, ulkus kaki dapat dideteksi secara dini oleh pasien secara mandiri dengan melakukan pemeriksaan berkala pada kaki pasien. Pemberian edukasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pasien dan membuat pasien memiliki sikap yang baik dan pada akhirnya melakukan tindakan skrining yang diajarkan. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui efektivitas edukasi terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku. Penelitian kuantitatif ini dilakukan terhadap 40 responden (20 kontrol dan 20 intervensi) dengan desain kuasi eksperimen pre-test dan post-test menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian pengetahuan responden pada kelompok intervensi meningkat secara signifikan sebelum dan setelah edukasi dengan p-value 0,001, sementara tidak terjadi perbedaan pada kelompok kontrol. Perilaku responden pada kelompok intervensi meningkat secara signifikan sebelum dan setelah edukasi dengan p-value 0,046, sementara tidak terjadi perbedaan pada kelompok kontrol. Pengetahuan (p-value= 0,001) dan perilaku (p-value= 0,037) antar kelompok memiliki perbedaan secara signifikan, namun pada sikap tidak terlihat perbedaan signifikan. Perlu diberikan pendampingan untuk  memaksimalkan hasil edukasi pada  sikap dan perilaku. Perlu melakukan survey awal untuk kebiasaan pasien DM melakukan perawatan kaki dan alasan pasien tidak melakukannya.

References

ADA, 2015. Standar of medical care in Diabetes 2015. The Journal of Clinical and Applied Research and Education: Diabetes Care, 38(1), pp. 1-99.

ADA, 2021. Standar of medical care in diabetes 2021. The Journal Of Clinical and Applied Research and Education, pp. 1-119.

AL-Sabah, S. et al., 2020. COVID-19: Impact of obesity and diabetes on disease severity. Clinical Obasity, pp. 14 - 21.

Beiranvand, S., Fayazi, S. & Asadizaker, M., 2015. Effect of educational programs on the knowledge, attitude, and practice of foot care in patients with diabetes. Jundishapur Journal of Chronic Disease Care, pp. 1-7.

Belanger, M. J. et al., 2020. Covid-19 and Disparities ini Nutrition and Obesity. New England Journal of Medicine, pp. 60 - 67.

Black, J. M. & Hawks, J. H., 2009. Medical surgical nursing: Clinical management for positive outcomes. St. Louis, Missouri: Elsevier Saunders.

Boulton, A., Vileikyte, L., Ragnarson-Tennvall, G. & Apelqvist, J., 2006. The global burden of diabetic foot disease. The Lancet, pp. 1719-1724.

Dansinger, M., 2015. m.webmd. [Online]

Available at: http://www.m.webmc.com/diabetes/caring-feet

[Accessed 26 February 2016].

deWitt, S. C. & Kumagai, C. K., 2012. Medical-surgical nursing concepts & practice. Philadelphia: Elsevier Mosby.

Fan, L., Sidani, S., Cooper-Brathwaite, A. & Metcalfe, K., 2014. Effects of a foot selfcare educational intervention on improving footwear choices in those with type 2 diabetes at low risk of foot ulceration. Diabetic Foot Canada, pp. 4-12.

Frisca, S., Arco, P. M. S., Daeli, F. F. & Wibowo, A. A., 2019. Pendampingan dalam peningkatan perilaku hidup sehat peduli Diabetes Mellitus tipe II dan pencegahan luka kaki Diabetes di Palembang. Journal of Character Education Society, Januari, 2(1), pp. 12-18.

Frisca, S., Redjeki, G. S. & Supardi, S., 2019. Efektivitas Edukasi Terhadap Perilaku Perawatan Kaki Pasien Diabetes Mellitus. Carolus Journal of Nursing, Mei, 1(4), pp. 125-137.

Green, L. & Ottoson, J. M., 2006. A framework for planning and evaluation: PRECEDE-PROCEED evolution and application of the model. Quebec, de sante publique montreal, pp. 1-18.

Gregg, E. W. et al., 2014. Changes in diabetes-related complications in the united states, 1990-201. The New England Journal of Medicine, pp. 1514-1523.

Hinkle, J. L. & Cheever, K. H., 2014. Brunner & Suddarth's textbook of mediical-surgical nursing. Hong Kong: Lippincott Williams & Wilkins.

Hirst, S. M., 2013. IDF Diabetes Atlas, New York: International Diabetes Federation.

IDF, 2019. Global guideline for type 2 diabetes. diabetes research and clinical practice, Volume 104, pp. 1-52.

Lewis, S. L. et al., 2017. Medical surgical nursing: Assessment and management of clinical problems. 9th ed. St.Louis, Missouri: Elsevier Mosby.

Li, R. et al., 2013. Medical costs associated with type 2 diabetes complications and comorbidities. The American Journal of Managed Care, pp. 421-430.

Litwak , L. et al., 2013. Prevalence of diabetes complications in people with type 2 diabetes mellitus and its association with baseline characteristics in the multinational A1chieve stufy. Diabetology & Metabolic Syndrome, pp. 57-66.

McGowan, P., 2011. The efficacy of diabetes patients education and self-management education in type 2 diabetes. Canadian Journal of Diabetes, 35(1), pp. 46-53.

Moattari, M., Ghobadi, A., Beigi, P. & Pishdad, G., 2012. Impact of self management on metabolic control indicators of diabetic patients. Journal of Diabetes & Metabolic Disorders, 11(6), pp. 1-6.

Morais, A. et al., 2020. Obesity and increased risk for COVID-19: Mechanical and nutritional management. Nutrition Research eRview, pp. 21 - 27.

Notoatmodjo, S., 2014. Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Osborn, C. Y. et al., 2010. An information-motivation-behavioral skills analysis of diet and exercise behavior in puerto ricans with diabetes. J Health Physcol, 15(8), pp. 1201-1213.

Powers, M. A. et al., 2015. Diabetes self-management education and support in type 2 diabetes: A joint position statement of the american diabetes assocition, the american association of diabetes educators, and the academy of nutrition and dietetics. The Diabetes Educator, pp. 1-14.

Priyasmoro, M., 2020. liputan6. [Online]

Available at: https://www.liputan6.com/news/read/4219533/pemerintah-di-rumah-saja-untuk-kendalikan-corona-dan-antisipasi-demam-berdarah

[Accessed 18 08 2020].

Reeves, J. A., 2011. Applying Pender's health promotion model to determine occupational exposures among migrant framework. University of Alabama Birmingham, pp. 1-14.

Riskesdas, 2013. Riset kesehatan dasar 2013, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Sae-Sia, W., Maneewat, K. & Kurniawan, T., 2013. Effect of a self-management support program on diabetic foot care behaviors. International Journal of Research in Nursing, pp. 14-21.

Seid, A. & Tsige, Y., 2105. Knowledge, practice, and barriers of foot care among diabetic patients attending Fellege Hiwot Referral Hospital, Bahir Dar, Northwest Ethiopia. Advance in nursing, pp. 1-9.

Downloads

Published

06/06/2023

How to Cite

Frisca, S., & Koerniawan, D. . (2023). Edukasi Perawatan Kaki Efektif dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Perilaku Pasien Diabetes Mellitus. Jurnal Keperawatan, 15(4), 1555–1562. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.200