Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien

Authors

  • Zainudin Efendi Akademi Keperawatan Bahrul Ulum Jombang
  • Kresna Bagus Sugiarto Akademi Keperawatan Bahrul Ulum Jombang

Keywords:

kepuasan pasien, komunikasi teraputik, perawat

Abstract

Komunikasi merupakan dasar dari proses keperawatan. Kurangnya komunikasi antara perawat dengan pasien merupakan salah satu alasan keluhan umum pasien di Rumah sakit/Puskesmas. Pasien sering tidak puas dengan kualitas dan jumlah informasi yang diterima dari tenaga kesehatan. Kepuasan pasien akan tergantung pada bagaimana komunikasi yang dilaksanakan oleh perawat memenuhi harapan-harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RPD RSU Bakti Mulia Banyuwangi.Penelitian ini menggunakan desain survei analitik Cross Sectional  dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang diteliti sebanyak 30 responden pasien rawat inap. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dilakukan analisa ststistik Spearman-Rank Correlation dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan 50% responden menyatakan komunikasi terapeutik perawat cukup baik dan 53,3% responden menyatakan puas terhadap komunikasi terapeutik perawat. Berdasarkan uji satatistik Spearman-Rank dengan bantuan program SPSS diperoleh p hitung kecil 0,027 < nilai signifikan 0,05. Dari hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti ada pengaruh komunikasi terapeutik terhadap tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RPD RSU Bakti Mulia Banyuwangi.Komunikasi terapeutik perawat di Ruang Rawat Inap RPD RSU Bakti Mulia Banyuwangi berjalan cukup efektif namun masih terdapat permasalahan yang membuat ketidakpuasan pasien, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti bahasa dan keterampilan komunikasi perawat yang belum maksimal dalam pelayanan.

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arwani. (2017). Manajemen Bangsal Keperawatan. Jakarta : EGC.

Hartono, Bambang. (2020). Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit. Jakarta : Rineka Cipta.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2019). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah, Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

H. A. Aziz Alimul. (2019). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah, Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

Machfoeds, Mahmud. (2021). Komunikasi Keperawatan (Komunikasi Terapeutik). Yogyakarta : Ganbika.

Mahmud (2021), “Efektivitas Pelayanan Kesehatan”. Pelayanan dasar puskesmas (online). (http://scribt.com). di akses pada tanggal 14 april 2013 pukul 22.00 wib.

Muhaj, Khaidir (2010). “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanann Keperawatan” Penelitian Kepuasan Pasien (online). (http://khaidirmuhaj.blogspot.com). di akses 14 April 2013 pukul 22.00 wib.

Musliha., & Fatmawti S. (2018). Komunikasi Keperawatan, Cetakan Pertama. Yogyakarta : Nuha Medika.

Notoatmodjo, S. (2018). Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

S. (2019). Ilmu Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

T. S. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi Cet. 1. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

U. Nursalam, (2017). Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

V. , (2017). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

Ode, La Sarif. (2017). Konsep Dasar Keperawatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Pohan, S. Imbalo. (2017). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Riwidko, Handoko. (2020). Statistik Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Pustaka Rihana.

Setiadi. (2018). Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan Edisi 1 Cey. 1. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suryani. (2017). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktek. Jakarta : EGC.

Tyastuti, S., Kusmiyati Y., & Handayani, S. (2018) Komunikasi dan Konseling dalam Pelayanan Kebidanan, Cetakan ke tiga. Yogyakarta : Fitramaya.

Wawan, A. dan Dewi, M. (2020). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Setiawan, Ari & Saryono. (2010). Metodelogi Penelitian Kebidanan. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Setiawati, Santun & Darmawan, Agus Citra. (2008). Penuntun Praktek Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta: Trans Info Media.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutono. (2012). “Hubungan Peran Keluarga dalam Perawatan Kesehatan dengan Status Gizi Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Torjun Sampang Madura”. Skripsi Sarjana Keperawatan. Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi.

Suprajitno, S.,Kep. (2004). Asuhan Keperawatan Keluarga Aplikasi Dalam Praktek. Jakarta: EGC.

Supariase, I Dewa Nyoman., dkk. (2012). Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Yuniastuti, Ari. (2008). Gizi dan Kesehatan. Yogyakarta. Graham Ilmu

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Efendi, Z., & Sugiarto, K. B. . (2025). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Gawat Darurat, 7(1), 11–20. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/jgd/article/view/3898