Tingkat Kepercayaan Diri pada Wanita Dewasa Awal dengan Adanya Tren Beauty Privilege

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i3.1054

Keywords:

beauty privilege, kepercayaan diri, wanita dewasa awal

Abstract

Beauty privilege merupakan suatu bentuk hak istimewa yang didapatkan oleh seorang individu yang berpenampilan menarik. Keberadaan tren beauty privilege ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri seorang individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepercayaan diri wanita dewasa awal dengan adanya tren beauty privilege. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling berupa convenience sampling, didapatkan sampel sebanyak 131 dari total populasi Mahasiswi Program Studi Industri Pariwisata UPI Kampus Daerah Sumedang sebanyak 159 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner kepercayaan diri yang disusun oleh Lauster yang diterjemahkan oleh Ismayanti (2003). Hasil valid reliabel dari kuesioner penelitian ini yaitu >0.20. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa tren beauty privilege dapat terjadi pada usia dewasa awal dan tingkatan pendidikan. Tingkat kepercayaan diri Mahasiswi Industri Pariwisata UPI Kampus Daerah Sumedang dengan kategori rendah sebanyak 97.7% dan kategori tinggi sebanyak 2.3%. Tingkat kepercayaan diri yang rendah menjadi masalah yang dapat menyebabkan individu tersebut menilai dirinya secara negatif dan akan mudah merasa cemas.

References

Afradhila, H., dan Indriana, Y. (2014). Hubungan Antara Fanatisme terhadap Produk Perawatan Wajah dengan Citra Diri Fisik Pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal EMPATI, 3(4), 224–234.

Amala, A. (2022). Beauty Privilege dalam Film Imperfect. Jurnal Kajian Keislaman, 3(1), 106–118.

Amalia, D. D., Noviekayati, I. G. A. A., and Ananta, A. (2022). Kepercayaan diri pada perempuan dewasa muda pengguna media sosial: Adakah peranan Inferioritas?. INNER: Journal of Psychological Research, 2(3), 311–318.

Aprilianty, S., Komariah, S. and Abdullah, M. N. A. (2023). Konsep Beauty Privilege Membentuk Kekerasan Simbolik. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 149–154.

Bantara, B. (2023). Rahasia Meningkatkan Kepercayaan Diri: Menggunakan Teknik Hipnosis untuk Mencapai Kemerdapan dan Kepercayaan Diri yang Kuat.

Fadila, T.S.N. (2022). Korelasi Konten Akun Instagram Beauty Influencer@ Tasyafarasya Terhadap Persepsi Beauty Privilege Di Kalangan Remaja Perempuan. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Gani, A. (2016). Hubungan antara Body Image dengan Kepercayaan Diri SPG. Universitas Medan Area.

Hanifah, A. (2021). Diskriminasi Terhadap Perempuan Obesitas Di Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Ifdil, I., Denich, A.U. and Ilyas, A. (2017). Hubungan body image dengan kepercayaan diri remaja putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.

Ihsan, W. dan Saudah, M. (2022). Beauty Privilege Wanita menurut Pandangan Al-Qur’an (Studi Tafsir Tematik). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 11(2), 182–205.

Irna, N. (2021). Hubungan Tingkat Percaya Diri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Fresh Graduate Profesi Ners Di Stikes Medistra Indonesia Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19.

Jessia, S., dan Pribadi, M. A. (2023). Representasi Kecantikan dalam Drama Korea True Beauty (Analisis Semiotika Roland Barthes). Koneksi, 7(1), 1–12.

Kanzulfikar, A. (2021). Representasi Kecantikan Dalam Ajang Miss Universe Tahun 2019. Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies, 1(2), 58–71.

Khairunnisa, A. B. (2020). Peranan Perilaku Pembelian Produk Fashion Branded Terhadap Kepercayaan Diri Pada Dewasa Awal. Universitas Tarumanagara Jakarta.

Khoirunnisa, K. (2023). Fenomena Beauty Privilege Sebagai Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan Di Lingkungan Pekerjaan: Studi Fenomenologi terhadap Perempuan Bekerja. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mairoslianti, W. dan Fikry, Z. (2021). Hubungan Self Esteem dengan Impulsive Buying terhadap Produk Fashion pada Mahasiswa Fakultas Perhotelan dan Pariwisata Universitas Negeri Padang. Socio Humanus, 3(1), 186–195.

Morelba, L. P. dan Lesmana, A. C. (2023). The beautiful discourse of Sundanese women in Bandung City Diskursus cantik perempuan Sunda di Kota Bandung. Jurnal Sosiologi Dialektika, 18(1), 1–11.

Natari, D. A. M. (2016). Studi deskriptif mengenai body image pada wanita usia dewasa awal yang aktif menggunakan media sosial di Kota Bandung. Universitas Islam Bandung.

Santoso, M.V., Fauzia, R. and Rusli, R. (2020). Hubungan antara kepuasan citra tubuh dengan kecenderungan body dysmorphic disorder pada wanita dewasa awal di Kota Banjarbaru. Jurnal Kognisia, 2(1), 55–60.

Sari, G.G., Wirman, W. and Dekrin, A. (2021). Pengaruh Body Image terhadap Konsep Diri Mahasiswi Public Relation Di Kota Pekanbaru. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 52–60.

Satria, G.D. dan Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Garnier Sakura White dan Wardah White Secret. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 93–119.

Setiani, R., Elida, E. and Suyuthie, H. (2015). Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri (Pli) Mahasiswa D4 Manajemen Perhotelan di Hotel Hw Kota. Journal of Home Economics and Tourism, 10(3).

Suhadi dan Zein, S. M. (2022). Path Analysis Faktor Dominan Penentu Rasa Percaya Diri Teori dan Riset (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sutanto, G. I. . (2022). Hubungan Penggunaan Makeup Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswi. Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

Syahida, K. B. (2021). Penggunaan Make Up Terhadap Kepercayaan Diri Wanita Dewasa Awal (Study Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Tanjung, Z. dan Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2(2).

Wirasari, I. (2016). Kajian kecantikan kaum perempuan dalam iklan. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 146–156.

Yusuf, Ah., Fitryasari, R., and Nihayati, H. E. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa (F. Ganiajri (ed.)). Salemba Medika.

Downloads

Published

04/18/2023

How to Cite

Pratami, V. T., Nuryani, R., & Lindasari, S. W. (2023). Tingkat Kepercayaan Diri pada Wanita Dewasa Awal dengan Adanya Tren Beauty Privilege. Jurnal Keperawatan, 15(3), 1101–1108. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i3.1054