Kecemasan Siswa Sekolah Dasar Menghadapi Assesment Nasional Berbasis Komputer

Authors

  • Dewi Fuji Fatmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Reni Nuryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Wulan Lindasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i3.1155

Keywords:

assesment nasional berbasis komputer, kecemasan, sekolah dasar

Abstract

Koneksi internet sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sistem evaluasi pembelajaran yang didasari oleh penggunaan komputer termasuk Assesment Nasional Berbasis Komputer. Namun, bagi sekolah di wilayah pedesaan akan sulit untuk melakukan evaluasi tersebut. Hal ini sangat berpengaruh pada siswa yang akan melakukan Assesment, karena dengan adanya keterbatasan jaringan internet dapat membuat siswa takut untuk mengoperasikan komputer. Pada dasarnya, anak usia sekolah lebih rentan mengalami kecemasan yang luas dalam beberapa situasi termasuk Assesment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa menghadapi Assesment Nasional Berbasis Komputer menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang mencakup siswa kelas V sekolah dasar gugus III yang berjumlah 86 siswa, menggunakan teknik total sampling dengan kuisioner dari SCAS-C yang telah dilakukan modifikasi untuk mengukur gambaran kecemasan pada anak usia sekolah dengan hasil uji validitas 0,501 dan uji reliabilitas 0,742. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan alat pengukur tingkat kecemasan, maka diperoleh data bahwa sebanyak 33 siswa (38%) masuk dalam kategori ringan dan 53 siswa (62%) masuk dalam kategori sedang pada saat menghadapi Assesment. Hasil dari penelitian dan pembahasan mengenai kecemasan siswa dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kecemasan dalam kategori sedang. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi kecemasan pada siswa dengan dilakukannya simulasi secara berkala dalam penggunaan komputer.

References

Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(2), 102–107.

Ainunnisa, K. (2020). Hubungan antara jenis kelamin dengan tingkat kecemasan pada pasien gagal jantung. Skripsi thesis. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83024

Alfiyati, D., Hartiti, T., & Samiasih, A. (2012). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan An. Jurnal Keperawatan, 1(1), 35–44.

Arkiang, F. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Daerah 3T (Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pendidikan, 12(Vol 12, No 1 (2021)), 57–64. https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/downloadSuppFile/7917/209

Debi, I. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(10), 629–635.

Fauziah, N., Pujiastuti, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). ANALISIS TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN MATEMATIKA Nabilah Fauziah 1 , Heni Pujiastuti 2 1,2. 4(1), 179–188.

Helena, N. (n.d.). Menurunkan Kecemasan Anak Usia Sekolah Selama Hospitalisasi Dengan Terapi Bermain All Tangled Up Pendahuluan Metode. 1.

Hutahaean, J., Mulyani, N., Azhar, Z., Zulaika, T., & Pane, A. (2022). Pengenalan komputer pada persiapan pelaksanaan anbk di sd swasta panti budaya kisaran. 6(3), 1722–1731.

Kementerian Desa. (2019). Data Status Kemajuan dan Kemandirian 15.000 Desa Prioritas (5.000 Desa Tertinggal). Kementerian Desa, 37(1), 1689–1699. https://kemendesa.go.id/berita/assets/images/gallery/einfo/Tertinggal.pdf

Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. 7(2), 229–234.

Maisaroh, E. N., Psikologi, F., Islam, U., & Agung, S. (1907). Religiusitas dan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional (UN) Religiosity And National Examination ( Un ) Anxiety Among Students. 78–88.

Muslimahayati, M., & Rahmy, H. A. (2021). Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.30631/demos.v1i1.1017

Nugraha, F. C. A., & Viona, E. (2021). Pengaruh Kecemasan Berkomputer (Computer Anxiety) Dan Sikap Komputer (Computer Attitude) terhadap Penggunaan Komputer di Kalangan Pendidik. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(1), 10–14. http://ejournal.karinosseff.org/index.php/jitim/article/view/166/156

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Parmasari, W. D., Hakim, N., & Soekanto, A. (2022). Comparison of Student Anxiety Levels in Facing CBT Exams Based on Gender. Journal of Agromedicine and Medical Sciences, 8(2), 115. https://doi.org/10.19184/ams.v8i2.31212

Prodi, A., Fakultas, A., Universitas, E., Yogyakarta, N., Pengajar, S., Akuntansi, J. P., Ekononi, F., & Negeri, U. (2013). Alumni Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta 36. II.

Rahmawati, K., Nurhidayah, A. B., Syaharani, N. A., & Lasarus, Y. M. (2021). Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik. 02(01).

Rsup, D. I., & Kandou, P. R. D. (2012). Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Pasien Laki- Laki Dan Perempuan Pada Pre Operasi Laparatomi di RSUP. Prof. Dr.R.D. Kandou Manado. 642–645.

Santoso, S., Ramdhan, W., & Rahayu, E. (2021). Pelatihan Keterampilan Dasar Menggunakan Komputer Pada Persiapan Pelaksanaan ANBK SD Muhammadiyah I Kisaran Tahun 2021. … Sosial dan Teknologi …, 1(2), 171–176. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/view/778%0Ahttp://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/viewFile/778/635

Sari, &. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Munawwariyyah Bululawang. Jurnal Konseling Indonesia, 2(2), 44–49. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Abdullah, R. (2023). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. 3(1), 10–16.

Sd, D. I., & Kota, N. (n.d.). Persepsi guru tentang pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (anbk) di sd negeri 5 kota bengkulu. 269–276.

Seruyan, K. (2023). Problematika pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (anbk) sekolah di kabupaten seruyan. 13(1), 1–9.

Wildan, A., Nasional, A., & Komputer, B. (2022). Implementasi assesmen nasional berbasis komputer (anbk). 1(1), 13–22.

Yusfarani, D. (2021). Hubungan Kecemasan dengan Kecendrungan Psikosomatis Remaja Pada Pandemi Covid 19 Di Kota Palembang. 21(1), 295–298. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1328

Downloads

Published

05/21/2023

How to Cite

Fatmawati, D. F., Nuryani, R., & Lindasari, S. W. (2023). Kecemasan Siswa Sekolah Dasar Menghadapi Assesment Nasional Berbasis Komputer . Jurnal Keperawatan, 15(3), 1391–1398. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i3.1155