Pengaruh Kegiatan Finger Painting terhadap Kreativitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32583/jgd.v5i1.1255Keywords:
anak, finger painting, kreativitas, usia diniAbstract
Pengembangan kreativitas anak harus diberikan stimulasi dari mulai usia dini, sehingga anak akan bisa untuk berfikir kreatif, karena dengan kreativitas dapat membuat manusia menjadi berkualitas dalam hidupnya. Berdasarkan fenomena yang didapatkan, jarang sekali untuk orang tua memberikan suatu permainan kepada anaknya yang seharusnya dimainkan oleh anak seusianya, seperti mewarnai, melukis, bermain playdough, dan lain-lain.. Melalui kegiatan seni finger painting tersebut anak diberi kesempatan untuk mengeksplorasikan kekreatifan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasy Experiment post test-only control grup dengan uji pairet t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah anak umur 4-6 tahun. Teknik sampling menggunakan total sampling dan didapatkan sebanyak 15 anak Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 Kegiatan Finger Painting 18,00 dan pada siklus 2 kegiatan Finger Painting skala persentase Kreativitas meningkat menjadi 20,27. Hasil uji pairet t-test menunjukkan bahwa p value = 0,000 (< 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Finger Painting berpengaruh terhadap Kreativitas anak usia dini.
References
Anifah, A., Marpaung, P. O., & Amalia Zati, V. D. (2021). Strategi Pendidik Paud Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4 - 5 Tahun Di PAUD Pelita Hidup Medan Denai. Journal of Millennial Community, 3(1), 50. https://doi.org/10.24114/jmic.v3i1.26442
Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
Finger, P., Dalam, P., Anak, M. K., Di, K. A., Athfal, R., Sukorejo, M. U., & Jember, B. (2020). Oleh :
Fisik, P., Psikososial, D. A. N., Masa, P., & Tahun, K. A. (n.d.). Perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial pada masa kanak-kanak awal 2-6 tahun. III, 19–33.
Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Istiana, L., & Simatupang, N. (2014). Pengaruh Permainan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B Di Paud Melati. PAUD Teratai, 3(3), 1–6.
Jannah, M. (2015). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(2), 89–91.
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178
Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018–1025.
Maryati, F. D. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Di Ra Cendikia Al Madani Ngambur Pesisir Barat.
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 124–129.
Munginggar, B. R. (2014). Peningkata kreativitas melalui kegiatan mencetak pada kelompok B TK pertiwi caturharjo, nganglik, caturharjo, sleman. 213.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/3250/2264
Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan Golden Age Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 100–114. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3829
Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. (2014). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sartika, L., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Aisyiyah Iii Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 43–48. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.43-48
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.
Susanto, A. (2016). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Medika Group
Tarbiatul Athfal, T., Mlongo Jepara, S., Artikel, R., & Kunci, K. (2022). Penggunaan Metode Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak pada TK Tarbiyatul Athfal 02 Sinanggul Mlonggo Jepara Indah Nurul Innayah I N F O A R T I K E L. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 26–35.
Tarnoto, N., & Purnamasari, A. (2009). Perbedaan kreativitas siswa SMPN 2 Moyudan ditinjau dari tingkat pendidikan ibu. Jurnal Humanitas.
V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). Widyan Furma Rahmadani 2022. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Wulandari, S. (2016). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Usia 6 Tahun Di TK Aisyah Medan Johor T.A 2014/2015. Bunga Rampai Usia Emas, 2(1), 33–44.
Zarkasih Putro, K. (2016). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Ejournal.Uin-Suka.Ac.Id, 16(1), 19–27. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/1170.