Emergency Response Time Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit
DOI:
https://doi.org/10.32583/jgd.v5i1.1226Keywords:
emergency response time, instalasi gawat darurat, tingkat kepuasanAbstract
Emergency response time yang baik atau memberikan pelayanan awal yang cepat kepada pasien merupakan salah satu indikator yang dapat mempengaruh tingkat kepuasan pasien dalam mendapatkan pengalaman berobat ke rumah sakit, khususnya ke instalasi gawat darurat. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan hubungan antara response time dengan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit. Sampel diambil dengan cara purposive sampling dengan jumlah sebanyak 70 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengkajian awal IGD untuk melihat response time dan kuesioner tingkat kepuasan pasien dengan hasil uji validitas yang valid di mana semua pertanyaan memiliki nilai koefisien korelasi di atas nilai r tabel dan hasil uji reliabilitas dengan nilai croncbach alpha di atas 0,7. Data yang diperoleh diolah secara univariat dengan menggunakan mean dan secara bivariat dengan pearson product moment correlation. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara emergency response time di IGD dan tingkat kepuasan pasien.
References
Akhirul, T., & Fitriana, N. F. (2020). Hubungan Response Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 263-271.
Antony, F. D., & Setyoadi. (2017). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Lama Waktu Tunggu Pasien Setelah Keputusan Rawat Inap Diputuskan di Zona Kuning Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Nurse Line Journal, 1-8.
Aupia, A., Lee, T.-t., Liu, C.-Y., Wu, S.-F. V., & Mills, M. E. (2018). Caring Behavior Perceived by Nurse Patients and Nursing Students in Indonesia. Journal Of Professional Nursing, 314-319.
Doondori, A. K., Sekunda, M., Cahyani, S. L., & Kurnia, T. A. (2019). Response Time Perawat Dalam Memberikan Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan Primer, 1-8.
Kemenkes RI. (2017). Manajemen Keselamatan Pasien Kementerian Kesehatan Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Edisi tahun 2017. Jakarta: Kementerian Republik Indonesia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Terjemahan : Firmansyah M.A. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
Kurniasari, R. (2016). Analisis Hubungan Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Studi di IGD Rumah Sakit Sido Waras Mojokerto). Airlangga Institutional Respository.
Mampuk, V., & Karame, V. (2019). Hubungan Respon Time Perawat Dalam Memberikan Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di IGD RSU Pancaran Kasih Manado. Journal of Community and Emergency, 278-288.
Marpaung, M. D. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP H. Adam Malik Medan. Repository USU, 1-10.
Ningsih, S. A. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Respon Cemas Pada Anak Usia Sekolah (6-12 tahun) Saat Dilakukan Pemasangan Infus. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 91-98.
Nurdelima, D., Prayasta, P., & Gunawan, E. (2021). Hubungan Response Time dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Cipedes. Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia, 927-932.
Nurhidayah, S., & Setyawan, D. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan STIKES Telogorejo, 42-48.
Prahmawati, P., Rahmawati, A., & Kholina. (2021). Hubungan Response Time Perawat dengan Pelayanan Gawat Darurat di Instalasi Gawat Darurat RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Jurnal Wacana Kesehatan, 69-79.
Rahmawati, L. D., Ahmad, I. W., & Wardhana, T. H. (2018). Demographic Profile, Clinical and Analysis of Osteoarthritis Patients in Surabaya. Biomolecular and Health Science Journal , 34-39.
Septiani, A. (2016). Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Sumedang. Coopetition, 1-21.
Siboro, T. (2014, April 10). Hubungan Pelayanan Perawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Advent Bandung. Retrieved from http://kti.unai.edu/wp-content/uploads/2014/10/TOMSAL-SIBORO-1064-1
Simandalahi, T., Morika, H. D., Sartiwi, W., & Dewi, R. I. (2019). Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 127-132.
Sinurat, S., Peranging-angin, I. H., & Sepuh, J. C. (2019). Hubungan Response Time Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Penelitian Keperawatan, 1-9.
Umah, K., & Rizikiyah, I. P. (2015). Hubungan Respons Time dengan Kepuasan Pasien. Journals of Ners Community, 182-188.
Virgo, G. (2018). Hubungan Response Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan Tingkat Kepuasan Pasien di RSUD Bangkinang Tahun 2018. Jurnal Ners, 72-85.
Yurnalis, E., & Mendrofa, H. K. (2021). Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Pasien di Ruang IGD Rumah Sakit Aminah Kota Tangerang. Malahayati Health Student Journal, 404-410.