Efektivitas E-Modul Sindrom Koroner Akut terhadap Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan

Authors

  • Ahmad Ihsan Fathurrizki Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Restuning Widiasih Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Khoirunnisa Khoirunnisa Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.12

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan proses pembelajaran pada institusi perguruan tinggi sehingga perawat dituntut untuk melakukan pengembangan ilmu keperawatan dalam kondisi keterbatasan media pembelajaran salah satunya adalah dengan membuat e-modul. Belum banyak penelitian yang membahas terkait pengaruh penggunaan e-modul terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa keperawatan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-modul  Sindrom Koroner Akut (SKA) pada peningkatan pengetahuan mahasiswa keperawatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment one group pretest-posttest. E-modul dengan topik SKA dikembangkan oleh ahli pada bidang Keperawatan Kritis. Kuesioner digunakan untuk mengukur pengetahuan tentang teori dan asuhan dan keperawatan pada SKA. Pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling. 52 responden terpilih diminta untuk membaca e-modul selama 3 hari dan dianalisis menggunakan uji non parametrik Wilcoxon signed rank test. Diketahui adanya peningkatan nilai mean pada hasil posttest (105,96) dibandingkan dengan hasil pretest (75,58) yaitu sebesar 30.38 poin. Hasil uji pada diketahui nilai p menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan yang signifikan setelah dilakukan pembacaan e-modul (p < 0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul meningkatkan hasil pembelajaran, disisi lain calon perawat juga memerlukan sikap dan moral yang baik saat berinteraksi dengan klien nantinya sehingga modifikasi dan inovasi e-modul perlu dikembangkan selanjutnya.

References

Agu, C. F., Stewart, J., McFarlane-Stewart, N., & Rae, T. (2021). COVID-19 pandemic effects on nursing education: looking through the lens of a developing country.

Al-Ansi, A. M. (2017). Reforming Education System in Developing Countries. In International Journal of Education and Research (Vol. 5, Issue 7). www.ijern.com

Allen, M. (2017). One-Group Pretest–Posttest Design. In The SAGE Encyclopedia of Communication Research Methods. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483381411.n388

Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia. (2016). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015 Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia. www.aipni-ainec.com

Proses Pembelajaran, Pengajaran, dan Kemahasiswaan Selama Masa Darurat Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), Pub. L. No. 465/AINEC.Ka.Sr/III/2020, 5 (2020).

Babu, N., & Reddy, B. S. (2015). Challenges and Opportunity of E-Learning in Developed and Developing Countries-A Review. International Journal of Emerging Research in Management &Technology, 4(6), 262–259. https://www.researchgate.net/publication/282286273

Budiana. (2016). Konsep Dasar Keperawatan. Pusdik SDM Kesehatan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

El-Seoud, M. S. A., Taj-Eddin, I. A. T. F., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., & Nosseir, A. (2014). E-learning and students’ motivation: A research study on the effect of e-learning on higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 9(4), 20–26. https://doi.org/10.3991/ijet.v9i4.3465

Kyung Choon, L., Misung, P., & Gyeyoung, S. (2017). Influences of Sense of Ethics and Attitude toward Patient Safety in the Confidence in Patient Safety in Nursing Students. The Journal of Muscle and Joint Health, 24(2), 140–149. https://doi.org/10.5953/JMJH.2017.24.2.140

Mishra, A., Rani, S., & Bhardwaj, U. D. (2017). Effectiveness of E-learning Module on First Aid: A Study on Student Nurses. In International Journal of Nursing Education (Vol. 9, Issue 3). https://doi.org/10.5958/0974-9357.2017.00060.5

Morrow, M. (2016). A Review of What is Nursing? Exploring Theory and Practice, 3rd Ed. Nursing Science Quarterly, 29(2), 178–180. https://doi.org/10.1177/0894318416630098

Mutmainnah, Aunurrahman, & Warneri. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Pramana, C., Susanti, R., Violinda, Q., Yoteni, F., Rusdiana, E., Prihanto, Y. J. N., Purwoko, R. Y., Rahmah, N., Hasnawati, Fakhrurrazi, Yendri, O., Arkiang, F., Purwahida, R., & Haimah. (2020). Virtual learning during the covid-19 pandemic, a disruptive technology in higher education in indonesia. International Journal of Pharmaceutical Research, 12(2), 3209–3216. https://doi.org/10.31838/IJPR/2020.12.02.430

RS. Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita. (2019). Kurikulum Pelatihan Keperawatan Kardiovaskular Tingkat Dasar/PKKVTD Bagi Perawat Di Pelayanan Kesehatan.

Sfenrianto, S., Tantrisna, E., Akbar, H., & Mochamad, W. (2018). E-learning effectiveness analysis in developing countries: East nusa tenggara, Indonesia perspective. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 7(3), 417–424. https://doi.org/10.11591/eei.v7i3.849

Singh, A., Museedi, A. S., & Grossman, S. A. (2021). Acute Coronary Syndrome Continuing Education Activity. StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459157/?report=printable

Sriyanti, I., Almafie, M. R., Marlina, L., & Jauhari, J. (2020). The effect of Using Flipbook-Based E-modules on Student Learning Outcomes. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(2), 69–75. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i2.156

Trilestari, K., & Almunawaroh, N. F. (2020). E-Module as a Solution for Young Learners to Study at Home. 513, 364–369. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.132

Tyastirin, E., & Hidayati, I. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kesehatan (E. T. Pribadi, Ed.; 1st ed.). Program Studi Arsitektur UIN Sunan Ampel.

UNESCO. (2021, July 15). New UNESCO global survey reveals impact of COVID-19 on higher education.

World Health Organization. (2021). Cardiovascular diseases (CVDs).

Zarei, S., & Mohammadi, S. (2021). Challenges of higher education related to e-learning in developing countries during COVID-19 spread: a review of the perspectives of students, instructors, policymakers, and ICT experts. Environmental Science and Pollution Research. https://doi.org/10.1007/s11356-021-14647-2

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Fathurrizki, A. I., Widiasih, R., & Khoirunnisa, K. (2022). Efektivitas E-Modul Sindrom Koroner Akut terhadap Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 14(1), 33–40. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.12

Most read articles by the same author(s)