Kesipsiagaan Bencana pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1228Keywords:
bencana, kesiapsiagaan, siswaAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat berpotensi terhadap bencana alam yang sangat tinggi dan jenis bencananya sangat bervariasi. Dalam menghadapi bencana diperlukan kesiapsiagaan untuk semua kalangan umur tanpa terkecuali anak usia sekolah. Kesiapsiagaan merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mencegah dan mengatasi bencana. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi kesiapiagaan bencana pada siswa sekolah menengah atas. Desain dalam penelitian ini deskriptif dan instrument yang di gunakan adalah kesiapsiagaan bencana dari LIPI-UNESCO/ISDR (2006). Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dan didapatkan 250 siswa yang ada di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian didapatkan kesiapsiagaan dalam katagori siap yaitu 131 siswa (52.4%). Kesiapsiagaan bencana pada anak usia sekolah perlu ditingkatkan kembali dengan meningkatkan pengetahuan yang bisa didapatkan melalui pendidikan formal maupun non formal dan dalam mendapatkan hal tersebut bisa didapatkan melalui buku dan sosial media.
References
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2017). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana
Badan Nasional Penanggulangan Bencana Aceh/National Board for Disaster Management of Aceh (2015), “Kajian risiko bencana Aceh 2016 - 2020”, 1st ed., Jakarta, pp. 1-43.
Cut Wardah, Donal Nababan, Mido Ester. J. Sitorus, Elsarika Damanik. Determinan Kesiapsiagaan Siswa Dalam Implementasi Pengurangan Risiko Bencana Melalui Pendidikan Formal di SMAN Unggul Sigli Kecamatan Pidie. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 5, Nomor 1, April 2021. ISSN 2623-1581 (Online)
Chairummi. (2013). Pengaruh Konsep Diri Dan Pengetahuan Siswa Terhadap
Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di SDN 27 dan MIN Merduati Banda Aceh.
Tesis tidak dipublikasikan. Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Program
Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.
Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan. Pustaka Baru Press.
Esperanza, A., & Simanjuntak, S. M. (2019). Pengetahuan tentang Kesiagaan Bencana Melalui Promosi dan Pelatihan Siaga Gempa Bumi Pendahuluan Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng benua, yakni Indo-Aus. 3(1), 1–14.
Fika Nur Indriasari. (2016) ”Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi terhadap Kesiapsiagaan Anak di Yogyakarta.” Jurnal Keperawatan Soedirman. Volume 11 No 3 November.
Firmansyah. (2014). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Kesiapsiagaan dalam
Menghadapi Bencana Banjir dan Longsor pada Remaja Usia 15-18tahun di SMA
Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Website
http:/respiratory.unej.ac.id
Ghezeljeh, T. N., Aliha, J. M., Haghani, H., & Javadi, N. (2019). Effect of education using the virtual social network on the knowledge and attitude of emergency nurses of disaster preparedness: A quasi-experiment study. Nurse Education Today, 73, 88–93. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.12.001.
Habibi, M. Ghozy (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Di SMA 1 Pundong Bantul. Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.
Husniawati, N., & Herawati, T. M. (2023). Pengaruh Pengetahuan dan Peran Individu terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 12(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.33221/jikm.v12i01.1751.
Hoelman, Michael B. (2016). Suistainable Develompment Goals Panduan Untuk
Pemerintah Daerah dan Pemangku Kepentingan Daerah. s.l. : International
NGO Forum on Indonesia Development.
Izquierdo-Condoy, J. S., Montiel-Alfonso, M. A., Nati-Castillo, H. A., Saucedo, R., Jaramillo-Aguilar, D. S., Nanjari-Barrientos, C., Ortiz-Prado, E. (2023). Knowledge, Perceptions, and Practices on Risks and Disasters Among Medical Students. A Multicenter Cross-Sectional Study in 9 Latin American and Caribbean Countries. Adv Med Educ Pract, 14, 225–235. https://doi.org/10.2147/AMEP.S394331.
Koswara dan Triyono. Panduan Monitoring dan Evaluasi Sekolah Siaga
Bencana. Jakarta : LIPI Press, 2011.
LIPI-UNESCO/ISDR (2006), Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami (Assessment of Community Preparedness in Anticipating Earthquake and Tsunami Disaster), Deputi Pengetahuan Kebumian LIPI, Jakarta.
Li, S., Gillani, A. H., Ibrahim, M. I. M., Omer, S., & Fang, Y. (2022). Should We Focus More on Teaching and Training Disaster Management in Health-care Colleges? An Insight into the Students’ Knowledge, Attitude, and Readiness to Practice. J Pharm Bioallied Sci, 14(3), 147–156. https://doi.org/10.4103/jpbs.jpbs_420_21.
Nurhayati, Susana, T. Hidayati, D. & Aji, G.B. 2014. Dinamika Pesisir Laut.
COREMAP – LIPI, Jakarta.
Pereznieto, P. and J. H. Harding (2013), Investing in Youth in International Development Policy: Making the case, London, Overseas Development Institute (ODI).
Susanto, Puji. (2018). Analisa Perbandingan Perilaku Gedung Fixed Base Dan Isolated
Structure Pada Daerah Zona Gempa Tinggi Akibat Beban Gempa Non-Linear Time
History Analysis (Studi Kasus Di Provinsi Aceh). Skripsi. Surabaya: Universitas 17
Agustus 1945 Surabaya.
Sukamto, F. I., Nurhidayat, S., & Verawati, M. (2021). Pelatihan Siswa Tanggap Bencana sebagai Upaya Mitigasi Bencana di Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.178.
Sudirman, K. D., & Alhadi, Z. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Siswa Dalam
Menghadapi Risiko Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jurnal Manajemen
Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(3), 117–124.
https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i3.159
SV UGM. (Online). Menelusuri Tsunami Aceh 2004 “Belajar dari masa lalu, hidup untuk hariini, berharap untuk hari esok”. Tersedia di https://storymaps.arcgis.com/ diakses pada tanggal 20 Mei 2023.
UNN World Conference on Disaster Risk Reduction. (2015). Kerangka Sendai Untuk
Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2015-2030. Jepang : United Nations.
White-Lewis, S., Beach, E., & Zegers, C. (2021). Improved Knowledge of Disaster Preparedness in Underrepresented Secondary Students: A Quasi-Experimental Study. J Sch Health, 91(6), 490–498. https://doi.org/10.1111/josh.13023.
Yunaz Karman. (2016).” Mitigasi Bencana untuk Anak-anak.” Geotimes. 2016.https://geotimes.co.id/opini/mitigasi-bencana-untuk-anakanak/Faizah N. Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SMP Siaga Bencana Di Kabupaten Bantul (SMP Negeri 2 Imogiri). Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.