Hubungan Self Regulated Learning dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Ners Tingkat 1

Authors

  • Imelda Derang STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Jagentar Pane STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Morris Tamba STIKes Santa Elisabeth Medan

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1347

Keywords:

mahasiswa ners tingkat 1, motivasi belajar, self regulated learning

Abstract

Motivasi belajar mengacu pada dorongan dan aspirasi internal individu untuk berkembang dan maju ke arah yang positif melalui proses belajar. Di sisi lain, pembelajaran mandiri memerlukan upaya mandiri untuk mencapai tujuan dan aspirasi pribadi. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2023 ini bertujuan untuk menguji hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa sekolah dasar yang tergabung dalam STIKes Santa Elisabeth Medan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain studi cross-sectional dan menggunakan total sampling, dengan 100 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen penelitian terdiri dari angket self-regulated learning yang diadaptasi dari Setiawan (2020) dengan nilai valid 0,361 (r-tabel 0,874), dan angket motivasi belajar yang diadopsi dari Simbolon (2020) dengan nilai valid 0,361 (r- tabel 0,943). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning sebagian besar berada pada kategori tinggi sebanyak 97 responden (97%), sedangkan 3 responden (3%) masuk dalam kategori rendah. Selain itu, motivasi belajar sebagian besar berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 85 responden (85%), sedangkan 15 responden (15%) tergolong dalam kategori sedang. Analisis data menggunakan uji rank Spearman yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan self regulated learning pada konteks STIKes Santa Elisabeth Medan Level 1 tahun 2023. Hasil Uji Rank Spearman menghasilkan nilai r sebesar 0,366, dan diperoleh nilai-p adalah 0,001 (p <0,05). Untuk mempertahankan pembelajaran mandiri, mahasiswa didorong untuk berpartisipasi aktif dalam kelompok diskusi belajar, terlibat dalam latihan spiritual, dan melibatkan diri dalam kegiatan olahraga untuk meningkatkan motivasi belajar.

References

Angelina Priscilla, Chrisanti F. A, M. H. . (2021). Jurnal Experientia Volume 9, Nomor (2) Desember 2021. Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 1–11.

Batu, S. W. L., Pangaribuan, J. J., Gaol, R. L., & Silaban, P. J. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 5 September 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V The Effect Of Teac. 6(September), 1316–1328.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cece, & Winata, E. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Kota Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 448–454. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/267

Dewi, R. S., Lubis, M., &, & Wahidah, N. (2020). Self regulated learning pada mahasiswa dalam perkuliahan daring selama masa pandemi covid 19. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 217–220.

Dhamayanti, W., Kadek Jaya Sumanggala, & Sastrosupadi, A. (2021). Pengaruh Self-Management Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Stab Kertarajasa, Batu. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35 (2), 149–159. https://doi.org/10.21009/ pip.352.7

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Amna. 5(2).

Fitriani, D., Iyan, A., Iskandar, M. F., & Windayana, H. (2022). Penerapan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD UPI Kampus Cibiru. Aulad: Journal on Early Childhood, 5 (1), 87–91. https://doi.org/10.31004/ aulad.v5i1.255

Hastuti, R., Rahman, U., & Muchlisah. (2019). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas XI Mia Man 1 Bulukumba. Jurnal Al-Ahya V, 1(1), 42–52. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/8074

Hendra, M., Nugraha, S., Agung, A., Angga, G., Negara, P., Tianing, N. W., Made, I., & Winaya, N. (2020). Kuis Daring Blok Manual Terapi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Sarjana Fisioterapi FK Unud. Indonesian Journal of Physiotherapy Research and Education IJoPRE, 1(1), 40.

Karos, K. A., Suarni, W., & Sunarjo, I. S. (2021). Self-Regulated Learning dan Stres Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Sublimapsi, 2(3), 62. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v2i3.17962

Li, S., & Zheng, J. (2022). Struktur Temporal dan Pola Sekuensial Pembelajaran Mandiri. 25, 1–14.

Livia, R., & Rinaldi. (2023). Gambaran Self Regulated Learning Mahasiswa Universitas Negeri Padang Selama Perkuliahan Daring di Masa Pandemi. 5(2), 147–152.

Malik, I., & Simatupang, A. (2020). Nilai Perusahaan Akibat Pelaksanaan Enterprise Risk Management (ERM). Economics and Digital Business Review, 1(2), 90–101. https://doi.org/10.37531/ecotal.v1i2.14

Maria, S., Lestari, P., Farich, A., & Lestari, B. I. (2022). Hubungan motivasi belajar dengan self regulated learning (SRL) pada masa pandemi covid-19 pada mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(12), 89–98. https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/1801

Meningkatkan, D., & Belajar, H. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. November, 289–302.

Merrotsy, P. (2018). Self Regulated Learning. Pedagogy for Creative Problem Solving, 7(2), 149–176. https://doi.org/10.4324/9781315198019-7

Mj, H. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual Pada Pembelajaran Daring. 10 (1), 60–68.

Muslimin, A. A. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 4 Juli 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri 227 Inpres The. 6, 1141–1148.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 5.

Polit & Beck. (2012). Nursing Research: Generating and Assessing Evidence for Nursing Practice. 9th Edition.

Polit, & Beck, C. T. (2012). Nursing Research Principles and Methods. In Journal of Materials Processing Technology (Vol. 1, Issue 1).

Prakoso, A. F., & Surabaya, U. N. (2021). Self-Regulated Learning Bagi Mahasiswa : Pentingkah ? Self-Regulated Learning Bagi Mahasiswa : Pentingkah ? March 2020. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p069

Prastiwi, R. F. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Self-Regulated Learning pada Mahasiswa. Jurnal Neo Konseling, 03(03), 17–23.

Prastiwi, R. F., Soesilo, T. D., Irawan, S., Studi, P., & Konseling, B. (2020). Universitas muhammadiyah enrekang. 2, 36–40.

Saputri, V., Juandi, D., Herlina, S., & Anwar, N. (2022). Self-Regulated Learning dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika Secara Online : Systematic Literature Review. 1(1).

Self, P., Learning, R., & Belajar, M. (2019). Economic Education Analysis Journal. 8(2), 516–532. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31482

Setiani, S., & Miranti, T. (2021). Dampak Manajemen Diri Terhadap Prestasi Belajar Dengan Motivasi Diri Sebagai Variabel Intervening. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 290. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.22442

Simbolon, P. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan (The. 01(20), 1–7.

Tsusayya, T. D., Umaroh, S. K., & Imawati, D. (2021). Motivasi Belajar dan Self Regulated Learning pada Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. 4(1), 1–12.

Wahyu Widodo. (2021). Self Regulated Learning Mahasiswa dan Motivasi Belajarnya Ditinjau dari Motif Memilih Jurusan. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(4), 157–162. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i4.27

Wangi, N. M., & Aini, N. (2021). Pengaruh manajemen diri terhadap perilaku konsumtif pada siswa. 6740(1), 17–23.

Downloads

Published

07/18/2023

How to Cite

Derang, I. ., Pane, J. ., & Tamba, M. (2023). Hubungan Self Regulated Learning dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Ners Tingkat 1. Jurnal Keperawatan, 15(4), 1633–1646. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1347